Cara Root Xiaomi Redmi Note 5A (UGGLITE) via Magisk / SuperSU

Cara Root Redmi Note 5A – Bagi kamu yang memiliki smartphone Xiaomi Redmi Note 5A versi UGGLITE dan ingin di root untuk bisa memblokir iklan atau memasang custom rom. Mari ikuti tutorial dibawah ini, oke kita langsung saja.

Selain Xiaomi Redmi Note 5 Pro, Brand Xiaomi juga menghadirkan versi lain bernama Redmi Note 5A. Salah satu smartphone yang juga akan bersaing dikelas entry level pada pertengahan tahun ini. Kita ketahui bersama bahwa Xiaomi saat ini menjadi brand yang cukup populer di tanah air. Bukan tak mungkin Xiaomi Redmi Note 5A pun dapat dengan mudah mendapat hati di para pecinta Xiaomi selama ini.

Hardware yang ada di Redmi Note 5A tergolong cukup handal serta desain menarik. Selain harga yang murah nan terjangkau, hal yang menjadi pertimbangan bagi kita saat akan mengupgrade smartphone milikinya.

Redmi Note 5A memiliki RAM 2GB serta Internal 16GB adalah ruang penyimpanan yang dimiliki Xiaomi Redmi Note 5A. Selain itu Chipset Snapdragon 425 bertugas menggawangi kinerja smartphone saat berjalan.

Pada kamera beresolusi 13MP yang tertanam pada kamera belakang. Sementara untuk kamera depannya sama dengan pendahulu yakni 5MP akan bertugas sebagai kamera selfie smartphone. Selain itu, internal besar dan RAM besar series smartphone ini akan di imbangi dengan GPU Adreno 308.

Baterai yang hampir mencapai 3000 mAh bertugas menjalankan semua fitur yang terdapat pada smartphone. kemampuan keseimbangan semua lini yang sudah di persiapkan oleh brand negeri tirai bambu guna memberikan kepuasan pada pecinta smartphone Xiaomi Redmi Note 5A.

Nah, langsung saja untuk mengetahui tutorial lengkap mengenai cara root Redmi Note 5A aka UGGLITE silahkan membaca artikel berikut secara lebih detail di bawah ini!

Pengertian Root Android

Kata Root dalam dunia Operasi System Linux berati “Master Administrator”, sama seperti di Windows. Oleh karena Android berasal dari Linux maka kata Root sering kita gunakan. Seperti di Linux dengan mendapatkan akses root kita memiliki hak akses sampai ke system OS tersebut.

Apabila kamu nge-Root bearti kamu sedang mencoba untuk mendapatkan akses lebih dalam lagi ke system smartphone kalian yaitu Android, apabila akses root berhasil kalian dapat dengan leluasa melakukan modifikasi file-file system yang terdapat di smartphone agan seperti meningkatkan kinerja prosessornya dengan melakukan Overclocking ataupun melakukan kustomisasi sehingga tampilannya berubah seperti yang kalian inginkan.

Kelebihan Root Redmi Note 5A

  • Meningkatkan Performa Game – Dengan root bisa kamu lakukan untuk mendapatkan performa gaming yang lebih baik yang hanya bisa didapatkan dengan nge-root Android kamu. Misalkan dengan nge-tweak game yang ingin kamu mainkan dengan aplikasi yang bernama GLTools.
  • Memindahkan Data ke Storage Eksternal – Meski sebagian besar perangkat Android punya slot Micro SD, ada banyak game yang tidak bisa diinstal sepenuhnya di sana. Hasilnya, internal storage kamu cepat penuh dan tidak dapat diinstal game lagi. Dengan akses root, smartphone kamu bisa memindahkan banyak data game ke storage eksternal.
  • Membuang Aplikasi Ga Penting – Hampir semua pabrikan smartphone Android menjejalkan banyak aplikasi bawaan yang mungkin tidak akan pernah kamu gunakan. Kamu hanya bisa membuang aplikasi bawaan tersebut jika kamu memiliki akses root.
  • Membuka Fitur Tersembunyi – Dengan akses root, kamu bisa membuka banyak fitur dan akses yang sebelumnya tidak diijinkan. Ada banyak sekali sebenarnya fitur yang terbuka namun memang tidak semuanya berguna untuk kalian.

Kekurangan Root Redmi Note 5A

  • Garansi hilang – Sebagian besar produsen Android tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan root Android. Salah satu konsekuensi dari root Android yang dilakukan adalah hilangnya garansi resmi, walaupun masa garansinya belum habis.
  • Dapat menyebabkan Kerusakan Sistem – kesalahan atau kegagalan saat melakukan root Android, HP Android kamu bisa saja mengalami bootloop, nggak bisa masuk ke sistem.
  • Celah Keamanan Semakin Lebar – Dengan melakukan rooting Android, akses ke dalam file sistem menjadi lebih terbuka. Sehingga Android yang sudah di-root akan lebih rentan terhadap serangan malware.

Cara Root Xiaomi Redmi Note 5A Dengan Magisk

Magisk Root adalah sebuah aplikasi root android yang dikembangkan oleh salah seorang member XDA-Developers bernama Topjohnwu, dimana aplikasi ini merupakan alternatif terbaik Chainfire’s SuperSU yang selama ini sudah kita kenal. Aplikasi ini tergolong baru dikalangan pengguna root, meski kenyataannya sudah ada sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface.
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note 5A.
  4. tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  5. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install.
  6. Cari dan pilih file Magisk-v17.3.zip.
  7. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash.
  8. Terakhir pilih Reboot to System

Cara Root Xiaomi Redmi Note 5A Dengan SuperSU

Alternatif lain untuk mendapatkan akses root di Redmi Note 5A ini adalah dengan menggunakan SuperSU. Selama kamu masih menggunakan Android Nougat, SuperSU ini masih kompatible. Terkecuali HP kamu sudah terupdate ke Android Oreo sudah tidak bisa lagi root dengan SuperSU.

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note 5A kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install.
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip.
  6. Geser tombol Swipe to Confirm Flash.
  7. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System.

Terima kasih telah mengikuti panduan cara root Redmi Note 5A ini dan terus mengunjungi blog ini untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik berkaitan dengan Redmi Note 5A.

Demikianlah cara membuka akses root sistem Xiaomi Redmi Note 5A “UGGLITE” yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Leave a Comment