Cara Unlock Bootloader Redmi Note 4X “Mido” Tanpa SMS

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 4X – Untuk mendapatkan akses root dan pasang TWRP di Redmi Note 4X, kamu terlebih dahulu membuka kunci bootloadernya atau biasa dengan istilah UBL. Saat ini belum ada yang bisa melakukan itu tanpa Unlock Bootloader terlebih dahulu. Disini saya akan memberikan tutorial cara ubl Redmi Note 4X tanpa sms.

Redmi Note 4X adalah salah satu HP dari Xiaomi yang sudah dibekali dengan layar berukuran 5.5 inchi dan memiliki FHD resolusi 1080 x 1920 pixel. Redmi Note 4X memiliki kinerja yang cukup bagus karena sudah didukung dengan prosessor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dan juga dibekali dengan RAM berukuran 4 GB dan serta GPU Adreno 506.

Untuk kameranya sudah memiliki resolusi 13MP (f/2.0, 1.12 µm) dengan autofocus dan dual-LED dual-tone flash. Kamera utama dapat menghasilkan video dengan kualitas 1080p pada frame rate 30 fps dan 720p pada frame rate 120fps. Sementara pada bagian depan terdapat kamera depan beresolusi 5MP (f/2.0) dan dapat menghasilkan video dengan kualitas 1080p.

Xiaomi membekali HP ini dengan koneksi jaringan 2G, 3G dan 4G LTE. Smartphone ini memiliki 2 SIM slot yang dual on. Namun jika Anda menambah microSD maka Anda harus merelakan SIM slot 2 karena slot microSD pada Xiaomi Redmi Note 4X berjenis hybrid.

Fitur lain yang dimiliki Redmi Note 4X adalah WiFi, Bluetooth dan port microUSB 2.0 yang sudah support USB On The Go (OTG).

Pengertian Bootloader

Sebelum memulai sebaiknya perlu kamu ketahui tentang Bootloader ini. Bootloader adalah sebuah program yang tertanam di Android yang bertugas mengatur proses pertama kali sebuah perangkat Android booting atau di hidupkan. Apabila ada salah satu file yang tidak dikenali, maka bootloader akan mengunci diri sehingga Android kalian tidak bisa digunakan, hanya terhenti di fastboot saja.

Apa itu Unlock Bootloader

Unlock Bootloader adalah suatu proses membuka kunci bootloader. Dalam hal ini para vendor tidak melarang kita untuk melakukan UBL (unlock Bootloader) tapi tentunya ada resikonya, seperti rentan terkena malware. Karena dengan Android yang sudah terbuka bootloadernya otomatis kita ataupun siapapun bisa memasukan sebuah file pada system di perangkat Android kita.

Kenapa Harus Melakukan UBL

Unlock Bootloader atau biasa disingkat bootloader merupakan opsi bersifat pribadi, bagi sebagaian pengguna Android yang suka melakukan modifikasi seperti install custom rom, melakukan root dan memasang TWRP, melakukan Unlock Bootloader adalah wajib hukumnya. Karena tanpa ini kita tidak bisa menginstall TWRP, saat ini rooting di Redmi Note 4X dan semua perangkat Android Nougat keatas tidak bisa di root tanpa menggunakan TWRP.

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 4X

Langkah 1. Pertama kalian harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Untuk caranya Ketuk Tentang Ponsel dan temukan ‘Versi MIUI‘. Kalian ketuk pada opsi ini sebanyak 7 kali, yang akan membuka kunci Pengaturan Pengembang dan kalau sukses akan terlihat pesan yang mengatakan ‘Anda sekarang adalah pengembang!

Langkah 3. Sekarang kembali lagi ke menu utama Pengaturan, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu klik tulisan Opsi Pengembang.

Langkah 4. Di sini kita akan menemukan opsi, ‘OEM unlocking‘. Ketuk untuk mengaktifkannya, setelah itu akan muncul peringatan tentang potensi bahaya unlocking bootloader. Pilih Aktifkan.

Langkah 5. Masih dalam menu yang sama, pergi ke ‘Mi Unlock Status‘ dan ketuk di atasnya. Anda akan dimintai izin untuk melihat ID perangkat, nomor IMEI, dll. Dalam dialog pop-up. Ketuk Setuju di atasnya.

Langkah 6. Kamu tidak akan dapat meneruskan tanpa kartu SIM di perangkat Redmi Note 4X, jadi pastikan kartu SIM sudah terpasang. Kemudian ketuk ‘Tambah akun dan perangkat‘ dan masuk dengan akun MI Anda. Apabila belum memiliki Akun Mi, Anda dapat mendaftar melalui menu Akun.

Langkah 7. Sekarang setelah mengikuti semua langkah di atas, kitakan melangkah ke tutorial berikuntya. Sekarang gunakan PC/Laptop. Kemudian Unduh Mi Unlock Tool menggunakan tautan ini dan setelah itu ekstrak file ZIP.

Langkah 8. Setelah file Mi Unlock di extract, buka miflash_unlock.exe. Kemudian masuk dengan akun MI yang sudah terhubung dengan Redmi Note 4X kamu.

Langkah 9. Sekarang hubungkan Redmi Note 4X kamu melalui kabel USB dan masuk ke dalam mode Fastboot. Untuk boot dalam mode Fastboot, matikan HP dan tahan tombol Volume Turun. Saat terus memegang tombol ini, tekan tombol Power dan jangan lepaskan tombol volume turun sampai terlihat tulisan Fastboot dalam teks hijau yang ditampilkan di layar.

Langkah 10. Langkah berikutnya, Mi Unlock Tool akan menampilkan perangkat yang terhubung. Setelah itu, klik Aktifkan dan kalian akan diperingatkan dua kali tentang potensi bahaya membuka kunci bootloader seperti perlindungan yang lebih rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap malware. Klik ‘Buka kunci‘.

Langkah 11. Sekarang, silahkan duduk manis saat tool ini mencoba membuka kunci bootloader Redmi Note 4X kamu. Apabila mencobanya untuk pertama kalinya, kemungkinan akan melihat kesalahan yang meminta kamu untuk mencoba lagi setelah 720 jam (30 hari). Apabila beruntung, bootloader Redmi Note 4X kamu akan langsung sukses terbuka kunci bootloadernya.

Langkah 12. Apabila memang mengalami kegagalan, silahkan mencoba lagi setelah periode 720 jam berakhir, untuk waktu menunggu proses UBL lagi ada juga yang cuma 320 jam (15 hari) biasanya setelah proses kedua kali ini langsung berhasil.

Langkah 13. Untuk memeriksa status bootloader, dapat dilihat dengan membuka SetelanSetelan tambahanOpsi pengembang – Mi Unlock Status dan Anda akan melihat pesan yang mengatakan bootloader tidak terkunci alias unlocked.

Sekarang Redmi Note 4X atau biasa dikenal Mido sudah sukses di UBL, kamu sudah bisa langsung memasang TWRP.

Demikianlah proses unlock bootloader Redmi Note 4X dimana di tutorial ini tidak perlu request dan menunggu SMS jawaban dari Xiaomi. Saya harap kamu langsung berhasil tanpa menunggu lagi. Apabila ada pertanyaan slahkan tinggalkan komentarnya.

Leave a Comment