Cara Menggunakan Kartu Smartfren Di Oppo R9 / R9s Plus

Posted on

Cara Menggunakan Smartfren Di Oppo R9 / R9s Plus – Oppo kembali merilis tipe smartphone terbaru nya, Setelah merilis Oppo R9 dan R9s kini vendor Oppo kembali mengeluarkan smartphone yang diberi nama Oppo R9s Plus. Kali ini Oppo R9s Plus muncul dengan desain yang super besar dengan varian Phablet dengan ukuran 6,0 inci yang dilengkapi dengan proteksi keamanan pada layar berupa Corning Gorilla Glass 4 serta resousi layar mencapai 1080 x 1920 pixels (~386 ppi pixel density), tentu memberikan aspek kenyamanan saat bermain game.

Pada sistem jaringan dan konektivitas Smarphone Oppo R9s Plus ini sendiri mendukung fitur Dual SIM yang dapat disiagakan bersama-sama namun dengan model Hybrid. Selain itu perangkat Oppo R9s Plus ini juga telah dibekali dengan jaringan 4G yang memiliki koneksi internet kencang dengan speed LTE juga dukungan jaringan 3G HSDPA dengan speed internet HSPA yang memungkinkan kelancaran penggunanya berselancar dalam dunia digital.

Selain itu Oppo R9s Plus juga didukung dengan sejumlah konektivitas selbut saja Wi-Fi, Hotspot, GPRS, EDGE, Browser serta GPS navigasi. Sementara untuk kebutuhan transfer data mengandalkan Bluetooth serta microUSB v2.0 yang sudah berfitur OTG (On-The-Go).

Panduan Terkait

Mengenai sisi dapur pacu Oppo R9s Plus sendiri menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 653 yang sangat tinggi dikelasnya,performa phablet tersebut bahkan telah diperkuat dengan RAM 6 GB lebih besar dari Oppo R9s. Dengan demikian kinerja phablet ini dalam multitasking dan komputasi pun lebih cepat dan resposnif bahkan tanpa lag. Sementara untuk pengolah grafis Oppo R9s Plus ini sendiri dibalut dengan GPU Adreno 510.

Pada sisi memori smartphone ini mampu mmenyimpan berbaga file dengann kapasitas memori internal 64 GB serta eksternal microSD, up to 256 GB. tentu dengan spesifikasi yang dimiliki dalam jeroan yang ada pad smartphone tersebut akan memberikan rasa kepuasan pengguna dalam kegiatan game game berkapasitas beratpun akan terasa ringan

Sementara untuk bagian konektivitas Oppo R9s Plus pada jaringan memakai jaringan 4G yang diklaim sebagai jaringan tercepat yang ada pada saat ini. Serta fitur lengkap yang diberikan seperti GPS, Bluetooth, serta USB OTG tentu akan membuat pengguna dalam mentransfer data menjadi lebih mudah dan efisien.

Tentunya kamu pasti bertanya-tanya, apakah bisa menggunakan kartu Smartfren di HP ini?
Oppo R9 maupun R9s ini sudah mendukung jaringan Smartfren, karena frekuensi 4G yang digunakan Smartfren berjalan pada Band5 (850MHz) dan Band40 (2300 MHz). Kedua frekuensi yang digunakan Smartfren tersebut sudah didukung oleh kedua HP ini.

Meskipun begitu masih saja ada pengguna yang kesulitan untuk menggunakan jaringan internet dari Smartfren. Untuk menggunakan internet dari Smartfren kamu harus cek terlebih dahlu APN kalau tidak menemukan, silahkan buat APN seperti contoh dibawah ini.

Cara Setting APN Smartfren di Oppo R9 / R9s Plus

  1. Letakan kartu Smartfren di SIM1
  2. Buka Pengaturan / Setelan dan pilih SIM Ganda & Seluler setelah itu tap SIM1
  3. Berikutnya pilih Nama Jalur Akses / Acess Point Name. Masukan settingan APN Smartfren seperti dibawah ini.
    Nama:Smartfren Internet
    APN:Smartfren4G
    Nama Pengguna:Smartfren
    Sandi:Smartfren
  4. Setelah itu klik Simpan APN yang telah kamu buat tadi kemudian aktifkan APN Smartfren Internet.

Berhubung Oppo R9 / R9s Plus tidak mendukung Volte, jadi kamu tidak bisa menggunakannya untuk melakukan panggilan telpon. Karena Smartfren hanya menggunakan teknologi Volte untuk melakukan panggilan suara/telpon.

Untuk mengatasi masalah Volte ini, Smartfren telah membuatkan aplikasi SmartVolte, agar para penggunanya yang memiliki HP yang tidak support Volte bisa melakukan panggilan melalui aplikasi ini. Kamu Bisa memasang aplikasi ini lewat Google Play Store.

Semoga tips dari saya ini berguna buat para pengguna OPPO R9 yang ingin menggunakan layanan dari Smartfren baik itu internet maupun voice call dan video call.

Demikianlah cara mengaktifkan kartu Smartfren 4G pada Oppo R9 / R9s Plus yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses mengaktifkan, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.