Cara Unlock Bootloader Redmi 8 dan Redmi 8A

Cara Unlock Bootloader Redmi 8 dan Redmi 8A – Bagi yang belum mengetahui cara Unlock Bootloader kepunyaan Redmi 8 maupun Redmi 8A, disini saya akan memberikan tutorialnya secara lebih mendetail.

Redmi 8 dan Redmi 8A memiliki sedikit perbedaaan terutama dalam hal RAM, dimana Redmi 8A hanya memiliki RAM maksimal 3 GB dan memori internal hingga 32 GB, Redmi 8 memiliki konfigurasi yang lebih baik, dengan RAM maksimal 4 GB dan memori internal hingga 64 GB.

Selain itu hal yang membedakan kedua smartphone ini terletak pada kameranya, kalau Redmi 8 memiliki konfigurasi kamera ganda sedangkan Redmi 8A hanya dibekali dengan kamera tunggal. Perbedaan lainya terletak pada sensor finggerprint yang tersemat pada bagian bawah kamera Redmi 8, yang mana sensor ini tidak hadir di Redmi 8A.

Salah satu hal kedua smartphone ini memiliki kesamaan dalam hal Unlock Bootloader atau UBL, dimana caranya sama persis tidak ada yang berbeda sama sekali.

Tapi untuk kalian yang belum mengetahui cara Unlock Bootloader bisa mengikuti cara yang saya hadirkan dibawah ini, asalkan kamu memiliki perangkat PC atau Laptop dengan OS Windows.

Cara Unlock Bootloader Redmi 8 dan Redmi 8A

  1. Pertama kalian harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Untuk caranya Ketuk Tentang Ponsel dan temukan ‘Versi MIUI‘. Kalian ketuk pada opsi ini sebanyak 7 kali, yang akan membuka kunci Pengaturan Pengembang dan kalau sukses akan terlihat pesan yang mengatakan ‘Anda sekarang adalah pengembang!‘.
  2. Kamu kembali lagi ke menu utama Pengaturan, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu klik tulisan Opsi Pengembang yang ada pada bagian bawah.
  3. Di sini kita akan menemukan opsi, ‘USB Debugging‘ dan ‘OEM unlocking‘. Ketuk untuk mengaktifkannya, setelah itu akan muncul peringatan tentang potensi bahaya unlocking bootloader. Pilih Aktifkan.
  4. Masih dalam menu yang sama, pergi ke ‘Mi Unlock Status‘ dan ketuk di atasnya. kamu akan dimintai izin untuk melihat ID perangkat, nomor IMEI, dll. Dalam dialog pop-up. Ketuk Setuju di atasnya.
  5. Kamu tidak akan dapat meneruskan tanpa kartu SIM di perangkat Redmi 8, jadi pastikan kartu SIM sudah terpasang. Kemudian ketuk ‘Tambah akun dan perangkat‘ dan masuk dengan akun MI kamu. Apabila belum memiliki Akun Mi, kamu dapat mendaftar melalui menu Akun.
  6. Setelah mengikuti semua langkah di atas, kitakan melangkah ke tutorial berikuntya. Sekarang hidupkan PC/Laptop. Kemudian Unduh Mi Unlock Tool menggunakan tautan ini dan setelah itu ekstrak file ZIP.
  7. Setelah file Mi Unlock di extract, buka miflash_unlock.exe. Kemudian masuk dengan akun MI yang sudah terhubung dengan Redmi 8 kamu.
  8. Sekarang matikan smartphone Xiaomi Redmi 8 kamu dan masuk ke mode fastboot, caranya tekan dan tahan tombol Volume bawah + Power. Jika sudah masuk ke mode fastboot ditandai dengan logo ini, maka segera lepaskan tombol tadi dan hubungkan Xiaomi Redmi 8 ke PC.
  9. Langkah berikutnya, Mi Unlock Tool akan menampilkan perangkat yang terhubung. Setelah itu, klik Aktifkan dan kalian akan diperingatkan dua kali tentang potensi bahaya membuka kunci bootloader seperti perlindungan yang lebih rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap malware. Klik ‘Buka kunci‘.
  10. Silahkan duduk manis saat tool ini mencoba membuka kunci bootloader Redmi 8 kamu. Apabila mencobanya untuk pertama kalinya, kemungkinan akan melihat kesalahan yang meminta kamu untuk mencoba lagi setelah 720 jam (30 hari). Apabila beruntung, bootloader Redmi 8 kamu akan langsung sukses terbuka kunci bootloadernya.
  11. Apabila memang mengalami kegagalan, silahkan mencoba lagi setelah periode 720 jam berakhir, untuk waktu menunggu proses UBL lagi ada juga yang cuma 320 jam (15 hari) biasanya setelah proses kedua kali ini langsung berhasil.
  12. Untuk memeriksa status bootloader, dapat dilihat dengan membuka SetelanSetelan tambahanOpsi pengembang – Mi Unlock Status dan kamu akan melihat pesan yang mengatakan bootloader tidak terkunci alias unlocked.

Tapi terkadang hanya muncul notifikasi seperti “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” itu berarti kamu baru bisa melakukan UBL lagi setelah 3 hari, kalau di suruh tunggu 360 jam bearti 15 hari untuk bisa melakukan UBL lagi.

Tips Bagi Yang Tidak Terdetek Di PC

Bagi yang mengalami problem tidak bisa ke detek oleh PC, coba pindah port USB yang lain dan pastikan Kabel USB berkualitas baik. Kalau tidak juga berhasil coba install driver secara manual. Untuk caranya lihat postingan Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Tersambung Ke PC / Laptop.