2 Cara Root Redmi Note 2 / Prime (HERMES) MIUI 7/ MIUI 8/ MIUI 9

Posted on

Kali ini saya akan coba membahas tutorial cara root Xiaomi Redmi Note 2 dan Note 2 Prime tanpa ribet dan 100% berhasil. Seperti yang kalian ketahui, beberapa smartphone keluaran terbaru dari XIAOMI saat ini memang lebih diperketat dalam masalah keamanan.

Redmi Note 2 dan Note 2 Prime ini dirilis bebarengan dengan peluncuran MIUI 7 yang merupakan sistem operasi besutan Xiaomi yang mengadopsi OS Android. SpesifikasiRedmi Note 2 dan Note 2 Prime mengusung layar seluas 5.5 Inchi dan memiliki kamera berlensa 13 MP.

Yang membedakan keduanya ada pada bagian penyimpanan internal. Dimana Redmi Note 2 Prime memiliki 32GB Internal Storagenya. Jadi jangan heran apabila harga Xiaomi Note 2 Prime dibanderol sedikit lebih mahal, karena kinerja dan performa smartphone ini akan lebih cepat serta lebih responsif.

Panduan Terkait

Redmi Note 2 didalamnya telah di otaki dengan processor Octa Core dengan teknologi 64 Bit yang dibuat oleh Mediatek. Menariknya, series processor yang digunakan adalah Helio X10 yang merupakan processor Mediatek tercepat saat ini, yang memiliki processor berkecepatan 2.0 GHz Cortex-A53. Selain itu, Redmi Note 2 juga membawa RAM 2 GB dan memori internal 16 GB / 32GB.

Xiaomi Redmi Note 2 dan Note 2 Prime mempunyai fitur antara lain, mengadopsi baterai Li-Po sebesar 3.060 mAh yang ditugaskan untuk mengalirkan daya ke layar 5.5 Inchi beresolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Sementara untuk desainnya, kedua smartphone Xiaomi ini memiliki dimensi 152 mm x 76 mm x 8.25 mm dan berat 160 gram.

Kalau saat ini kalian baru membeli smartphone ini dan ingin membuka akses rootnya, di bawah ini ada 2 metode root yang bisa digunakan.

Pengertian Root Android

Root adalah akses sistem android dimana kita akan memiliki akses penuh sehingga bisa menghapus, menambah, mengurangi isi sistem android yang ada di Redmi Note 2 dan Note 2 Prime dan melakukan hal lainnya atau dengan kata lain pengguna memiliki akses tanpa batas pada perangkat android yang dimilikinya.

Kelebihan Root Redmi Note 2

  • Dapat Meningkatkan Performance – Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah saya buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda.
  • Dapat memindahkan Aplikasi ke SDCARD – Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi failed. Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD atau FolderMount.
  • Lebih Mengatahui Seluk-Beluk Android – Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh Android itu sendiri.

Kekurangan Root Redmi Note 2

  • Menghilangkan Garansi Android Anda – Android yang sudah di Root memang menyenangkan, tapi sebagai konsekuensinya garansi pada Android kita harus musnah. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan Root, kita sudah tidak menggunakan pengaturan bawaan pabrik yang sudah dibuat sedemikian rupa. Jadi coba pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root.
  • Masalah Keamanan Pada Android – Melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast dan AVG yang bisa kita gunakan untuk menambal keamanan yang sempat hilang.

Cara Root Redmi Note 2 Dengan Kingroot

Untuk bisa menggunakan aplikasi Kingroot pastikan Redmi Note 2 yang digunakan masih menggunakan versi MIUI 7 / MIUI 6. Kalau sudah memakai MIUI 8 / MIUI 9 gunakan metode root kedua.

  1. Download aplikasinya melalui link berikut ini.
  2. Klik Install untuk mulai melakukan instalasi.
  3. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Details kemudian klik Install anyway (unsafe).
  4. Jika anda mendapatkan notifikasi yang kurang lebih seperti gambar dibawah, klik KEEP APP (UNSAFE).
  5. Jendela awal KingRoot terbuka. Klik tanda V kemudian pilih Try It.
  6. Kemudian klik Try Root untuk mulai melakukan rooting pada HP android anda.
  7. Pastikan koneksi internet anda lancar karena membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  8. Tunggu hingga mencapai 100% dan mendapatkan notifikasi bahwa Redmi Note 2 berhasil diroot.
  9. Buka kembali aplikasi KingRoot yang ada di Redmi Note 2.
  10. Kemudian klik Menu (garis tiga) yang berada di samping kiri atas.
  11. Pada jendela KingRoot Labs, akan terlihat tulisan Root successfully yang berarti Redmi Note 2 sudah berhasil diroot.

Cara Root Redmi Note 2 via TWRP

Di MIUI 8 / 9 kita sudah tidak bisa lagi menggunakan Kingroot dan jalan satu-satunya adalah dengan memasang TWRP via Fastboot terelbih dahulu, baru kemudian install root tool Magisk atau SuperSU. Di proses ini kita membutuhkan perangkat komputer.

  1. Download file TWRP Redmi Note 2 disini kemudian extract file di PC/Laptop dan file SuperSU v2.8.2 dan letakan filenya di internal storage Redmi Note 2
  2. Berikutnya Aktifkan USB Debugging yang ada di menu Developer option/Opsi Pengembang.
  3. Matikan Redmi Note 2 kamu, tekan dan tahan secara bersamaan tombol Volume Bawah dan Power sampai masuk ke mode fastboot.
  4. Buka folder Flash-TWRP-Redmi-Note-2 dan Double klik file Flash-TWRP.bat
  5. Dan klik ENTER
  6. Kalau sudah selesai tekan tombol Volume Atas dan Power, tahan kedua tombol tersebut dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  7. Sekarang TWRP sudah terpasang
  8. Di TWRP pilih Install
  9. Cari dan pilih file UPDATE-SuperSU-v2.82-20170528234214.zip
  10. Selanjutnya geser Swipe To Flash
  11. Dan terakhir Reboot System

Akhir Kata

Sekarang, kamu sudah berhasil mendapatkan akses root di HP Xiaomi Redmi Note 2/Prime. Semoga dengan adanya tutorial ini bisa membantu kamu untuk dapat menginstal aplikasi yang butuh akses root seperti Xposed, Titanium Backup, Link2SD dan lain sebagainya.

Terus mengunjungi blog ini untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik yang berguna buat Redmi Note 2. Jika kamu menemukan masalah yang berhubungan dengan cara root redmi note 2 ini, Silahkan berkomentar di bawah ini, dan saya akan mencoba membantu kamu untuk mengatasi masalah yang dialami.

Demikianlah cara mendapatkan akses root Xiaomi Redmi Note 2 dan Note 2 Prime yang dapat saya bagikan.