Cara Lengkap Root Smartfren Andromax Q Dengan Kingroot (100% Sukses)

Posted on

Seperti kebanyakan pengguna android, tentu setiap pengguna dari setiap jenis android akan membutuhkan akses root. Baik itu untuk sekedar mendapatkan akses root ataupun untuk berbagai hal khusus yang diperlukan, tentu akses root sangatlah dibutuhkan.

Andromax Q ini dibekali dengan layar berukuran 4,5 inchi dengan panel TFT. Satu hal yang cukup unik di Andromax Q ini adalah bagian sistem operasi. Sistem operasi yang digunakan Smartfren pada tipe smartphonenya ini adalah OS Android Lollipop yang telah dikostumisasi oleh Cyanogen OS 12.

Panduan Terkait

Untuk dapur pacunya menggunakan Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang sudah berarsitektur 64-bit. Chipset ini sangat cocok dikombinasikan dengan sistem operasi berbasis Android Lollipop, karena hanya Chipset berarsitektur 64 Bit yang mampu mengeluarkan keunggulan OS Android Lollipop secara optimal.

Lebih lanjut untuk CPUnya menggunakan Quad Core 1.2 GHz, Cortex-A53 dan juga ditambahi dengan prosesor grafis dari Adreno 306 sehingga mampu memberikan kinerja yang maksimal saat digunakan untuk segala kondisi.

Apalagi smartphone ini juga didukung dengan RAM yang berukuran cukup besar yakni 1GB RAM. Sehingga untuk urusan multitasking akan terasa lebih leluasa. Selain itu juga sudah dibekali dengan memori internal yang berukuran 8GB yang mampu menampung banyak file aplikasi ataupun file data penting langsung di internal memori smartphone. Kameranya sudah dibekali dengan kamera belakang 5MP, 2592 x 1944 pixels dan kamera depan 2MP. Dan untuk baterainya dibekali Li-ion 2000 mAh.

Pengertian Root Android

Rooting merupakan proses mendapatkan akses root untuk Andromax Q. Hal ini umumnya dilakukan pada perangkat Android, namun rooting juga bisa terjadi pada perangkat lain berbasis Linux. Pada Linux dan OS seperti UNIX, pengguna root pada dasarnya sama dengan user administrator pada Windows.

Kelebihan dan Kekurangan Root Di Andromax Q

Kelebihan

  • Meningkatkan Kinerja Android – Dengan root kamu dapat melakukan Tweak atau Overclock terhadap hardware yang tertanam didalam perangkat. Misalnya melakukan optimasi terhadap pemakaian RAM dengan menonaktifkan aplikasi, SWAP RAM dan lain lain.
  • Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Android – Tidak semua aplikasi yang ada di Andromax Q akan kita gunakan daripada cuma habisin memory lebih baik di hapus saja, dan ketika ingin menghapusnya, maka kita tidak akan dapat melakukannya. Dengan root, aplikasi bloatware tersebut bisa anda hapus.
  • Menghemat Daya Baterai Android – Walaupun di dalam sebuah smartphone android sudah ada fitur penghemat baterainya, tetapi terkadang fitur tersebut tidaklah terlalu mambantu dalam hal menghemat pemakaian daya baterai. Tetapi saat smartphone anda sudah dalam keadaan root, maka anda bisa melakukan kalibrasi baterai menggunakan Battery Calibration yang memiliki cara kerja menghapus file “batterystats.bin” yang terdapat dalam sistem.
  • Mengubah Tampilan Android Lebih Keren dan Menarik – Root dapat memberikan keleluasaan terhadap penggunanya untuk melakukan modifikasi tampilan (User Interface) android. Misalnya menambahkan menu baru yang tidak disediakan oleh vendor, mengubah tampilannya menjadi lebih keren dan menarik, mengganti versi / nomor model perangkat (hanya gaya saja) dan sebagainya.

Kekurangan

  • Garansi Perangkat Hilang – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa setiap produsen smartphone berbasis android, melarang setiap penggunanya untuk melakukan root. Jika hal itu terjadi, maka kita tidak diperkenankan untuk melakukan klaim garansi.
  • Rentan Terserang Virus – Root Android akan membuka akses kepada virus yang kapan saja bisa masuk kedalam sistem operasi Android.

Cara Root Andromax Q Dengan Kingroot

  1. Download aplikasinya melalui link berikut ini.
  2. Klik Install untuk mulai melakukan instalasi.
  3. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Details kemudian klik Install anyway (unsafe).
  4. Jika anda mendapatkan notifikasi yang kurang lebih seperti gambar dibawah, klik KEEP APP (UNSAFE).
  5. Jendela awal KingRoot terbuka. Klik tanda V kemudian pilih Try It.
  6. Kemudian klik Try Root untuk mulai melakukan rooting pada HP android anda.
  7. Pastikan koneksi internet anda lancar karena membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  8. Tunggu hingga mencapai 100% dan mendapatkan notifikasi bahwa Andromax Q 4G LTE berhasil diroot.
  9. Buka kembali aplikasi KingRoot yang ada di Andromax Q 4G LTE. Kemudian klik Menu (garis tiga) yang berada di samping kiri atas. Pada jendela KingRoot Labs, akan terlihat tulisan Root successfully yang berarti Andromax Q 4G LTE sudah berhasil diroot.

Pertanyaan Dan Jawaban Mengenai Root Di Andromax Q

  • Kok Aplikasi Tidak Terpasang? – Pastikan Unknown Source/Sumber Tidak dikenal sudah di aktifkan. Menunya ada di Settings/Pengaturan – Security/Keamanan. Kalau masih tidak bisa juga coba di nonaktifkan dulu internet di HP kalian. Kalau Kingroot atau Kingo Root telah terpasang segera aktifkan kembali internetnya.
  • Tidak bisa di install, muncul Installation Blocked? – Apabila muncul Installation Blocked pilih More Detail kemudian pilih Install Anyway (unsafe)
  • Kenapa ada notifikasi aplikasi berbahaya? – Semua aplikasi root akan di anggap sebagai aplikasi berbahaya, karena root akan mematikan keamanan HP ANDROMAX kita.
  • Berapa lama proses rootnya – Tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan dan seberapa sibuk server kedua aplikasi tersebut menghandle request root dari seluruh dunia.

Demikianlah cara membuka akses root sistem Andromax Q yang dapat saya bagikan. Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.