Beginilah Caranya Install Custom Rom Android

Posted on

Sebagai pengguna Smartphone android kamu mungkin sudah bosen sama tampilan android kamu yang itu-itu aja,biar tampilan android kamu menarik dan unyu-unyu gitu loh..heheee,kamu bisa melakukannya dengan menginstal Custom ROM,tapi terlebih dahulu memilih ROM yang cocok dan sesuai dengan merk/type juga spesifikasi android kamu miliki.

Panduan Terkait

Selain merubah tampilan android,kamu juga bisa sekaligus mengedit atau memodifikasi System operasi/frimware android kamu seperti mencopot aplikasi yang gak bisa di hapus, merubah SystemUI, merubah icons dan sebagainya,tapi dengan catatan androidnya sudah di ROOT terlebih dahulu.

Untuk cara melalukan Root silahkan cari di google saja dengan kata kunci merk/type Hp yang kamu punya, karena saya bukan tukang urut (jaskiding,hahaaa) dan jika kamu ingin mengetahui atau memahami sedikit tentang cara Root android silahkan lihat aja di sini.

Untuk menginstall Custom ROM, kamu bisa ikuti tutorial Cara Install Custom Rom Android berikut dibawah ini yaitu dengan memakai CWM (ClockWorkMod).

Install Custom ROM memakai CWM

  1. Siapkan ROM yang akan kamu flash dan simpan di Sdcard,sebaiknya terlebih dahulu mengetahui apakah ROM-nya sesuai dengan type/merk Hp kamu ketika mendownloadnya.karena apabila keliru bisa-bisa Hp kamu brick alias ko’it.
  2. Masuk Recovery Mode.caranya terlebih dahulu matikan Hp kamu,lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Down secara bersamaan hingga masuk ke Recovery Mode.
  3. Backup Stock ROM dahulu sebelum installasi,karena buat jaga-jaga kalo ROM-nya bermasalah alias file korup.
  4. pilih menu wipe data
  5. pilih menu wipe cache
  6. pilih menu Advanced kemudian pilih wipe dalvik
  7. Install zip from sdcard lalu pilih choose from sdcard dan pilih ROM yang kamu simpan di sdcard tadi.
  8. Tunggu beberapa saat sampe proses telah selesai,biasanya sekitar 2-3 menit menunggu  dalam melakukan proses.
  9. Setelah proses flashing selesai dan menunjukan status completed,tinggal di Reboot aja deh..

Ning..nongg,eh salah trining begitu bunyinya, berarti kamu telah sukses install Custom ROM-nya dan selamat kamu telah berhasil.