Cara Untuk Meningkatkan Keamanan HP Android

Posted on

Saat ini kamu mungkin tidak menyadarinya, perlu diketahui tanpa keamanan yang tepat, seseorang dapat mengakses informasi pribadi pada handphone kamu, nomor kartu kredit, foto pribadi, dan informasi lokasi Anda.

Saat ini banyak ponsel dilaporkan telah terjangkit virus dan malware yang terinstall secara diam-diam di HP Android. Beberapa aplikasi yang rentan terinfeksi malware itu antara lain Opera Mini, WhatsApp, Truecaller, dan belasan lainnya.

Dengan begitu kemungkinan besar atau pun risiko terjadinya pencurian data hingga terinfeksi malware yang bakal merusak sistem pada HP milikmu.

Untuk menggunakan fitur keamanan baru pelindung akun itu, Google meminta pengguna menambahkan verifikasi baru melalui tombol fisik pada smartphone, seperti tombol volume misalnya atau yang lain.

Panduan Terkait

Untuk itu kamu harus selalu meningkatkan keamanan HP kamu, Disini saya share beberapa tips yang akan membantu kamu agar HP Android milikmu selalu terjaga keamanannya.

Mengunci Layar Dengan Pola / Sandi

Pastikan untuk mengatur kata sandi atua pola layar kunci pada di HP kamu. Memang seh mungkin terasa ribet, tetapi langkah sederhana ini dapat membantu menjauhkan keamanan data, foto, video dan lainya, terutama dalam kasus kehilangan atau pencurian.

Membuat Sandi Yang Rumit

Kalau handphone kamu dicuri atau hilang dan ditemukan orang lain, Tentunya kamu tidak ingin pencuri tersebut bisa mengakses informasi pribadi kamu dan orang yang kita cintai.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, luangkan waktu sejenak untuk membuat kata sandi yang rumit dan susah ditebak. Isi kekosongan antara kata-kata dengan huruf dan simbol acak. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap jaringan, dan pelacakan kata sandi secara offline.

Mengamankan Jaringan WiFi dan Bluetooth

Nonaktifkan opsi terhubung secara otomatis dengan jaringan WiFi dan Bluetooth yang tersedia. Dengan cara ini, ponsel milikmu tidak akan mengirim data ke tempat lain tanpa sepengetahuan kamu.

Selalu Berhati-hati Dengan Penipuan Online

Kemungkinannya suatu hari kamu akan menerima email yang mengatakan bahwa rekening bank perlu perhatian, atau bahwa Anda perlu memeriksa paket yang tidak terkirim.

Biasanya mereka akan meminta informasi akun, dan bahkan nomor kartu kredit, untuk melakukan memverifikasi.

Sebelum mengirim informasi pribadi apa pun, perhatikan baik-baik. Arahkan kursor ke link tersebut untuk melihat apakah itu memang dari bank, atau penipu. Pastikan itu sah sebelum mengirim apa pun.

Menginstall Anti Virus

Aplikasi Anti Virus adalah cara terbaik untuk menjaga informasi Anda aman dan terjamin, di mana pun Anda berada atau apa pun yang Anda lakukan. Dengan aplikasi Anti virus, Anda akan mendapatkan perlindungan total terbaik. Ini adalah solusi terbaik dalam hal keamanan smartphone.

Kesimpulan

Anda dapat menikmati kenyamanan dan portabilitas dari samrtphone kamu, tanpa masalah keamanan, dengan memperhatikan tips-tips diatas. Dengan demikian, informasi pribadi dan nomor kontak maupun kredit card yang berada di dalamnya akan tetap aman dari intipan pihak lain jika handphone kamu tersebut sampai hilang atau dicuri.