5 Tips Mengatasi Tidak Bisa Panggilan Suara dan Video Whatsapp

Posted on

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pengiriman pesan gratis yang menggunakan koneksi internet 4G / 3G / 2G / EDGE atau Wi-Fi untuk memungkinkan Anda mengirim pesan dan menelepon dari teman, kerabat, pacar, selingkuhan dan keluarga.

Tidak diragukan lagi bahwa WhatsApp saat ini adalah aplikasi pesan instan paling populer di dunia. Dibandingkan dengan setiap aplikasi pesan instan lainnya, WhatsApp memberikan lebih banyak fitur dan opsi penyesuaian kepada pengguna.

WhatsApp menyediakan fitur yang paling ditunggu-tunggu penggunanya yakni panggilan Video dan panggilan suara. Fitur ini tersedia untuk semua pengguna (Android, iPhone & Windows). Jadi, setiap pengguna WhatsApp dapat melakukan Panggilan Video dan Audio Grup atau Konferensi.

Panduan Terkait

Saat ini,ada beberapa orang yang mengeluh tentang tidak dapat membuat panggilan WhatsApp Video atau suara. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips yang bermanfaat.

Cara Mengatasi Panggilan Video dan Suara Tidak Berkerja Di Whatsapp

Langkah 1. Saat mengalami masalah dengan panggilan WhatsApp, coba sambungkan ke jaringan yang berbeda seperti koneksi Wi-Fi. Jaringan Anda saat ini mungkin tidak dikonfigurasi dengan benar untuk UDP (User Datagram Protocol) yang dapat mencegah telepon WA tidak berfungsi dengan baik.


Langkah 2. Jika Anda tidak dapat membuat atau menerima panggilan WhatsApp setelah terhubung ke koneksi Wi-Fi Anda, pastikan pengaturan keamanan router dan konfigurasi firewall tidak memblokir jenis koneksi tertentu agar WhatsApp Video Call berfungsi dengan baik.

Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan mengenai pengaturan UDP atau Firewall, silakan hubungi penyedia layanan atau administrator jaringan Anda sebagai informasi tambahan.


Langkah 3. Penghemat baterai, penghemat data, dan koneksi Bluetooth Anda juga dapat menyebabkan masalah dengan panggilan WhatsApp. Jika penghemat baterai, penghemat data, dan Bluetooth Anda terhubung, silakan coba nonaktifkan terlebih dahulu.


Langkah 4. Selain itu, silakan restart HP Anda dan pastikan tidak ada aplikasi lain yang menggunakan mikrofon, atau kamera Anda.


Langkah 5. Pastikan Anda memiliki paket akses data dengan kuota yang cukup

Perlu Anda ketahui, WhatsApp tidak tersedia di beberapa negara karena peraturan dari pemerintah setempat. Jika Anda berada di salah satu negara ini seperti Cina, Uni Emirat Arab (UEA), Iran, Suriah, Korea Utara dan Kuba. Anda tidak akan dapat membuat atau menerima panggilan.