6 Cara Membuat Baterai Smartphone Android Tahan Lama

Tips Hemat Baterai – Smartphone saat ini bisa dibilang sudah hampir menjadi kebutuhan pokok, berbagai aktifitas kita saat ini selalu terhubungkan dengan Smartphone entah itu dijadikan media komunikasi, sosia media, bermain game, mengerjakan berbagai tugas dan lain sebagainya.

Daya tahan baterai juga harus diperhitungkan merupakan salah satu permasalahan yang sering sekali ditemui. Penggunaan Smartphone dengan aktifitas tinggi tentunya akan menguras baterainya. baterai yang cepat habis akan menghambat aktifitas kita sehari-hari. Untuk itu kita membutuhkan cara menghemat baterai smartphone agar membuat HP kita bisa bertahan lebih lama.

Nah, agar Smartphone kalian tetap awet dan tahan lama sebaiknya ikuti langkah berikut jika ini agar lebih hemat.

Gunakan Wallpaper Gelap

Belum banyak yang mengetahui kalau menggunakan wallpaper gelap tentunya bisa mengirit baterai smartphone lho. Jadi cara menghemat baterai yang perlu kamu lakukan yaitu jangan gunakan wallpaper dengan cahaya yang cerah dan kontras, apalagi dengan menggunakan wallpaper bergerak atau Live Wallpaper.

Meskipun wallpaper yang memiliki cahaya terang dan animasi akan membuat smartpohne kamu terlihat lebih bagus dan cantik, justru hal ini menyebabkan daya tahannya akan cepat habis.

Matikan Wi-Fi, GPS dan Bluetooth

Tahukah kalian kalau fitur Wi-Fi, GPS dan Bluetooth ini memerlukan daya yang cukup besar. Sebaiknya jika kamu sudah selesai menggunakan fitur tersebut, pastikan kamu sudah mematikan dan non-aktifkan kembali agar baterai bertahan lebih lama. Terkadang kita lupa, seringkali kita tidak langsung mematikan ketiga fitur tersebut jika habis menggunakannya. Sebaiknya kalian selalu cek terlebih dahulu, apakah sudah dimatikan atau belum?

Kumpulkan Apps Dalam Satu Folder

Tahukah kamu? Jika menggumpulkan aplikasi yang ada di smartphone kamu dalam satu folder, ternyata bisa menghemat daya tahan si baterai lho. Nyatanya, semakin sedikit apps yang berada di home screen kamu, maka akan semakin awet dan bertahan lebih lama.

Matikan Fitur Getar (Vibrate)

Fitur Vibrate atau Getar memang bisa membantu kita apabila HP sedang dalam keadaan silent mode kalau ada telpon maupun SMS yang masuk kedalam smartphone kita. Salah satu cara menghemat baterai yang ampuh adalah dengan menonaktifkan fitur getar selama berada di luar rumah. Agar lebih hemat, kamu bisa mengaktifkan fitur ringer pada smartphone kamu.

Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu

Pastikan kalian sudah menutup semua aplikasi yang sudah tidak gunakan lagi. Tombol back yang ada di HP kalian tentunya tidak akan berjalan secara otomatis untuk menutup aplikasi yang sudah kamu buka. Beberapa aplikasi yang berada di smartphone kamu justru akan terus berjalan dan membuat daya tahan baterai cepat habis dan tidak bertahan lebih lama.

Jangan Terlalu Sering Streaming

Cara menghemat baterai selanjutnya yaitu dengan mengurangi kegiatan “streaming” yang sering kamu lakukan. Meskipun menonton film maupun mendengar lagu sudah semakin mudah dengan layanan streaming, justru hal ini bisa membuat baterai cepat habis.

Aapbila tips dari saya ini kurang manjur menurut kamu, solusi lain, cari smartphone telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas minimal 3200 mAh yang akan mampu bertahan lebih lama dan tentunya kamu sudah tidak perlu khawatir lagi kehabisan baterai.

Tinggalkan komentar