Khasiat Ubi Cilembu Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Posted on

Ubi jalar merupakan sejenis umbi-umbian yang akarnya merambat dan biasa ditanam di kebun yang tanahnya sedikit kering, karena tanaman ini akarnya merambat jadi disebut juga ketela rambat. Sering kita mendengar bahwa ubi jalar identik dengan makanan kampung, selain harganya yang murah ubi juga kurang diminati untuk dikonsumsi karena cara pengolahannya yang hanya direbus dan dibakar saja.

Mungkin itu dulu,tapi kini ubi jalar bisa di olah menjadi berbagai makanan yang enak dan lezat seperti kripik ubi jalar aneka rasa serta aneka kue dari bahan dasar ubi jalar yang menggugah selera untuk dinikmati dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat.

Salah satu ubi jalar atau ketela rambat yang sudah cukup terkenal adalah ubi Cilembu yang berasal dari kota Sumedang Jawa Barat.

Panduan Terkait

Selain rasanya yang manis,ubi Cilembu ini memiliki rasa yang khas yaitu rasanya seperti madu,maka dari itu orang menyebutnya juga dengan sebutan ubi madu.untuk menikmati ubi Cilembu supaya rasanya manis seperti madu sebaiknya jangan direbus tapi dengan cara di oven ketika memasaknya, ubi Cilembu atau ubi madu ini bisa juga dijadikan sebagai makanan diet untuk melangsingkan tubuh yaitu dengan cara mengganti menu nasi saat sarapan pagi dengan ubi Cilembu.

Selain itu ubi Cilembu juga memiliki banyak khasiatnya untuk kesehatan,diantaranya adalah sebagai berikut:

Mencegah serangan jantung

Vitamin B6 yang terdapat dalam ubi Cilembu ini dapat menetralisir zat kimia (homocysteine) yang masuk kedalam tubuh dan ubi Cilembu mengandung potassium yaitu untuk menormalkan darah sehingga tidak turun naik secara drastis.

Mencegah kanker

Vitamin A yang terkandung dari ubi Cilembu bisa untuk mencegah kanker mulut dan kanker paru-paru karena warna ubi Cilembu yang orange kemerahan mengandung kaya akan betakaroten.

Mengontrol gula darah

Ubi Cilembu yang dikukus dan tidak menambahkan gula ketika dikonsumsi bisa dijadikan untuk mengurangi bertambahnya kadar gula dalam darah akibat mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan.

Memperkuat tulang dan gigi

Selain untuk metabolisme tubuh,ubi Cilembu ini mengandung kalsium hingga 46.mg  per 100.grm yaitu untuk memperkuat tulang dan gigi.

Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang khasiat ubi Cilembu untuk kesehatan,semoga informasi diatas tadi bisa bermanfaat untuk semuanya.