Cara Root Xiaomi Redmi Note 4 (Snapdragon) via Magisk & SuperSU

Posted on

Buat kamu yang sedang mencari cara Root Xiaomi Redmi Note 4 versi chipset Snapdragon tanpa PC, silahkan simak tutorial lengkapnya dibawah ini ya. Disini kita akan root Redmi Note 4 ini dengan menggunakan Magisk dan SuperSU.

Seperti kita ketahui Xiaomi pada tahun 2017 telah merilis smartphone terbaru mereka bernama Redmi Note 4. Tepatnya awal bulan febuari, Smartphone yang dibekali dengan spesifikasi terbaik pada prosesor serta desain yang menawan.

Redmi Note 4 versi Snapdragon ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan versi Mediatek. Redmi Note 4 yang diluncurkan pertama kali mengusung chipset Mediatek MT6797 Helio X20 berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 4 Snapdragon yang dalam hal ini telah menggunakan Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625. RAM berkapasitas 2GB, 3GB serta 4GB menjadi ruang pengelolaan data aplikasi yang terinstal pada smartphone.

Panduan Terkait

Demikian juga pada kamera yang masih sama dengan kakaknya dimana memakai kamera ukuran lensa beresolusi 13MP pada kamera belakang serta 5MP yang tersemat pada kamera depanya.

Baterai yang digunakan juga sama dengan Xiaomi Redmi Note 4 terdahulu andalkan daya baterai berkapasitas 4100 mAh. Baterai tipe non-removeable atau baterai tanam yang menyatu dengan desain bodi.

Untuk lebih jelas mengenai tutorial ini silahkan membaca cara root Xiaomi Redmi Note 4 Snapdragon yang telah kami rangkum pada artikel di bawah ini!

Pengertian Root Android

Fungsi dari root android adalah memberi hak akses penuh ke dalam sistem operasi di Xiaomi Redmi Note 4 Snapdragon kalian. dengan melakukan root kita dapat mengubah, menambah, mengurangi file file data yang terletak di dalam sistem android yang pada defaultnya file file tersebut tidak dapat di akses atau masih dalam privasi. Jika di dalam sistem operasi windows, root diistilahkan sebagai administrator yang diberi keleluasaan penuh pada sistem windows.

Kelebihan Root

  • Meningkatkan Performa Game – Dengan root bisa kamu lakukan untuk mendapatkan performa gaming yang lebih baik yang hanya bisa didapatkan dengan nge-root Android kamu. Misalkan dengan nge-tweak game yang ingin kamu mainkan dengan aplikasi yang bernama GLTools.
  • Memindahkan Data ke Storage Eksternal – Meski sebagian besar perangkat Android punya slot Micro SD, ada banyak game yang tidak bisa diinstal sepenuhnya di sana. Hasilnya, internal storage kamu cepat penuh dan tidak dapat diinstal game lagi. Dengan akses root, smartphone kamu bisa memindahkan banyak data game ke storage eksternal.
  • Membuang Aplikasi Ga Penting – Hampir semua pabrikan smartphone Android menjejalkan banyak aplikasi bawaan yang mungkin tidak akan pernah kamu gunakan. Kamu hanya bisa membuang aplikasi bawaan tersebut jika kamu memiliki akses root.
  • Membuka Fitur Tersembunyi – Dengan akses root, kamu bisa membuka banyak fitur dan akses yang sebelumnya tidak diijinkan. Ada banyak sekali sebenarnya fitur yang terbuka namun memang tidak semuanya berguna untuk kalian.

Kekurangan Root

  • Garansi hilang – Sebagian besar produsen Android tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan root Android. Salah satu konsekuensi dari root Android yang dilakukan adalah hilangnya garansi resmi, walaupun masa garansinya belum habis.
  • Dapat menyebabkan Kerusakan Sistem – kesalahan atau kegagalan saat melakukan root Android, HP Android kamu bisa saja mengalami bootloop, nggak bisa masuk ke sistem.
  • Celah Keamanan Semakin Lebar – Dengan melakukan rooting Android, akses ke dalam file sistem menjadi lebih terbuka. Sehingga Android yang sudah di-root akan lebih rentan terhadap serangan malware.

Metode 1: Root Xiaomi Redmi Note 4 Snapdragon Dengan Magisk

Magisk merupakan root tool yang dikembangkan oleh Topjohnwu yang memiliki fungsi gabungan antara SuperSU dan Xposed Framework. Magisk ini akan dikelola menggunakan aplikasi Magisk Manager yang merupakan sebuah aplikasi pendukung menjalankan Magisk.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note 4 Snapdragon kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Redmi Note 4 Snapdragon Dengan SuperSU

SuperSU dikembangkan oleh Chainfire, yang mana root tool ini sudah ada sejak Android Gingerbread di rilis dan sampai saat ini SuperSU masih bisa digunakan di versi Android Nougat seperti pada Redmi Note 4 vesri chipset Snapdragon atau Mido.

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note 4 Snapdragon kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Penutup

Sekarang, kamu sudah tahu mengenai cara root Redmi Note 4 (Mido). Semoga dengan adanya tutorial ini bisa membantu kamu untuk dapat membuka akses root di smartphone ini.

Share 2 metode cara root ini ke teman-teman sesama pengguna Redmi Note 4 agar mereka lebih bisa memaksimalkan Hp mereka dengan mudah seperti menghapus bloatware, memindahkan data game atau aplikasi ke Memory Card, meningkatkan performanya dalam menjalankan game berat dan lain sebagainya.

Demikianlah cara root Xiaomi Redmi Note 4 Snapdragon yang dapat saya bagikan. Kalau kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.