5 Tips Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membeli Power Bank

Tips Membeli Power Bank – Di zaman serba modern seperti ini, hampir semua orang memiliki telepon genggam atau smartphone. Dengan smartphone, orang mudah untuk berkomunikasi baik untuk urusan pribadi ataupun pekerjaan. Sebuah lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan jika pengguna smartphone di Indonesia saja di tahun 2018 memiliki jumlah pengguna aktif lebih dari 100 juta orang.

Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia menjadi Negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India dan Amerika. Dengan smartphone, seseorang bukan hanya bisa melakukan hubungan jarak jauh dengan menelpon atau mengirimkan pesan lewat SMS saja, tetapi juga digunakan untuk bersosialisasi lewat sosial media, mencari informasi, dan lain sebagainya.

Pemakaian smartphone secara terus menerus setiap harinya sering membuat daya baterai yang dimiliki smartphone tidak cukup jika hanya dilakukan pengisian sekali setiap harinya. Intensitas pemakaian bisa membuat sebuah smartphone diisi ulang dayanya sebanyak 2-3 kali per hari. Tetapi tidak semua orang dapat menemukan kontak listrik untuk melakukan pengisian daya (charging), sehingga munculah alat bantu pengisian daya untuk smartphone yaitu power bank.

Apa Itu Power Bank

Power Bank atau Charger Portale adalah Alat penyimpan energi listrik sekaligus pengisi baterai portabel. Sudah jelas alat ini berfungsi mengisi baterai smartphone dan tablet (Gadget) dalam keadaan darurat.

Power Bank ini banyak seklai merek serta kapasitas daya yang bisa alat ini simpan. Semakin besar daya penyimpanannya, makin mahal pula harganya. Ada yang 2.000mAh, 4.000mAh, 8.000mAh, 11.000mAh bahkan ada yang lebih besar lagi.

Tidak semua power bank memiliki kualitas yang baik, sama halnya dengan membeli Smartphone kita pun harus jeli dan jangan sampai salah pilih. bahkan di pasaran kamu dapat menemukan power bank yang dijual dengan harga Rp 20 ribu saja. Tetapi saat digunakan tidak tahan lama dan cepat rusak.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak salah saat ingin membelinya, berikut tips memilih power bank yang bagus dan juga aman untuk smartphone kamu:

Sesuaikan Power Bank dengan Kapasitas Baterai Smartphone

Tips memilih power bank yang perlu kamu perhatikan yaitu menyesuaikan kapasitas baterai yang ada pada smartphone mu dengan kapasitas daya pada power bank. Pilihlah power bank yang memiliki kapasitas lebih besar. Karena jika kamu memilih power bank di bawah kapasitas dari smartphone maka akan percuma saja karena kamu tidak dapat mengisi daya hingga 100%.

Fitur Auto Off

Tips memilih power bank yang bisa kamu amati adalah dengan memperhatikan terlebih dahulu, apakah power bank yang akan kamu beli memiliki fitur auto off atau tidak. Fitur auto off dapat membantu dalam menghentikan proses charging secara otomatis apabila baterai smartphone-mu sudah terisi penuh. Hal ini sangat membantu untuk menghindari dari over charging atau overheat yang dapat membuat kebocoran pada baterai smartphone.

Output Power Bank

Memperhatikan output yang dihasilkan adalah tips memilih power bank selanjutnya. Sesuaikanlah output tersebut dengan output charger bawaan smartphone-mu. Output keduanya harus memiliki tegangan dan juga daya yang sama.

Memiliki Garansi

Memang terlihat sepele, tetapi memperhatikan adanya garansi atau tidak merupakan tips memilih power bank yang sangat penting. Carilah power bank yang dapat memberikan garansi minimum 6 bulan. Garansi dapat mencerminkan tingkat kevaliditasan dan keseriusan suatu brand terhadap smartphone yang dijualnya.

Pilih Power Bank dengan Merek Asli dan Ternama

Tips memilih power bank terakhir yaitu sebaiknya pilihlah power bank dengan merek ternama yang sudah teruji keasliannya. Bukan hanya harganya saja yang mahal tetapi juga sudah banyak digunakan oleh banyak pengguna. Hindari pembelian dengan harga murah tapi justru dapat merusak bagian dari dalam smartphone-mu.

Itulah tips memilih power bank yang perlu kamu ketahui. Jika smartphone-mu hp Vivo V7, kamu tidak perlu khawatir baterai cepat habis karena hp Vivo V7 memiliki kapasitas baterai sebesar 3000 mAh yang awet jika digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama. Selain itu, hp Vivo V7 memiliki fitur project stelve yang dapat menghemat daya baterai. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar