2 Metode Root Xiaomi Mix Evo Dengan Magisk Dan SuperSU

Kali ini saya akan coba membahas tutorial cara root Xiaomi Mix Evo tanpa ribet dan 100% berhasil. Seperti yang kalian ketahui, beberapa smartphone keluaran terbaru dari XIAOMI saat ini memang lebih diperketat dalam masalah keamanan.

Vendor asal Tiongkok yang saat ini lagi populer di indonesia yakni Xiaomi kini menghadirkan smartphone Flagship terbaru yang merupakan penerus dari series sebelumnya yang bernama Xiaomi MI Mix. Walaupun masih sekedar rumor namun apabila smartphone ini jadi dirilis akan menjadi salah satu pesaing dari smartphone terkenala lain yang juga akan rilis pada awal tahun ini yang bernama Samasung Galaxy S8. Xiaomi sendiri akan merilis smartphone terbaru yang dinamakan Mix Evo ini dan akan di jadwalkan dirilis pada bulan Maret mendatang. Desain yang memang mengadopsi dari pendahulunya yang futuristik dengan bezel tipis nan premium.

Xiaomi mix Evo berukuran 6,4 inci yang masuk dalam kategori Phablet berdesain premium dikarenakan perangkat Xiaomi ini terbuat dari perpaduan bahan metal dan keramik. Layarnya berkualitas FHD dengan teknologi IPS LCD Capacitive yang responsif terhadap tangan siapapun ketika digunakan .

Yang menjadi perbedaan Xiaomi Mix dan Xiaomi Mix Evo adalah bagian dapur pacu yang terjadi perubahan. Keduanya memang bisa dibilang memiliki hardware paling tinggi jika dibandingkan dengan ponmsel lain Xiaomi yang lebih dulu ada. Jika pada Xiaomi Mix memekai CPU Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo) berbeda dengan Xiaomi Mix Evo yang terjadi perubahan signifikan yang menyematkan Prosesor Octa-core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo). Sehingga tentu saja performa mesinya dapat diandalkan oleh kita saat digunakan untuk aktifitas bermain game berat dan multitasking.

Dalam hal kamera Xiaomi ini masih menyematkan kualitas yang sama dengan series sebelumnya dengan 2 buah lensa yang terdapat pada desain bodi depan dan belakang smartphone. Kamera beresolusi 16MP untuk kamera belakang, sedangkan kamera depan beresolusi 5MP yang dapat digunakan selfi maupun Video Call. Cukup standar memang bila melihat spesifikasi kamera yang tersemat pada smartphone ini padahal harga yang dibanderol digolongkan dalam kategori smartphone kelas atas mahal.

Walaupun dipatok cukup mahal namun penggunakan diberikan performa luar biasa entah itu dari dapur pacu maupun spesifikasi fitur lain semisal Fingerprint sensor sebagai fitur kemananan data dan aplikasi pribadi. Smartphone ini juga telah mengadopsi jaringan koneksi terbaik saat ini yakni 4G. Beberapa fitur konektivitas lengkap semisal Bluetooth, USB, WIFI serta GPS memberikan kemudahan saat aktifitas di saat menggunakan smartphone. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai tutorial mendapatkan akses root smartphone ini silahkan membaca cara root Xiaomi Mix Evo yang ada di artikel bawah ini!.

Pengertian Root Android

Yang dimaksud dengan apa itu Root adalah dimana pengguna mendapatkan kendali atau akses penuh dari Xiaomi Mix Evo kita.Jadi, jika kamu mendapatkan akses Root di smartphone Android kamu, kamu dapat melakukan apapun di Xiaomi Mix Evo kamu dengan melewati proses tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mix Evo

Kelebihan

  • Bisa Hapus Aplikasi Bawaan
    Aplikasi sistem yang terlalu banyak akan memakan memori internal dan juga RAM di smartphone kamu. Sayangnya, kamu tidak bisa begitu saja menghapus aplikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware.Kamu bisa menghapus aplikasi bawaan ini dengan mempunyai akses Root dalam perangkat kamu.
  • Dapat Melakukan Backup dan Restore Aplikasi
    Salah satu cara agar smartphone kamu tetap dalam kondisi yang prima adalah dengan rutin melakukan Factory Reset. Nah, pasti kamu akan merasa repot jika harus meng-install ulang semua aplikasi. Cara paling ampuh dan mudah adalah dengan mem-backup semua aplikasi lewat Titanium Backup. Titanium Backup sendiri harus mempunyai akses Root untuk melakukan backup dan restore aplikasi yang ada di smartphone kamu.
  • Kontrol Kernel dan CPUDengan adanya akses Root di smartphone, kamu bisa melakukan overclock pada CPU smartphone kamu. Overclock sendiri dapat diartikan sebagai memaksa prosesor untuk dapat melakukan pekerjaannya sampai pada batas maksimalnya. Sudah pasti, dengan di-overclock-nya prosesor, smartphone kamu akan terasa lebih cepat dan ringan.
  • Menghindari Wakelock
    Wakelock adalah kondisi dimana sistem yang terbangun oleh aplikasi-aplikasi yang terus menerus berjalan di background. Kondisi ini pastinya dapat membuat smartphone kamu terasa lebih lambat dan cepat menghabiskan baterai juga.Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan aplikasi Greenify yang akan membuat aplikasi masuk ke mode hibernasi saat tidak digunakan.

Kekurangan

  • Rooting dapat menghilangkan garansi
  • Tidak Bisa Update Sistem Operasi Secara OTA
  • Mengalami kegagalan saat update OTA
  • Celah Keamanan Semakin Lebar

Metode 1: Root Xiaomi Mix Evo Dengan Magisk

Magisk Root adalah sebuah aplikasi root android yang dikembangkan oleh salah seorang member XDA-Developers bernama Topjohnwu, dimana aplikasi ini merupakan alternatif terbaik Chainfire’s SuperSU yang selama ini sudah kita kenal. Aplikasi ini tergolong baru dikalangan pengguna root, meski kenyataannya sudah ada sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Mix Evo kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Mix Evo Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Mix Evo kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara root Xiaomi Mix Evo yang dapat saya bagikan. Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *