Cara Unlock Bootloader Redmi S2 Dengan Mudah

Posted on

Tutorial termudah Unlock Bootloader di HP Xiaomi Redmi S2 – Meskipun smartphone ini memiliki spesifikasi yang cukup baik tapi bagi para pengiat Android belumlah cukup. Karena bagi mereka smartphone ini akan lebih baik lagi kalau menggunakan berbagai custom rom, custom kernel dan aplikasi-aplikasi yang butuh akses root lainya. Langkah pertama yang harus mereka tempuh adalah Unlock Bootloader.

Xiaomi Redmi S2 di motori oleh prosesor Snapdragon 625 yang telah menggunakan teknologi terbaru cutting-edge 14nm. Dengan teknologi ini HP kita akan mampu berikan performa tinggi, tapi dengan konsumsi baterai lebih efisien.

Prosesor kencang dengan delapan buah inti ini mampu menangani pekerjaan multitasking yang banyak atau menjalakan aplikasi yang cukup berat. Redmi S2 ini menggunakan GPU Adreno 506 yang disandingkan dengan RAM 3GB dan memori internal 32 GB serta memori eksternal hingga 256GB.

Redmi S2 di buat untuk para pengguna yang suka selfie, oleh Xiaomi dibenamkan kamera depan beresolusi 16MP yang dipersenjatai dengan lampu LED Selfie 4500K sehingga untuk foto-foto selfie di ruang gelap sekalipun tak akan jadi masalah.

Panduan Terkait

Redmi S2 menggunakan sensor kamera Super Piksel yang dapat menggabungkan 4 pixel menjadi 1 pixel besar. Tujuanya agar bisa mengurangi noise, menangkap cahaya lebih banyak, dan meningkatkan kualitas foto secara keseluruhan. Sehingga kalau digunakan untuk foto selfie di malam hari dengan cahaya yang minim sekalipun hasilnya akan tetap baik.

Smartphone ini juga didukung teknologi berbasis AI untuk mempelajari pola dan pengaturan yang biasa digunakan saat berfoto selfie. Dengan teknologi ini, kamu bisa berfoto lebih mudah di kemudian hari.

Selain fitur yang saya sebutkan di atas, smartphone ini juga dibekali beberapa fitur populer seperti Fingerprint, IR Blaster sehingga bisa digunakan sebagai remote control perangkat elektronik, dan baterai yang cukup besar. Selain itu, slot tray SIM Card-nya bisa menampung dua kartu SIM dan Kartu memory berkapasitas hingga 256GB.

Pengertian Bootloader

Kalau kamu saat ini baru menggunakan Redmi S2 dan belum mengetahui caranya membuka kunci bootloadernya, disini saya akan memberikan tutorialnya sekalian dengan beberapa penjelasan singkat tengtang kegiatan Unlock Bootloader ini.

Sebelum memulai sebaiknya perlu kamu ketahui tentang Bootloader ini. Bootloader adalah sebuah program yang tertanam di Android yang bertugas mengatur proses pertama kali sebuah perangkat Android booting atau di hidupkan. Apabila ada salah satu file yang tidak dikenali, maka bootloader akan mengunci diri sehingga Android kalian tidak bisa digunakan , hanya terhenti di fastboot saja.

Apa itu Unlock Bootloader

Unlock Bootloader adalah suatu proses membuka kunci bootloader. Dalam hal ini para vendor tidak melarang kita untuk melakukan UBL (unlock Bootloader) tapi tentunya ada resikonya, seperti rentan terkena malware. Karena dengan Android yang sudah terbuka bootloadernya otomatis kita ataupun siapapun bisa memasukan sebuah file pada system di perangkat Android kita.

Kenapa Harus Melakukan UBL

Unlock Bootloader atau biasa disingkat bootloader merupakan opsi bersifat pribadi, bagi sebagaian pengguna Android yang suka melakukan modifikasi seperti install custom rom, melakukan root dan memasang TWRP, melakukan Unlock Bootloader adalah wajib hukumnya. Karena tanpa ini kita tidak bisa menginstall TWRP, saat ini rooting di S2 dan semua perangkat Android Nougat keatas tidak bisa di root tanpa menggunakan TWRP.

Proses UBL Redmi S2

  1. Pertama kalian harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Untuk caranya Ketuk Tentang Ponsel dan temukan ‘Versi MIUI‘. Kalian ketuk pada opsi ini sebanyak 7 kali, yang akan membuka kunci Pengaturan Pengembang dan kalau sukses akan terlihat pesan yang mengatakan ‘Anda sekarang adalah pengembang!
  2. Kamu kembali lagi ke menu utama Pengaturan, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu klik tulisan Opsi Pengembang.
  3. Di sini kita akan menemukan opsi, ‘OEM unlocking‘. Ketuk untuk mengaktifkannya, setelah itu akan muncul peringatan tentang potensi bahaya unlocking bootloader. Pilih Aktifkan.
  4. Masih dalam menu yang sama, pergi ke ‘Mi Unlock Status‘ dan ketuk di atasnya. Anda akan dimintai izin untuk melihat ID perangkat, nomor IMEI, dll. Dalam dialog pop-up. Ketuk Setuju di atasnya.
  5. Kamu tidak akan dapat meneruskan tanpa kartu SIM di perangkat Redmi S2, jadi pastikan kartu SIM sudah terpasang. Kemudian ketuk ‘Tambah akun dan perangkat‘ dan masuk dengan akun MI Anda. Apabila belum memiliki Akun Mi, Anda dapat mendaftar melalui menu Akun.
  6. Setelah mengikuti semua langkah di atas, kitakan melangkah ke tutorial berikuntya. Sekarang hidupkan PC/Laptop. Kemudian Unduh Mi Unlock Tool menggunakan tautan ini dan setelah itu ekstrak file ZIP.
  7. Setelah file Mi Unlock di extract, buka miflash_unlock.exe. Kemudian masuk dengan akun MI yang sudah terhubung dengan Redmi S2 kamu.
  8. Sekarang matikan smartphone Xiaomi Redmi S2 kamu dan masuk ke mode fastboot, caranya tekan dan tahan tombol Volume bawah + Power. Jika sudah masuk ke mode fastboot ditandai dengan logo ini, maka segera lepaskan tombol tadi dan hubungkan Xiaomi Redmi S2 ke PC.
  9. Langkah berikutnya, Mi Unlock Tool akan menampilkan perangkat yang terhubung. Setelah itu, klik Aktifkan dan kalian akan diperingatkan dua kali tentang potensi bahaya membuka kunci bootloader seperti perlindungan yang lebih rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap malware. Klik ‘Buka kunci‘.
  10. Silahkan duduk manis saat tool ini mencoba membuka kunci bootloader Redmi S2 kamu. Apabila mencobanya untuk pertama kalinya, kemungkinan akan melihat kesalahan yang meminta kamu untuk mencoba lagi setelah 720 jam (30 hari). Apabila beruntung, bootloader Redmi S2 kamu akan langsung sukses terbuka kunci bootloadernya.
  11. Apabila memang mengalami kegagalan, silahkan mencoba lagi setelah periode 720 jam berakhir, untuk waktu menunggu proses UBL lagi ada juga yang cuma 320 jam (15 hari) biasanya setelah proses kedua kali ini langsung berhasil.
  12. Untuk memeriksa status bootloader, dapat dilihat dengan membuka SetelanSetelan tambahanOpsi pengembang – Mi Unlock Status dan Anda akan melihat pesan yang mengatakan bootloader tidak terkunci alias unlocked.

Cara Cek Status Bootloader

Apabila kamu penasaran ingin mengetahui status bootloader Redmi S2 apakah sudah terbuka atau belum. Kamu bisa mengetahui dengan beberapa cara seperti yang saya tulis di bawah ini.

1. Jika pada saat booting, ada ikon gembok terbuka dengan tulisan Unlocked itu artinya Xiaomi kamu telah unlock bootloader secara resmi (Official).

2. Cara lain untuk mengetahuinya dengan masuk ke Setting » Additional settings » Developer options, Pilih Mi Unlock Status. Jika tampilannya gambar gembok terkunci, artinya bootloader Xiaomi kamu masih terkunci (locked bootloader), dan sebaliknya.

Jika kamu sudah membuka bootloader dari Redmi S2 ini, dapat dipastikan bahwa sekarang kamu dapat melakukan proses root Redmi S2 atau juga flash Redmi 2. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian.