Cara Termudah Edit 2 Audio Atau Lebih Menjadi Satu

Audacity adalah sebuah software audio editor paling populer di muka bumi. Selain itu, program ini terhitung yang paling senior. Hal ini terlihat dari interfacenya terkesan jadul. Meskipun begitu software ini memiliki fitur yang cukup banyak. Seperti perekam suara dari microphone ataupun mixer, bisa melakukan impor dan ekspor berbagai format audio, mendukung berbagai kualitas audio, mendukung fungsi edit, memiliki banyak efek, dll.

Salah satu keunggulan lain Audacity adalah bisa dioperasikan menggunakan keyboard, dan serta mendukung berbagai shortcut perintah. Software ini juga bisa digunakan untuk memotong, menambahkan efek dan tentu saja mengedit 2 audio atau lebih menjadi satu.

Software ini gratis dan bisa di download di : http://audacity.sourceforge.net/
Kalau sudah di download langsung saja install aplikasi dan jalankan. Untuk cara lengkapnya lihat tutorialnya di bawah ini:

  • Import lagu yang ingin digabungkan dengan menggunakan menu File->Import->Audio atau menekan tombol Ctrl+Shift+I.
  • Kalau sudah klik pada audio yang ingin digabungkan di ujung lagu pertama. Contohnya saya akan menambahkan audio di track bawah ke audio di track atas jadi saya mengklik pada audio di bawah. Pastikan kalau audio pilihan kita itu aktif atau benar-benar sudah diklik (warnanya akan lebih gelap dari yang lain)
  •  Pilih menu Edit->Remove Audio or Labels->Cut. Audio yang kita pilih akan terlihat ‘hilang’.
  •  Taruh kursor pada ujung audio yang ingin kita tambahkan [dalam hal ini saya menempatkan kursor ke ujung audio di atas] dan pilih menu Edit->Paste.
  •  Terakhir simpan saja hasil penggabungan ini dengan format yang diinginkan dengan menggunakan menu File->Export atau menggunakan Ctrl+Shift+E. Kalau ingin menyimpan dengan format MP3 akan muncul suatu pesan dimana kita diminta untuk meng-dl sesuatu, ikuti saja petunjuknya, dl dan setelah itu simpan lagi dengan langkah yang sama.

Kalau misalnya mp3 hasil editan dengan Audacity ini ingin dimasukkan ke dalam wordpress bisa menggunakan Sound Cloud dan caranya bisa dilihat di artikelnya yang pernah di posting disini.

Nah begitulah tutorialnya cara mengabungkan 2 audio menjadi satu dengan hanya berbekal software gratisan tapi mumpuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *