Cara Pasang TWRP Xiaomi Redmi Note 3 MTK (hennessy) Menggunakan ADB Fastboot

Posted on

Redmi Note 3 dihadirkan Xiaomi dengan 2 versi yakni versi MTK (Mediatek) dan versi Snapdragon (Qualcomm), apabila saat ini kamu menggunakan Redmi Note 3 MTK yang menggunakan codename Hennessy, disini akan kamu dapatkan secara detail mengenai cara memasang TWRP di Xiaomi Redmi Note 3 MTK (hennessy).

Performa dari Xiomi Redmi Note 3 juga akan sangat bagus dengan adanya sokongan prosessor berkualitas tinggi pada handphone ini. Chipset yang ada didalam ponsel ini bertipe MT6795 Helio X10 buatan dari Mediatek.

Sedangkan CPU yang diandalkan mempunyai tipe Cortex-A53 dengan teknologi Octa-core 2.0 GHz. Kinerja dari prosessor Xiaomi Redmi Note 3 tersebut juga samakin terbantu dengan adanya RAM berukuran 2GB maupun 3GB pada ponsel pintar ini.

Panduan Terkait

Ukuran layar Xiaomi Redmi Note 3 juga sangat lebar dengan luas 5.5 inchi serta resolusi tinggi Full HD 1080 x 1920 pixels. Begitu juga dengan kapasitas baterai Xiaomi Redmi Note 3 ini, hadir dengan baterai berukuran 4000mAh menjadikannya dapat bertahan hidup lebih lama.

Banyak cara untuk meningkatkan performa dari sebuah smartphone dan salah satunya adalah dengan menggunakan Custom ROM. Redmi Note 3 ini memiliki banyak ROM baik itu yang menggunakan base MIUI, AOSP, Cyanogen, LineageOS yang bisa dipasang di ponsel ini.

Untuk memasang Custom ROM kita membutuhkan custom recovery yang bernama TWRP, nah untuk kalian yang belum tahu caranya pasang TWRP bisa mengikuti panduan lengkap yang saya berikan dibawah ini.

Apa itu TWRP?

TWRP (Team Win Recovery Project) adalah sebuah recovery yang telah di modifikasi oleh pengembangnya agar bisa digunakan untuk menginstall berbagai file flashable zip seperti custom rom, magisk dan lain sebagainya.

Selain itu TWRP memiliki fitur lain seperti Backup dan Restore, akses MTP, File Manager dan masih banyak lagi. Berbeda dengan stock recovery kepunyaan Xiaomi yang hanya bisa digunakan untukHard Reset dan install file OTA.

Apa Saja Syarat Pasang TWRP di Redmi Note 3 MTK

  1. Kamu sudah sudah sukses unlock bootloadernya terlebih dahulu. Lihat disini Langkah-langkah UBL Redmi Note 3
  2. Memasang TWRP via Fastboot membutuhkan komputer atau laptop
  3. Isi daya terlebih dahulu minimal 70%

Download TWRP Redmi Note 3 MTK

  1. TWRP Redmi Note 3 MTK (hennessy)
  2. Install Minimal ADB Fastboot di PC atau Laptop kalian.
  3. 15 seconds ADB Installer v1.4.3 Install ADB, Fastboot and Drivers

Cara Pasang TWRP Xiaomi Redmi Note 3 MTK

  1. Ganti nama file twrp-3.2.3-1-mido.img menjadi recovery.img
  2. Pindahkan file recovery.img ke folder Minimal ADB Fastboot.
  3. Buka folder Minimal ADB Fastboot yang ada di C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot\, kalau kalian menggunakan Windows 32-bit lokasinya ada di C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot\.
  4. Masuk ke Fastboot mode dengan cara matikan Redmi Note 3 MTK kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power.
  5. Sekarang hubungkan Xiaomi kamu ke PC dengan Kabel USB.
  6. Klik file py_cmd.exe, sekarang window command prompt telah terbuka. kalian ketik perintah seperti di bawah ini.
  7. fastboot flash recovery recovery.img

  8. Klik ENTER
  9. Lanjutkan dengan mengetik perintah di bawah ini :
  10. fastboot boot recovery.img

  11. Dan tap ENTER
  12. Dalam beberapa saat TWRP Official Redmi Note 3 MTK sudah terpasang di Hennessy kamu
  13. Reboot System

Demikianlah cara memasang TWRP pada Xiaomi Redmi Note 3 MTK yang dapat saya bagikan. Kamu sudah bisa me-root Redmi Note 3 MTK ini via Magisk.

Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses instalasi, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.