Cara Root Xiaomi Redmi 1S Dengan Magisk Dan SuperSU

Cara Root Xiaomi Redmi 1S | Kasakisi – Seperti kebanyakan pengguna android, tentu setiap pengguna dari setiap jenis android akan membutuhkan akses root. Baik itu untuk sekedar mendapatkan akses root ataupun untuk berbagai hal khusus yang diperlukan, tentu akses root sangatlah dibutuhkan.

Redmi 1S merupakan smartphone low entry dari Xiaomi. Smartphone ini juga merupakan smartphone perdana Xiaomi di pasaran Indonesia. Setelah sukses besar di Negeranya sendiri China, Xiaomi kini tengah sibuk ekspansi ke berbagai wilayah dunia, khususnya Asia. Di Indonesia sendiri, tipe smartphone Xiaomi Redmi 1s ini lah yang melatar belakangi kesuksesan Xiaomi di tanah air.

Xiaomi Redmi 1S juga dikenal dengan sebutan nama Hongmi 1S di Tiongkok, Hongmi sendiri berarti beras merah. Xiaomi Redmi 1S ini meneruskan generasi pendahulunya, Xiaomi Redmi. Tentu saja dengan penambahan upgrade hardware pacu. Xiaomi Redmi 1s ini menggunakan Chipset Qualcomm MSM8228 Snapdragon. Xiaomi juga sudah meningkatkan media penyimpanan internal menjadi 8 GB.

Redmi 1S ini memiliki layar dengan 4,7 inchi dengan teknologi IPS. Dan untuk urusan mesin picunya dibekali dengan prosesor quad-core dengan kemampuan 1,6 Ghz. Bisa dibayangkan yang murah konsumen sudah mendapatkan spesifikasi yang tinggi, ini sangat gurih untuk dilewatkan. Untuk mendukung fungsi dapur pacu pada smartphone ini juga dibekali dengan RAM yang cukup besar yakni 1GB RAM.

Untuk urusan sistem grafisnya, smartphone ini dibekali dengan GPU dengan spesifikasi yang cukup yakni 305. Hp Xiaomi Redmi ini lengkap dengan fitur kamera dual kamera, yakni depan dan belakang. Untuk kamera belakang smartphone ini dibekali kamera 8MP dan untuk depan disuguhkan kamera 1,6MP.

Pengertian Root Android

Rooting memberikan akses khusus aplikasi untuk akses root, yang memungkinkan mereka melakukan hampir seluruh hal pada sistem Android yang ada di Xiaomi Redmi 1S. Contohnya, sebuah aplikasi dengan akses root bisa uninstal sistem aplikasi, menginstal sistem binari tingkat rendah, mencabut izin aplikasi yang dibutuhkan instal, dan melakukan hal-hal lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Root Redmi 1S

Kelebihan

  • Meningkatkan Kinerja Android – Dengan root kamu dapat melakukan Tweak atau Overclock terhadap hardware yang tertanam didalam perangkat. Misalnya melakukan optimasi terhadap pemakaian RAM dengan menonaktifkan aplikasi, SWAP RAM dan lain lain.
  • Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Android – Tidak semua aplikasi yang ada di Xiaomi Redmi 1S akan kita gunakan daripada cuma habisin memory lebih baik di hapus saja, dan ketika ingin menghapusnya, maka kita tidak akan dapat melakukannya. Dengan root, aplikasi bloatware tersebut bisa anda hapus.
  • Menghemat Daya Baterai Android – Walaupun di dalam sebuah smartphone android sudah ada fitur penghemat baterainya, tetapi terkadang fitur tersebut tidaklah terlalu mambantu dalam hal menghemat pemakaian daya baterai. Tetapi saat smartphone anda sudah dalam keadaan root, maka anda bisa melakukan kalibrasi baterai menggunakan Battery Calibration yang memiliki cara kerja menghapus file “batterystats.bin” yang terdapat dalam sistem.
  • Mengubah Tampilan Android Lebih Keren dan Menarik – Root dapat memberikan keleluasaan terhadap penggunanya untuk melakukan modifikasi tampilan (User Interface) android. Misalnya menambahkan menu baru yang tidak disediakan oleh vendor, mengubah tampilannya menjadi lebih keren dan menarik, mengganti versi / nomor model perangkat (hanya gaya saja) dan sebagainya.

Kekurangan

  • Garansi Perangkat Hilang – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa setiap produsen smartphone berbasis android, melarang setiap penggunanya untuk melakukan root. Jika hal itu terjadi, maka kita tidak diperkenankan untuk melakukan klaim garansi.
  • Rentan Terserang Virus – Root Android akan membuka akses kepada virus yang kapan saja bisa masuk kedalam sistem operasi Android.

Metode 1: Root Xiaomi Redmi 1S Dengan Magisk

Magisk adalah sebuah tool untuk mendapatkan akses root di perangkat Android, yang pertama kali dikembangkan oleh topjohnwu di tahun 2016. Saat ini Magisk menjadi alternatif SuperSU, tidak hanya sekedar alat root, Magisk juga memiliki banyak fitur lain.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Redmi 1S kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Redmi 1S Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi 1S kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara mendapatkan akses root Xiaomi Redmi 1S yang dapat saya bagikan. Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Tinggalkan komentar