Fungsi Serta Pengaturan ISO Pada Kamera

ISO merupakan tingkat sensitifitas sensor pada kamera atau kepekaan sensor kamera terhadap cahaya. Dalam dunia fotografi ISO mempunyai peranan sangat penting, karena ISO bagian dari segitiga eksposure yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemotretan. Selain aperture dan shutter speed, ISO juga merupakan salah satu elemen yang mempengaruhi hasil gambar menjadi indah apabila dengan pengaturan yang tepat.

Nilai ISO dilambangkan dengan angka, dimulai dari angka 100, 200, 400, 800,1600, 3200, hingga 25000 atau lebih untuk kamera DSLR profesional. 

Fungsi ISO

Adapun fungsi ISO yaitu untuk mengontrol pengaturan cahaya yang masuk kedalam kamera, semakin kecil nilai pengaturan ISO maka semakin kecil tingkat kepekaannya dalam menangkap cahaya, sehingga menghasilkan gambar yang ge..lap. Begitupun sebaliknya, semakin besar nilai pengaturan pada ISO maka senmakin sensitif dan cahaya yang masuk akan banyak, sehingga membuat gambar menjadi terang. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus maka kita tinggal menyesuaikannya, misal ISO 100 lebih banyak membutuhkan cahaya dibanding ISO 400.

Pengaturan ISO

Pertama-tama yang perlu diketahui sebelum memotret ialah kita harus bisa membedakan bahwa menggunakan ISO yang lebih tinggi akan mengakibatkan gambar menjadi noise, istilah dalam fotografi noise disebut sebagai bintik-bintik pada gambar atau foto. Selain itu hasil foto warnanya menjadi kurang menarik, serta kualitas gambarnya menurun karena kurang tajam.

Apabila kita menggunakan ISO yang rendah maka akan menghsilkan warna yang lebih akurat, juga mendapatkan gambar yang tajam. Jika dalam situasi tertentu seperti pada siang hari saat cuaca mendung atau ketika malam hari dengan cahaya yang minim atau kurang cahaya, maka memungkinkan kita untuk mengunakan ISO yang lebih tinggi. Bisa juga dengan menggunakan bantuan flash, supaya foto yang dihasilkan sempurna.

Secara umum, pengaturan ISO serendah mungkin lebih dianjurkan dibanding dengan pengaturan ISO tinggi. Hal ini karena pengaturan ISO rendah akan terhindar dari noise atau bintik-bintik pada gambar, sehinga bisa menghasilkan foto yang lebih baik secara keseluruhan.

Itulah pembahasan tentang fungsi ISO serta pengaturannya pada kamera yang bisa kami berikan,semoga informasinya bisa berguna bagi yang sedang belajar fotografi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *