Cara Root Xiaomi Semua Tipe Baru dan Lama

Kali ini saya akan coba membahas tutorial cara root Xiaomi tanpa ribet dan 100% berhasil. Seperti yang kalian ketahui, beberapa smartphone keluaran terbaru dari XIAOMI saat ini memang lebih diperketat dalam masalah keamanan.

Xiaomi Mipad merupakan tablet terbaru yang dirilis oleh Xiaomi. Tablet ini memiliki banyak keunggulan yang mumpuni. Bahkan untuk sebagian item, Xiaomi Mipad ini lebih unggul dari pada pesaing.

Xiaomi sebagai salah satu produsen smarphone yang sukses besar di China, banyak orang menyebut xiaomi ini sebagai Apple dari China. Xiaomi sukses besar dalam kancah smartphone kini dia mulai melirik pasar gadget Tablet PC. Tablet besutan xiaomi ini diberi nama Xiaomi Mipad.

Cara Root Xiaomi Dengan Magisk

Magisk merupakan root tool yang dikembangkan oleh Topjohnwu yang memiliki fungsi gabungan antara SuperSU dan Xposed Framework.

Magisk ini akan dikelola menggunakan aplikasi Magisk Manager yang merupakan sebuah aplikasi pendukung menjalankan Magisk.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Root Xiaomi Dengan Magisk

Cara Root Xiaomi Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Pengertian Root Android

Yang dimaksud dengan apa itu Root adalah dimana pengguna mendapatkan kendali atau akses penuh dari HP Xiaomi kita.

Jadi, jika kamu mendapatkan akses Root di smartphone Android kamu, kamu dapat melakukan apapun di Xiaomi kamu dengan melewati proses tertentu.

Kelebihan

  • Meningkatkan Kinerja Android – Dengan root kamu dapat melakukan Tweak atau Overclock terhadap hardware yang tertanam didalam perangkat. Misalnya melakukan optimasi terhadap pemakaian RAM dengan menonaktifkan aplikasi, SWAP RAM dan lain lain.
  • Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Android – Tidak semua aplikasi yang ada di Xiaomi Mipad 16GB 64GB akan kita gunakan daripada cuma habisin memory lebih baik di hapus saja, dan ketika ingin menghapusnya, maka kita tidak akan dapat melakukannya. Dengan root, aplikasi bloatware tersebut bisa anda hapus.
  • Menghemat Daya Baterai Android – Walaupun di dalam sebuah smartphone android sudah ada fitur penghemat baterainya, tetapi terkadang fitur tersebut tidaklah terlalu mambantu dalam hal menghemat pemakaian daya baterai. Tetapi saat smartphone anda sudah dalam keadaan root, maka anda bisa melakukan kalibrasi baterai menggunakan Battery Calibration yang memiliki cara kerja menghapus file “batterystats.bin” yang terdapat dalam sistem.
  • Mengubah Tampilan Android Lebih Keren dan Menarik – Root dapat memberikan keleluasaan terhadap penggunanya untuk melakukan modifikasi tampilan (User Interface) android. Misalnya menambahkan menu baru yang tidak disediakan oleh vendor, mengubah tampilannya menjadi lebih keren dan menarik, mengganti versi / nomor model perangkat (hanya gaya saja) dan sebagainya.

Kekurangan

  • Garansi Perangkat Hilang – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa setiap produsen smartphone berbasis android, melarang setiap penggunanya untuk melakukan root. Jika hal itu terjadi, maka kita tidak diperkenankan untuk melakukan klaim garansi.
  • Rentan Terserang Virus – Root Android akan membuka akses kepada virus yang kapan saja bisa masuk kedalam sistem operasi Android.

Demikianlah cara membuka akses root sistem Xiaomi yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *