Kelebihan Dan Kekurangan Cara Root Oppo F1

Posted on

Cara Root Oppo F1 – Bagi kalian pengguna Oppo F1 yang ingin oprek android, ngecheat game, install xposed berarti HP kamu harus di root terlebih dulu. Nah kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian cara root Oppo F1 harus menggunakan pc.

Vendor asal China yakni Oppo kembali menghadirkan smartphone Android kelas menengah terbarunya yang dipasarkan di Vietnam dengan nama Oppo F1. Smartphone Android buatan Oppo tidak hanya sukses di Indonesia, namun juga di beberapa negera lain, termasuk di Vietnam.

Panduan Terkait

Menariknya, smartphone ini telah dilengkapi dengan spesifikasi cukup tinggi, karena di dalamnya sudah ada processor Octa Core terbaru yang dipadukan dengan memori RAM berkapasitas sangat besar yakni 3 GB.

Selain itu, Oppo juga membekali smartphone terbarunya dengan desain menarik yang dilapisi oleh bodi berbahan metal berwarna emas memang membuat Oppo F1 terlihat berbeda dari smartphone sekelasnya, terlebih bodinya dibuat dengan desain sangat tipis dan memiliki berat keseluruhan yang sangat ringan mencapai 134 gram. 

Tak hanya itu saja, Oppo juga melapisinya dengan teknologi Corning Gorilla Glass 4, dan lapisan kaca lengkung 2.5D Arc Glass Screen.

Oppo F1 kamera depannya beresolusi 8MP yang siap memanjakan penggunanya dalam berfoto selfie dan berkomunikasi via video call. Kamera tersebut akan semakin memukau dengan dilengkapinya bukaan lensa F/2.0 yang membuatnya bisa diandalkan ketika berfoto selfie di malam hari. Nah apabila pencahayaan kamu rasa kurang, kamu bisa mengaktifkan fitur Screen Flash yang mampu merubah layar menjadi lampu led flash.

Nah untuk lebih jelasnya lagi, mari simak tutorial selengkapnya mengenai cara root Oppo F1 yang telah kami rangkum seperti berikut ini.

Pengertian Root Android

Root adalah akses sistem android dimana kita akan memiliki akses penuh sehingga bisa menghapus, menambah, mengurangi isi sistem android yang ada di Oppo F1 dan melakukan hal lainnya atau dengan kata lain pengguna memiliki akses tanpa batas pada perangkat android yang dimilikinya.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Oppo F1

Kelebihan

  • Dapat Mengakses File Root – Kalian dapat mengakses file terdalam, seperti file sistem maupun file berkas sistem. Sehingga kalian dapat sesuka hati mengakses maupun memodifikasi filenya, tetapi juga ada resiko seperti bootlop ya.
  • Dapat menghapus Aplikasi Bawaan – Setiap Android dilengkapi dengan banyak aplikasi langsung dari pabriknya. Beberapa di antaranya berguna untuk digunakan , tetapi kebanyakan tidak berguna. Namun, setelah melakukan root pada android kalian, semua aplikasi tersebut dapat dihapus sehingga melonggarkan penyimpanan internal dari HP kalian.
  • Overclock CPU – Android root dapat memperlambat ataupun mempercepat kinerja CPU sehingga dapat memperoleh kinerja CPU yang maksimal.
  • Dapat Memasang Tweak – Tweak adalah script yang berguna memodifikasi file-file sistem sehingga bekerja sesuai yang kita inginkan. Seperti memodifikasi kecepatan, mengatasi lag, maupun memodifkasi kernel.

Kekurangan

  • Hilangnya Garansi – Bagi kalian yang Oppo F1 masih ada garansinya, usahakan jangan root HP kalian karena dapat menghilangkan garansi. Sehingga kalian tidak dapat klaim garansi karena android kalian sudah diroot.
  • Tidak Menerima Pembaruan – Perangkat lunak sistem android kalian tidak dapat diperbarui karena sudah dimodifikasi. Ketika sudah download dan ingin install pembaruan pasti akan menerima notifikasi perangkat tidak dapat menginstal pembaruan karena sudah dimodifikasi.

Cara Root Oppo F1 Dengan Kingroot

  1. Download aplikasinya melalui link berikut ini.
  2. Klik Install untuk mulai melakukan instalasi.
  3. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Details kemudian klik Install anyway (unsafe).
  4. Jika anda mendapatkan notifikasi yang kurang lebih seperti gambar dibawah, klik KEEP APP (UNSAFE).
  5. Jendela awal KingRoot terbuka. Klik tanda V kemudian pilih Try It.
  6. Kemudian klik Try Root untuk mulai melakukan rooting pada HP android anda.
  7. Pastikan koneksi internet anda lancar karena membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  8. Tunggu hingga mencapai 100% dan mendapatkan notifikasi bahwa Oppo F1 berhasil diroot.
  9. Buka kembali aplikasi KingRoot yang ada di Oppo F1. Kemudian klik Menu (garis tiga) yang berada di samping kiri atas. Pada jendela KingRoot Labs, akan terlihat tulisan Root successfully yang berarti Oppo F1 sudah berhasil diroot.

Cara Root Oppo F1 Dengan Kingo root

  1. Download Aplikasi Kingo Root disini
  2. Klik file APK dan instal aplikasi Kingo root di Oppo F1.
  3. Jika instalasi selesai, buka aplikasi Kingo ROOT dan klik One Click Root untuk memulai rooting.
  4. Pastikan jaringan internet stabil pada saat melakukan rooting dengan KingoRoot.
  5. Tunggu beberapa saat hasilnya akan muncul di layar Oppo F1 tulisan “ROOT SUCCEED“.

Pertanyaan Dan Jawaban Mengenai Root Di Oppo F1

  • Kok Aplikasi Tidak Terpasang? – Pastikan Unknown Source/Sumber Tidak dikenal sudah di aktifkan. Menunya ada di Settings/Pengaturan – Security/Keamanan. Kalau masih tidak bisa juga coba di nonaktifkan dulu internet di HP kalian. Kalau Kingroot atau Kingo Root telah terpasang segera aktifkan kembali internetnya.
  • Tidak bisa di install, muncul Installation Blocked? – Apabila muncul Installation Blocked pilih More Detail kemudian pilih Install Anyway (unsafe)
  • Kenapa ada notifikasi aplikasi berbahaya? – Semua aplikasi root akan di anggap sebagai aplikasi berbahaya, karena root akan mematikan keamanan HP OPPO kita.
  • Berapa lama proses rootnya – Tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan dan seberapa sibuk server kedua aplikasi tersebut menghandle request root dari seluruh dunia.

Demikianlah cara mendapatkan akses root Oppo F1 yang dapat saya bagikan. Kalau kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.