Cara Mudah Root Xiaomi Redmi Note 5 Pro (Berhasil 100%) via Magisk Dan SuperSU

Pada ulasan kali ini saya akan membahas tentang cara root Redmi Note 5 Pro terbaik dengan aplikasi TWRP serta Magisk dan SuperSu. Seperti yang kita ketahui melakukan rooting terhadap smartphone android sangatlah penting. Banyak sekali manfaat yang dapat kita lakukan jika mendapatkan hak akses root di Redmi Note 5 Pro ini.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro usung persaingan kelas MID Range dengan bekalan komponen yang dapat diandalkan saat bermultitasking. RAM 4GB yang dikombinasikan dengan chipset Snapdragon 653 yang berkolaborasi dengan sistem Android Nougat dengan antarmuka MIUI 9.

Spesifikasi serta berbagai fitur yang canggih tentu membutuhkan sumber tenaga besar untuk menjalankan nya. Hal ini lah yang disadari Xiaomi, maka dari itu digunakan baterai berukuran besar 5000 mAh tipe non-removable.

Baterai super besar yang menjadi keunggulan sebagai daya utama penggerak Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Sangat mendukung aktifitas seharian yang dilakukan ketika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Untuk mengetahui lebih detail tutorial root phablet ini silahkan membaca cara root Xiaomi Redmi Note 5 Pro yang telah kami ulas secara lebih lengkap dan detail pada artikel berikut!

Pengertian Root Android

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android yang ada di Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file atau data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan Root Redmi Note 5 Pro

Kelebihan

  • Mempercepat Kinerja Smartphone – Kelebihan pertama yang juga paling banyak diketahui oleh banyak orang adalah proses Root ini bisa mempercepat kinerja dari smartphone Adroid yang digunakan . Pengoptimalan prosesor, RAM, dan berbagai hardware lainnya bisa dilakukan dengan adanya akses Root.
  • Mampu Menghapus Aplikasi Bawaan – Kelebihan kedua dari adanya akses Root pada smartphone Android adalah bisa menghapus berbagai aplikasi bawaan yang sebelumnya tidak bisa dihapus apabila tidak melakukan rooting.
  • Bisa Blokir iklan – Seringkali, ketika mengakses sebuah layanan, kalian bakal melihat adanya iklan yang muncul, bukan? Nah, dengan melakukan Root, maka kalian bisa meng-install beragam aplikasi yang bisa memblokir iklan yang mengganggu pada smartphone.
  • Mengubah Tampilan Android Lebih Keren dan Menarik – Root dapat memberikan keleluasaan terhadap penggunanya untuk melakukan modifikasi tampilan (User Interface) android. Misalnya menambahkan menu baru yang tidak disediakan oleh vendor, mengubah tampilannya menjadi lebih keren dan menarik, mengganti versi / nomor model perangkat (hanya gaya saja) dan sebagainya.

Kekurangan

  • Garansi Perangkat Hilang – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa setiap produsen smartphone berbasis android, melarang setiap penggunanya untuk melakukan root. Jika hal itu terjadi, maka kita tidak diperkenankan untuk melakukan klaim garansi.
  • Aplikasi dan Hardware akan Mengalami Error -Untuk beberapa aplikasi pada smartphone yang telah dilakukan Root, terkadang akan mengalami not responding ataupun crash ketika akan dibuka. Selain itu, proses Root juga bisa mengakibatkan beberapa hardware yang mengalami eror.
  • Rentan Terserang Virus – Root Android akan membuka akses kepada virus yang kapan saja bisa masuk kedalam sistem operasi Android.

Metode 1: Root Xiaomi Redmi Note 5 Pro Dengan Magisk

Magisk merupakan root tool yang dikembangkan oleh Topjohnwu yang memiliki fungsi gabungan antara SuperSU dan Xposed Framework. Magisk ini akan dikelola menggunakan aplikasi Magisk Manager yang merupakan sebuah aplikasi pendukung menjalankan Magisk.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage .
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note 5 Pro sobat, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Flash Xiaomi Redmi Note 5 Pro
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Redmi Note 5 Pro Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note 5 Pro kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara root Xiaomi Redmi Note 5 Pro yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.