Cara Root Samsung Galaxy A3 Tanpa Ribet 100% Berhasil

Samsung Galaxy A3 adalah salah satu smartphone android 4G Samsung yang dijual murah. Selain itu smartphone Samsung Galaxy A3 ini juga dibekali kamera depan yang sangat cocok untuk selfie momen, karena kamera depan smartphone ini besarnya 5MP. Ponsel keluarga Samsung Galaxy A Series ini memang punya segudang keunggulan yang menarik.

Hadir dengan mengusung nama besar Samsung. Ponsel A3 ini dilahirkan bersama series lainnya Samsung Galaxy A5 dan Samsung Galaxy A7. Ketiga smartphone ini sangat pas dengan mode smartphone saat ini yang mengedepankan inovasi, koneksi cepat ala LTE dan fitur menawan pada kamera selfienya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A3 menggunakan layar Super AMOLED 4.5 inchi dengan resolusi qHD(540 x 960) pixel, dan sebagai dapur pacu ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 410, Quad-core 1.2GHz serta ditopang dengan memory internal 16GB, RAM yang diberikanpun besar 1.5GB RAM. Simak penjelasan lengkap mengenai tutorialnya dibawah ini.

Pengertian Root Android

Kata Root dalam dunia Operasi System Linux berati “Master Administrator”, sama seperti di Windows. Oleh karena Android berasal dari Linux maka kata Root sering kita gunakan. Seperti di Linux dengan mendapatkan akses root kita memiliki hak akses sampai ke system OS tersebut.

Apabila kamu nge-Root bearti kamu sedang mencoba untuk mendapatkan akses lebih dalam lagi ke system smartphone kalian yaitu Android, apabila akses root berhasil kalian dapat dengan leluasa melakukan modifikasi file-file system yang terdapat di smartphone agan seperti meningkatkan kinerja prosessornya dengan melakukan Overclocking ataupun melakukan kustomisasi sehingga tampilannya berubah seperti yang kalian inginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Root Di Galaxy A3

Kelebihan

  • Meningkatkan Performa Game – Dengan root bisa kamu lakukan untuk mendapatkan performa gaming yang lebih baik yang hanya bisa didapatkan dengan nge-root Android kamu. Misalkan dengan nge-tweak game yang ingin kamu mainkan dengan aplikasi yang bernama GLTools.
  • Memindahkan Data ke Storage Eksternal – Meski sebagian besar perangkat Android punya slot Micro SD, ada banyak game yang tidak bisa diinstal sepenuhnya di sana. Hasilnya, internal storage kamu cepat penuh dan tidak dapat diinstal game lagi. Dengan akses root, smartphone kamu bisa memindahkan banyak data game ke storage eksternal.
  • Membuang Aplikasi Ga Penting – Hampir semua pabrikan smartphone Android menjejalkan banyak aplikasi bawaan yang mungkin tidak akan pernah kamu gunakan. Kamu hanya bisa membuang aplikasi bawaan tersebut jika kamu memiliki akses root.
  • Membuka Fitur Tersembunyi – Dengan akses root, kamu bisa membuka banyak fitur dan akses yang sebelumnya tidak diijinkan. Ada banyak sekali sebenarnya fitur yang terbuka namun memang tidak semuanya berguna untuk kalian.

Kekurangan

  • Garansi hilang – Sebagian besar produsen Android tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan root Android. Salah satu konsekuensi dari root Android yang dilakukan adalah hilangnya garansi resmi, walaupun masa garansinya belum habis.
  • Dapat menyebabkan Kerusakan Sistem – kesalahan atau kegagalan saat melakukan root Android, HP Android kamu bisa saja mengalami bootloop, nggak bisa masuk ke sistem.
  • Celah Keamanan Semakin Lebar – Dengan melakukan rooting Android, akses ke dalam file sistem menjadi lebih terbuka. Sehingga Android yang sudah di-root akan lebih rentan terhadap serangan malware.

Cara Root Galaxy A3 Dengan Kingroot

  1. Download aplikasinya melalui link berikut ini.
  2. Klik Install untuk mulai melakukan instalasi.
  3. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Details kemudian klik Install anyway (unsafe).
  4. Jika anda mendapatkan notifikasi yang kurang lebih seperti gambar dibawah, klik KEEP APP (UNSAFE).
  5. Jendela awal KingRoot terbuka. Klik tanda V kemudian pilih Try It.
  6. Kemudian klik Try Root untuk mulai melakukan rooting pada HP android anda.
  7. Pastikan koneksi internet anda lancar karena membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  8. Tunggu hingga mencapai 100% dan mendapatkan notifikasi bahwa Galaxy A3 berhasil diroot.
  9. Buka kembali aplikasi KingRoot yang ada di Galaxy A3. Kemudian klik Menu (garis tiga) yang berada di samping kiri atas. Pada jendela KingRoot Labs, akan terlihat tulisan Root successfully yang berarti Galaxy A3 sudah berhasil diroot.

Cara Root Galaxy A3 Dengan Kingo root

  1. Download Aplikasi Kingo Root disini
  2. Klik file APK dan instal aplikasi Kingo root di Galaxy A3.
  3. Jika instalasi selesai, buka aplikasi Kingo ROOT dan klik One Click Root untuk memulai rooting.
  4. Pastikan jaringan internet stabil pada saat melakukan rooting dengan KingoRoot.
  5. Tunggu beberapa saat hasilnya akan muncul di layar Galaxy A3 tulisan “ROOT SUCCEED“.

Pertanyaan Dan Jawaban Mengenai Root Di Galaxy A3

  • Kok Aplikasi Tidak Terpasang? – Pastikan Unknown Source/Sumber Tidak dikenal sudah di aktifkan. Menunya ada di Settings/Pengaturan – Security/Keamanan. Kalau masih tidak bisa juga coba di nonaktifkan dulu internet di HP kalian. Kalau Kingroot atau Kingo Root telah terpasang segera aktifkan kembali internetnya.
  • Tidak bisa di install, muncul Installation Blocked? – Apabila muncul Installation Blocked pilih More Detail kemudian pilih Install Anyway (unsafe)
  • Kenapa ada notifikasi aplikasi berbahaya? – Semua aplikasi root akan di anggap sebagai aplikasi berbahaya, karena root akan mematikan keamanan HP Samsung kita.
  • Berapa lama proses rootnya – Tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan dan seberapa sibuk server kedua aplikasi tersebut menghandle request root dari seluruh dunia.

Demikianlah cara membuka akses root sistem Samsung Galaxy A3 yang dapat saya bagikan. Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Tinggalkan komentar