Cara Root Xiaomi Redmi 5 Plus dengan Magisk & SuperSU

Posted on

Bagi kalian pengguna Xiaomi Redmi 5 Plus yang ingin oprek android, ngecheat game, install xposed berarti HP kamu harus di root terlebih dulu. Nah kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian cara root Xiaomi Redmi 5 Plus harus menggunakan PC.

Vendor asal China, Xiaomi, telah banyak merilis smartphone di Indonesia. Perangkat Android Xiaomi telah banyak digunakan oleh para pengguna smartphone di Indonesia yang dikarenakan smartphone Xiomi terkenal memiliki spesifikasi yang handal dengan harga bersahabat.

Memang akhir-akhir ini Xiaomi berhasil merebut pasar smartphone di Indonesia, bahkan mampu mengalahkan produsen Smartphone seperti Samsung yang telah lebih dulu masuk ke Indonesia.

Pada tahun ini Xiaomi kembali merilis smartphone terbarunya sebagai pelengkap dari Redmi 5 series. Setelah sukses merilis Xiaomi Redmi 5 dan Xiaomi Redmi Note 5A Xiaomi kembali merilis smartphone terbarunya yang diberi nama Redmi 5 Plus.

Panduan Terkait

Dari segi penampilan Redmi 5 Plus dibekali dengan desain tampilan yang elegan dimana menggunakan desain bodi yang terbuat dari bahan Metal. Redmi 5 Plus ini memiliki layar yang lebar yaitu 5,99 inchi.

Sementara itu pada bagian spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus yang lain juga tak kalah menariknya untuk dibahas, Misalnya saja pada bagian kamera yang memiliki resolusi 12MP dan didukung beberapa fitur pelengkap yang canggih.

Nah untuk cara root beserta kelebihan dan kekurangannya di Redmi 5 Plus akan kami bahas pada tutorial di bawah ini.

Pengertian Root Android

Root adalah akses sistem android dimana kita akan memiliki akses penuh sehingga bisa menghapus, menambah, mengurangi isi sistem android yang ada di Xiaomi Redmi 5 Plus dan melakukan hal lainnya atau dengan kata lain pengguna memiliki akses tanpa batas pada perangkat android yang dimilikinya.

Kelebihan dan Kekurangan Root Redmi 5 Plus

Kelebihan

  • Meningkatkan Kinerja Android – Dengan root kamu dapat melakukan Tweak atau Overclock terhadap hardware yang tertanam didalam perangkat. Misalnya melakukan optimasi terhadap pemakaian RAM dengan menonaktifkan aplikasi, SWAP RAM dan lain lain.
  • Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Android – Tidak semua aplikasi yang ada di Xiaomi Redmi 5 Plus akan kita gunakan daripada cuma habisin memory lebih baik di hapus saja, dan ketika ingin menghapusnya, maka kita tidak akan dapat melakukannya. Dengan root, aplikasi bloatware tersebut bisa anda hapus.
  • Menghemat Daya Baterai Android – Walaupun di dalam sebuah smartphone android sudah ada fitur penghemat baterainya, tetapi terkadang fitur tersebut tidaklah terlalu mambantu dalam hal menghemat pemakaian daya baterai. Tetapi saat smartphone anda sudah dalam keadaan root, maka anda bisa melakukan kalibrasi baterai menggunakan Battery Calibration yang memiliki cara kerja menghapus file “batterystats.bin” yang terdapat dalam sistem.
  • Mengubah Tampilan Android Lebih Keren dan Menarik – Root dapat memberikan keleluasaan terhadap penggunanya untuk melakukan modifikasi tampilan (User Interface) android. Misalnya menambahkan menu baru yang tidak disediakan oleh vendor, mengubah tampilannya menjadi lebih keren dan menarik, mengganti versi / nomor model perangkat dan sebagainya.

Kekurangan

  • Garansi Perangkat Hilang – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa setiap produsen smartphone berbasis android, melarang setiap penggunanya untuk melakukan root. Jika hal itu terjadi, maka kita tidak diperkenankan untuk melakukan klaim garansi.
  • Rentan Terserang Virus – Root Android akan membuka akses kepada virus yang kapan saja bisa masuk kedalam sistem operasi Android.

Metode 1: Root Xiaomi Redmi 5 Plus Dengan Magisk

Magisk Root adalah sebuah aplikasi root android yang dikembangkan oleh salah seorang member XDA-Developers bernama Topjohnwu, dimana aplikasi ini merupakan alternatif terbaik Chainfire’s SuperSU yang selama ini sudah kita kenal. Aplikasi ini tergolong baru dikalangan pengguna root, meski kenyataannya sudah ada sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface.
  2. Pindahkan file Magisk ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Redmi 5 Plus kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power dan lepaskan setelah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install.
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip.
  6. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash.
  7. Setelah proses flash berhasil, Pilih Reboot to System.

Metode 2: Root Xiaomi Redmi 5 Plus Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82.
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi 5 Plus kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install.
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip.
  6. Geser tombol Swipe to Confirm Flash.
  7. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System.

Demikianlah cara mendapatkan akses root Xiaomi Redmi 5 Plus yang dapat saya bagikan. Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Penutup

Sekarang, kamu sudah tahu mengenai cara root Redmi 5 Plus menggunakan Magisk dan SuperSU. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan akses root di handphone Xiaomi ini.

Share tutorial ini ke sesama pengguna Redmi 5 Plus lainya agar lebih memaksimalkan Redmi 5 Plus mereka dengan mudah seperti menghapus bloatware, install tweak, pasang Xposed, overclock prosesor dan sebagainya hanya dalam beberapa klik saja.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan terus mengunjungi untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik terkait Redmi 5 Plus ini.

Jika menemukan masalah yang berhubungan dengan cara root Redmi 5 Plus ini, Silahkan berkomentar di bawah ini, dan saya akan mencoba membantu kamu untuk mengatasi masalah yang dialami.