Pesona Kota Kuningan Jawa Barat Yang Bikin Betah

Posted on

Kota Kuningan adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Barat bagian timur,wilayah kota Kuningan berbatasan langsung dengan Kab.Majalengka (sebelah timur),Kab.Brebes (sebelah barat-Jateng),Kab.Ciamis (sebelah selatan) dan Kab.Cirebon di sebelah utara kota Kuningan.

Setiap kota mempunyai ciri khasnya masing-masing,begitu juga dengan kota Kuningan yang memiliki beragam objek wisata alam yang indah dengan cuacanya yang sejuk.namun sayang,banyak orang yang tidak tahu akan keindahan alam dan pesona wisata budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi,tapi beberapa tahun belakangan ini kota kuningan telah memperlihatkan pesonanya.

Berikut dibawah ini adalah beberapa obyek wisata kota Kuningan yang dapat anda kunjungi,ada apa saja sih di Kuningan?

Gunung Ciremai

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini terlihat menawan ketika anda pertama kali datang berkunjung ke kota Kuningan.sepanjang perjalanan anda bisa melihat keindahan gunung Ciremai ketika masih berada di wilayah Cirebon,Majalengka,Brebes,ataupun Ciamis.

Buat para pecinta alam,gunung Ciremai merupakan salah satu tempat favorit bagi para pendaki.

Sangkanhurip

Sangkanhurip merupakan tempat pemandian air panas di kaki gunung Ciremai,lebih tepatnya berada di Kecamatan Cilimus dan salah satu lokasi wisata yang terkenal di Kuningan.di tempat ini terdapat beberapa kolam renang air panas terbuka maupun kamar-kamar tertutup yang sumber air panasnya di ambil langsung dari gunung Ciremai,yang sangat cocok buat anda yang ingin relaksasi tubuh. Di sini juga merupakan sebuah hotel berbintang untuk tempat peristirahatan bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke kota Kuningan.

Taman Wisata Alam Linggarjati

Panduan Terkait


Linggarjati adalah salah satu objek wisata alam terbaik di Kabupaten Kuningan,karena ditempat ini juga anda bisa menyaksikan indahnya panorama gunung Ciremai dengan berbagai keanekaragaman flora dan fauna serta hutan pinusnya yang asri dan sejuk.

Selain itu ada juga lokasi Outbound untuk para petualang dan juga kolam renang.untuk para pendaki yang ingin ke puncak gunung Ciremai,Linggarjati merupakan salah satu tempat titik awal pendakian yang menurut para pendaki jalur linggarjati adalah rute yang paling banyak dilalui karena jalurnya yang menantang.

Tidak jauh dari Taman Wisata Alam Linggarjati terdapat pula bangunan bersejarah yaitu Gedung Perjanjian Linggarjati,Gedung ini adalah saksi bisu tempat berlangsungnya perjanjian antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda.

Cibulan


Cibulan merupakan salah satu lokasi wisata tertua di Kuningan,yang di dalamnya terdapat beberapa kolam pemandian atau kolam renang besar yang airnya sangat dingin sekali.mungkin kalau anda berenang ditempat ini akan terasa berbeda,karena selain airnya yang sangat dingin dan jernih,anda akan ditemani oleh segerombolan ikan dewa.

Menurut warga sekitar ikan dewa disebut juga ikan kancra bodas yang dikeramatkan,konon katanya ikan dewa adalah jelmaan dari para prajurit yang dikutuk menjadi ikan karena membangkang terhadap pangeran prabu siliwangi.

Untuk para wisatawan yang ingin berenang sambil bercengkrama dengan ikan dewa atau sekedar berfoto dengan ikan tersebut,anda bisa mengunjungi kolam pemandian Cibulan yang terletak di Desa Manis Kidul,Kecamatan Jalaksana,Kabupaten Kuningan.

Waduk Darma


Waduk Darma adalah salah satu objek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota,yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan.selain berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan dan perikanan,waduk ini juga dapat dijadikan sarana rekreasi dan memancing.

Ketika senja hari tiba,banyak para wisatawan yang terpesona akan keindahan Waduk ini,karena Waduk Darma dikelilingi oleh bukit dan lembah dengan pemandangan yang indah dan udaranya yang sangat sejuk.

Ditempat ini juga ada beberapa fasilitas yang disediakan seperti untuk mengelilingi Waduk Darma anda bisa menyewa perahu serta tersedia juga Flying Fox (Outbound) dan tempat berkemah serta adanya Cottage dan lain-lain.Waduk ini juga merupakan wisata air terbesar di Jawa Barat.

Talaga Remis


Talaga Remis adalah sebuah danau besar yang terletak di kaki gunung Ciremai dan merupakan salah satu dari beberapa objek wisata alam yang ada di kota Kuningan,tepatnya berada di Desa Kaduela,Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Pemandangan alam yang indah,udara yang sejuk serta air danau yang jernih dikelilingi oleh pohon pinus yang rindang menjadi daya pikat bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini.tersedia pula berbagai fasilitas seperti sepeda air atau perahu motor juga tersedia Park and Resort.

Selain Talaga Remis  di kota kuningan juga terdapat 8 Telaga (bahasa sunda:Talaga) lainnya yang tak kalah indahnya,yaitu: Telaga Buruy,Telaga Leat,Telaga Nilem,Telaga Leutik,Telaga Tespong,Telaga Deleg,Sumur Jalatunda dan Situ Ayu Salintang.

Palutungan Curug Putri


Palutungan merupakan kawasan hutan sebagai tempat berkemah atau Camping Area yang dilengkapi fasilitas MCK dan musholla.para pendaki yang ingin ke puncak gunung Ciremai atau turun gunung,biasanya berkemah ditempat ini,karena Palutungan juga sebagai salah satu jalur untuk menuju puncak gunung Ciremai.

Ada pula para wisatawan yang berkunjung hanya sekedar menikmati pesona indahnya alam pegunungan yang asri dan sejuk serta keindahan alamnya yang masih asli dan alami.Palutungan terletak di Desa Setianegara,Kecamatan Cigugur,yang menyimpan keanekaragaman flora dan fauna.

Sedangkan Curug Putri merupakan sebuah air terjun yang indah serta airnya yang jernih dan digunakan sebagai tempat pemandian para pendaki,ataupun para wisatawan yang ingin menikmati kesegaran mandi di air terjun.

Curug Sidomba


Curug Sidomba adalah objek wisata air yang merupakan sebuah air terjun yang eksotis,terletak di Desa Peusing,Jalaksana,Kabupaten Kuningan yang berada di kaki gunung Ciremai.selain indah,Curug Sidomba ini terlihat unik karena air terjun disini dibuat oleh tangan manusia dan bukan air terjun alami,sehingga berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Di tempat ini juga terdapat berbagai macam ikan seperti ikan kancra bodas dan ikan mas,termasuk beberapa hewan lainnya seperti beberapa ekor domba yang memiliki keunikan tanduknya.

Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala Cipari merupakan situs peninggalan era megalitikum dari masyarakat yang hidup di daratan Sunda Besar (mencakup Sumatera,Jawa dan Kalimantan serta laut yang menghubungkan ketiganya pada masa purba,sekitar 10.000 tahun yang lalu),lokasinya terletak di Desa Cipari,Kecamatan Cigugur,Kabupaten Kuningan.ditempat ini di temukan tiga peti kubur batu yang didalamnya terdapat bekal kubur berupa kapak batu, gelang batu dan gerabah dan ini adalah salah satu tempat ditemukannya peninggalan kebudayaan prasejarah di Kabupaten kuningan Jawa Barat.

Situs ini telah dilengkapi dengan museum dan sekarang menjadi tujuan wisata pedagogi (purbakala) yang menarik untuk dikunjungi.