4 Prosedur Mereset Oppo F9 Lupa Pola, PIN dan Password

Posted on

Jika Anda pengguna Oppo F9 bermaksud untuk mereset mengatasi lupa kunci layar atau mengalami problem seperti hang, kinerja yang lambat ataupun masalah lainya. Pada postingan ini Anda akan menemukan empat metode reset paling gampang dan cepat yang mana dapat Anda praktekan untuk memperbaiki problem di HP Oppo milikmu.

Diawal kemunculannya pada August 2018, HP Oppo ini sudah mengusung jaringan 4G LTE. Berbeda dengan varian terdahulu, Oppo kali ini membekali F9 dengan resolusi layar FHD+ 1080 x 2280 pixels dan skor antuntu 140.100 cukup tinggi.

Oppo F9 membawa banyak perubahan bila dibanding dengan HP Oppo yang telah rilis duluan. Handphone ini sudah dipersenjatai dengan prosessor dari MediaTek dengan chipset Helio P60 berkekuatan 4x 2.00GHz ARM Cortex A73 + 4x 2.00GHz ARM Cortex A53 yang didukung dengan kapasitas RAM 6GB. Oppo F9 telah menggunakan sistem ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo serta GPU ARM Mali G72 MP3.

Cara Reset Oppo F9 Untuk Mengatasi Bermacam Masalah

Cara Reset Oppo F9
Apabila saat ini Anda mengalami lupa dengan kunci layar baik itu pola, PIN ataupun password, tentunya hal yang pertama kali adalah mereset ulang pola yang telah Anda buat tersebut.

Selain itu juga, reset bisa mengatasi bermacam masalah lain yang umumnya dialami pengguna Oppo f9 seperti performanya yang semakin hari makin lemot, kehabisan memory penyimpanan, menumpuknya file sampah, cache dan lainya, kemasukan virus atau malware dan lain sebagainya.

Panduan Terkait

Akan tetapi, dengan reset ini akan menyebabkan kalian kehilangan data yang tersimpan seperti kontak, aplikasi dan game, file penting lainya. Untuk itu sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu.

Satu lagi, harap jangan sampai lupa dengan akun Google baik itu email maupun passwordnya.

Reset Pola/PIN/Sandi Layar

Pertama saya akan membahas mereset kunci layar yang telah kita buat. Satu-satunya untuk mengatasi lupa pola adalah dengan reset lewat layanan Google Find My Device.

Layanan ini biasanya banyak digunakan pengguna Android untuk melacak HP yang hilang. Di dalam layanan ini ada fitur yang namanya ERASE yang memungkinkan kita menghapus semua data yang tersimpan di ponsel kita dari jarak jauh.

  1. Pastikan Oppo F9 terhubung dengan Akun Google dan internet.
  2. Buka Browser PC atau gunakan HP teman untuk browsing.
  3. Masuk ke halaman ini <https://google.com/android/find>.
  4. Login dengan menggunakan akun Google.
  5. Pilih HP Oppo F9.
  6. Pilih menu <Hapus Data>.
  7. Anda akan diminta memasukan password Google lagi.
  8. Setelah itu tap tombol <Hapus>.

Reset Untuk Membersihkan Penyimpanan

Jika hanya ingin membersihkan file dan data yang ada di penyimpanan internal, Anda bisa menggunakan cara reset ini. Siapa tahu Anda suatu saat ingin menjual Oppo F9 ini ke teman dan tidak ingin informasi data dan file bisa dilihat oleh teman kita.

Selain itu juga, ini akan membersihkan file cache, sampah dan lainya sehingga memory penyimpanan akan lega kembali seperti saat baru membeli HP ini.

  1. Pilih opsi <Pengaturan Tambahan>.
  2. Tap menu <Buat Cadangan dan Reset>.
  3. Tap opsi <Cadangan & Pulihkan>.
  4. Klik <Buat Cadangan Baru>.
  5. Tap menu <Reset data pabrik>.
  6. Tap <Hapus Data Apli & Apli Laik Hapus>.
  7. HP Oppo F9 akan restart.
  8. Beberapa menit kemudian proses reset selesai.

Reset Mengatasi Bootloop / Hang Di Logo

Kalau Oppo F9 Anda hang di logo Oppo alias bootloop, cara ini merupakan solusi pertama yang harus dilakukan sebelum dibawa ke tempat service.

  1. Pastikan Hp Oppo F9 Anda dalam kondisi Mati (Power Off).
  2. Setelah itu pencet tombol <Volume Bawah> dan <Power> bersamaan.
  3. Tahan beberapa detik kemudian lepaskan.
  4. Selanjutnya pilih <English>.
  5. Tap menu <Wipe Data>.
  6. Tap opsi <Wipe data (Keep SMS, Contacts and Photos)>.
  7. Konfirmasi dengan tap tombol <OK>.
  8. Jika telah muncul <Wiped Successfully>.
  9. Tap tombol <OK>.
  10. Setelah itu pilih <Reboot>.
  11. HP Oppo F9 akan restart selama beberapa menit.

Kesimpulan

Tentunya sekarang Oppo F9 milikmu berhasil Anda sembuhkan sendiri. Semoga dengan adanya tutorial ngereset handphone Oppo ini bisa mudah dipahami.

Bagikan tutorial reset ini ke setiap pengguna Oppo agar mereka dapat mengatasi sendiri permasalahannya.

Saya ucapkan terimah kasih telah membaca artikel cara reset Oppo F9 dan terus mengunjungi KasaKisi.com untuk memperoleh lebih banyak tips berguna buat pengguna Oppo.