Cara Pasang / Install TWRP Xiaomi Redmi 5 “Rosy” via CMD ADB Fastboot

Setelah tadi kita membahas bagaimana cara UBL Redmi 5 dan saat ini saya akan memberikan tutorial tentang cara pasang Custom Recovery TWRP dengan hanya menggunakan Command Prompt (CMD) ADB Fastboot. Sebelum mencobanya sebaiknya kalian pahami dulu metode yang saya berikan ini.

Redmi 5 saat ini menjadi pilihan tepat untuk kita yang menginginkan smartphone dengan harga cukup terjangkau namun memiliki performa yang handal. Desain smartphone ini mengikuti tren desain masa kini dengan membawa layar penuh seluas 5.7 inci dengan rasio 18:9. Layar yang lebih besar dibanding layar standar (16:9) akan semakin mantap saat digunakan bermain game atau menonton video.

Kegiatan apapun yang dilakukan di Redmi 5 ini tentu akan semakin memuaskan karena di selain layar yang besar, tenaga smartphone ini juga besar karena didukung prosesor octa-core dari Snapdragon, RAM 3GB, dan baterai 3300 mAh.

Redmi 5 memiliki kamera belakang beresolusi 12MP dengan pixel besar (1.25μm). Hasil foto kamera belakang bisa diandalkan untuk memotret di berbagai kondisi pencahayaan. Sementara itu, untuk bagian depan, tersemat kamera beresolusi 5MP.

Kamera depannya mampu menghasilkan foto yang jelas di kondisi low-light. Selain itu, hasil foto selfie Anda juga bisa lebih menarik karena sudah dibekali fitur pemotretan Smart Beauty 3.0.

OK, sekarang kita lanjutkan tentang proses instalasi TWRP di Redmi 5 aka Rosy ini.

Apa Saja Syarat Pasang TWRP di Redmi 5

  1. Pastikan sudah sukses unlock bootloader terlebih dahulu. Lihat disini Cara UBL Redmi 5 “Rosy” Pasti Berhasil
  2. Memiliki perangkat PC atau laptop dengan OS Windows 7 / 8 / 10
  3. Pastikan baterai masih tersisa minimal 60%

Bahan TWRP Redmi 5

  1. TWRP Redmi 5 (Rosy)
  2. Install Minimal ADB Fastboot di PC atau Laptop kalian.
  3. Lazyflasher Noverity

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi 5

  1. Ganti nama file twrp-3.2.3-1-rosy.img menjadi recovery.img
  2. Pindahkan file recovery.img ke folder Minimal ADB Fastboot.
  3. Buka folder Minimal ADB Fastboot yang ada di C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot\, kalau kalian menggunakan Windows 32-bit lokasinya ada di C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot\.
  4. Masuk ke Fastboot mode dengan cara matikan Redmi 5 kamu terlebih dahulu kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power.
  5. Sekarang hubungkan Xiaomi kamu ke PC dengan Kabel USB.
  6. Klik file py_cmd.exe, sekarang window command prompt telah terbuka. kalian ketik perintah seperti di bawah ini.
  7. fastboot flash recovery recovery.img
  8. Klik ENTER
  9. Lanjutkan dengan mengetik perintah di bawah ini :
  10. fastboot boot recovery.img
  11. Dan tap ENTER
  12. Dalam beberapa saat TWRP Official Redmi 5 sudah terpasang di Rosy kamu
  13. Setelah berada di TWRP kalian pilih Install dan cari file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip lalu Swipe ke kanan pada Swipe to Confirm Flash.
  14. Reboot System

Sekarang TWRP sudah terinstall, kamu sudah bisa install custom rom atau mendapatkan akses root Redmi 5 via Magisk atau SuperSU melalui TWRP.