2 Cara Root Redmi 5A [Riva] MIUI 9,10,11 Tanpa PC

Posted on

Cara Root Xiaomi Redmi 5A Dengan Magisk Dan SuperSU – Bagi kamu yang memiliki smartphone Xiaomi Redmi 5A dan ingin di root untuk bisa memblokir iklan atau memasang custom rom. Mari ikuti tutorial dibawah ini, oke kita langsung saja.

Salah satu varian Redmi 5 series yang meramaikan kelas menengah yakni Redmi 5A yang memiliki spesifikasi RAM berkapasitas 2GB dan didampingi dengan chipset Snapdragon 430 berprosesor CPU Octa Core 1.4 Hz.

Kinerja Redmi 5A saat digunakan untuk segala macam aktifitas mutitasking semakin smooth dengan mengadopsi sistem oeprasi Android 7.1 Nougat yang berjalan berdampingan dengan pengolah grafis GPU Adreno 505.

Smartphone ini memiliki kamera belakang beresolusi 13MP, serta 5MP yang tersemat pada kamera depan. Lensa berkualitas yang juga sama dibekalkan pada Xiaomi Redmi 4A terdahulu sebelum smartphone ini dirilis.

Nah untuk lebih lengkap tutorial ini silahkan membaca cara root Xiaomi Redmi 5A yang telah kami rangkum pada artikel lengkap di bawah ini!

Pengertian Root Android

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android yang ada di Xiaomi Redmi 5A. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Xiaomi Redmi 5A

Kelebihan

  • Dapat Meningkatkan Performance – Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah saya buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda.
  • Dapat memindahkan Aplikasi ke SDCARD – Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi failed. Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD atau FolderMount.
  • Lebih Mengatahui Seluk-Beluk Android – Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh Android itu sendiri.

Kekurangan

  • Menghilangkan Garansi Android Anda – Android yang sudah di Root memang menyenangkan, tapi sebagai konsekuensinya garansi pada Android kita harus musnah. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan Root, kita sudah tidak menggunakan pengaturan bawaan pabrik yang sudah dibuat sedemikian rupa. Jadi coba pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root.
  • Masalah Keamanan Pada Android – Melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast dan AVG yang bisa kita gunakan untuk menambal keamanan yang sempat hilang.

Syarat Root Redmi 5A

  1. Sudah di Unlock Bootloader. Untuk yang belum silahkan ikuti tutorial Unlock Bootloader Redmi 5A.
  2. Sudah terpasang TWRP (Team Win Recovery Project)

Metode 1: Root Xiaomi Redmi 5A Dengan Magisk

Magisk adalah sebuah tool untuk mendapatkan akses root di perangkat Android, yang pertama kali dikembangkan oleh topjohnwu di tahun 2016. Saat ini Magisk menjadi alternatif SuperSU, tidak hanya sekedar alat root, Magisk juga memiliki banyak fitur lain.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Redmi 5A kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Redmi 5A Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi 5A kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara root Xiaomi Redmi 5A yang dapat saya bagikan. Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.