Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5 (Rosy) Garansi TAM & Distributor

Cara Unlock Bootloader Redmi 5 – Saat ini Xiaomi menerapkan semua smartphone Androidnya dengan sistem locked bootloader dalam artian kita tidak bisa melakukan modifikasi apapun tanpa membuka kunci bootloadernya yang biasa dikenal dengan istilah Unlock Bootloader.

Xiaomi membekali Redmi 5 ini dengan layar 5.7 Inch dengan resolusi 720 x 1440 pixels. Smartphone ini dibekali dengan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat dan prosessor Snapdragon 450 berkecepatan 1.8GHz. Redmi 5 ini juga oleh Xiaomi dilengkapi dengan memori internal 32 GB, RAM 3GB, dual slot kartu SIM, kamera belakang 12 MP dan kamera depan 5 MP. Untuk mendukung dayanya smartphone ini menggunakan baterai berkapasitas 3300mAh.

Menurut pribadi saya percuma memiliki spesifikasi yang tinggi tapi tidak bisa melakukan modifikasi, karena perkerjaan saya membutuhkan beberapa aplikasi yang butuh akses root.

Sedangkan untuk mendapatkan akses root saat ini tidak bisa lakukan hanya dengan menggunakan aplikasi semacam Kingroot. Untuk meroot Redmi 5 ini kita harus menggunakan root tool seperti Magisk dan SuperSU, sedangkan kedua root tool tersebut hanya bisa di install melalui Custom Recovery TWRP.

Sedangkan TWRP ini hanya bisa terpasang kalau Bootloader Redmi 5 ini sudah berhasil dibuka, nah untuk membuka bootloader disini saya memberikan panduan lengkapnya.

Tentang Bootloader

Bootloader adalah sebuah program yang tertanam di Android yang bertugas mengatur proses pertama kali sebuah perangkat Android booting atau di hidupkan. Bootloader akan meverifikasi setiap partisi yang ada di HP kita, apabila menemukan partisi tidak dikenal otomatis bootloader akan tidak meneruskan proses booting.

Agar bisa mengganti partisi dalam hal ini Recovery dengan TWRP kita perlu Unlock Bootloader terlebih dahulu.

Pengguna Xiaomi termasuk beruntung karena pihak Xiaomi sendiri masih mendukung kita untuk Unlock Bootloader perangkat mereka dengan menyediakan tool UBL sendiri.

Nah, kalau kalian berencana ingin unlock bootloader Redmi 5 baik itu garansi TAM maupun Distributor bisa ikuti tutorialnya disini.

Cara Unlock Bootloader Redmi 5

Untuk cara unlock bootloader sebenarnya prosesnya sama semua di perangkat Xiaomi seperti yang pernah saya tulis tentang unlock bootloader di Redmi 5 Plus Vince. Tapi kalau memang kamu masih baru menggunakan Xioami atau memang baru kali ini berkeinginan melakukan UBL, bisa lihat dibawah ini.

1. Pertama kalian harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Untuk caranya Ketuk Tentang Ponsel dan temukan ‘Versi MIUI‘. Kalian ketuk pada opsi ini sebanyak 7 kali, yang akan membuka kunci Pengaturan Pengembang dan kalau sukses akan terlihat pesan yang mengatakan ‘Anda sekarang adalah pengembang!

3. Sekarang kembali lagi ke menu utama Pengaturan, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu klik tulisan Opsi Pengembang.

4. Di sini kita akan menemukan opsi, ‘OEM unlocking‘. Ketuk untuk mengaktifkannya, setelah itu akan muncul peringatan tentang potensi bahaya unlocking bootloader. Pilih Aktifkan.

5. Masih dalam menu yang sama, pergi ke ‘Mi Unlock Status‘ dan ketuk di atasnya. Anda akan dimintai izin untuk melihat ID perangkat, nomor IMEI, dll. Dalam dialog pop-up. Ketuk Setuju di atasnya.

6. Kamu tidak akan dapat meneruskan tanpa kartu SIM di perangkat Redmi 5, jadi pastikan kartu SIM sudah terpasang. Kemudian ketuk ‘Tambah akun dan perangkat‘ dan masuk dengan akun MI Anda. Apabila belum memiliki Akun Mi, Anda dapat mendaftar melalui menu Akun.

7. Sekarang setelah mengikuti semua langkah di atas, kitakan melangkah ke tutorial berikuntya. Sekarang gunakan PC/Laptop. Kemudian Unduh File UBL Redmi Redmi 5 (Rosy) menggunakan tautan ini dan setelah itu ekstrak file ZIP.

8. Setelah file Mi Unlock di extract, buka miflash_unlock.exe. Kemudian masuk dengan akun MI yang sudah terhubung dengan Redmi Redmi 5 kamu.

9. Sekarang hubungkan Redmi Redmi 5 melalui kabel USB dan masuk ke dalam mode Fastboot. Untuk boot dalam mode Fastboot, matikan HP dan tahan tombol Volume Turun. Saat terus memegang tombol ini, tekan tombol Power dan jangan lepaskan tombol volume turun sampai terlihat tulisan Fastboot dalam teks hijau yang ditampilkan di layar.

10. Langkah berikutnya, Mi Unlock Tool akan menampilkan perangkat yang terhubung. Setelah itu, klik Aktifkan dan kalian akan diperingatkan dua kali tentang potensi bahaya membuka kunci bootloader seperti perlindungan yang lebih rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap malware. Klik ‘Buka kunci‘.

11. Sekarang, silahkan duduk manis saat tool ini mencoba membuka kunci bootloader Redmi Redmi 5 kamu. Apabila mencobanya untuk pertama kalinya, kemungkinan akan melihat kesalahan yang meminta kamu untuk mencoba lagi setelah 720 jam (30 hari). Apabila beruntung, bootloader Redmi Redmi 5 akan langsung sukses terbuka kuncinya.

12. Apabila memang mengalami kegagalan, silahkan mencoba lagi setelah periode 360 jam berakhir, untuk waktu menunggu proses UBL lagi ada juga yang cuma 72 jam (3 hari) biasanya setelah proses kedua kali ini langsung berhasil.

13. Untuk memeriksa status bootloader, dapat dilihat dengan membuka SetelanSetelan tambahanOpsi pengembang – Mi Unlock Status dan Anda akan melihat pesan yang mengatakan bootloader tidak terkunci alias unlocked.

Nah demikianlah proses lengkap UBL Redmi Redmi 5, dimana sekarang ini prosenya sudah agak mudah tidak seperti dahulu yang harus meminta izin terlebih dulu dan menunggu SMS perizinan dari Xiaomi. Sekarang kita sudah bisa memasang Custom Recovery TWRP di Redmi 5 Rosy.

Saya harap kamu beruntung bisa langsung sukses unlock bootloader tanpa harus disuruh menggulang lagi.

Leave a Comment