Cara Hard Reset Xiaomi Mi A2 / A2 Lite

Posted on

Untuk mengatasi berbagai masalah error yang menimpa Xiaomi Mi A2 kamu, cara pertama yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan mereset Mi A2 ini terlebih dahulu. Mi A2 ini menggunakan Android One sehingga cara resetnya berbeda dengan smartphone Xiaomi yang lain yang menggunakan MIUI. Nah, untuk kamu yang belum mengetahuinya, dipostingan ini saya akan pandu supaya bisa sukses factory dan hard reset Xiaomi kamu.

Xiaomi kembali merilis smartphone anyar mereka di indonesia yakni Xiaomi Mi A2 dilengkapi dengan kapasitas RAM sebesar 4GB beserta penyimpanan internal 32GB dan menggunakan prosesor Octa-Core Snapdragon 660 dari Qualcomm.

Panduan Terkait

Xiaomi Mi A2 tampil dengan desain simpel memikat dengan layar 5.99 inci resolusi FHD+ 1080 x 2160 dengan rasio 18:9 yang telah dilapisi Gorilla Glass. Layar LCD IPS pada Mi A2 ini akan terlihat apik dan pas digunakan untuk browsing internet, membuka aplikasi, menonton video, hingga bermain game.

Untuk urusan memotret, Mi A2 ini memakai Dual kamera dengan resolusi 12 MP + 20 MP dan 20 MP kamera depan. Kedua kamera tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur sehingga memungkinkan untuk mengatur Macro mode, Panorama, Scene mode, Self-timer, Touch focus dan White balance settings untuk hasil foto yang lebih kreatif.

Xiaomi juga menanamkan catu daya 3010 mAh yang memang cukup begitu besar. Di sisi lain Mi A2 telah menjalankan OS Android 9.0 Pie dengan UI Android One.

Meskipun Xiaomi Mi A2 ini memiliki speksifikasi lumayan tapi bisa saja terjadi error seperti sering hang, terasa lemot, aplikasi tertutup alias force close, bahkan bootloop sekalipun. Problem lain yang sering dialami adalah tidak ingat pola atau sandi lock screen.

Tapi sebelum melakukan Hard atau Factory Reset pada Xiaomi Mi A2, kamu tidak lupa akan akun Google, jika kamu tidak ingat dengan passwordnya nanti Mi A2 akan terkunci sampai kamu berhasil memasukan password dengan benar.

Cara Hard Reset Xiaomi Mi A2 / Lite Melalui Android Recovery

  1. Pertama tekan tombol VOLUME ATAS dan tombol POWER bersama-sama sampai muncul tulisan No Command. Seperti pada gambar dibawah ini
  2. Setelah itu, kamu tekan lagi tombol Power dan Volume Atas, kemudian lepaskan agar masuk menu Recovery Mi A2. Recovery kepunyaan Mi A2 ini berbeda dengan smartphone Xiaomi yang lain. Tampilanya seperti gambar ini.
  3. Sekarang kamu sudah bisa melakukan reset dengan memilih menu Wipe data/Factory Reset. Untuk menurunkan kursor gunakan tombol Volume bawah dan Enter dengan menggunakan tombol Power.
  4. Nah, kalau proses Wipe telah selesai, silahkan pilih Reboot to system. Proses restart / reboot sedikit lebih lama dari biasanya berkisar antara 5 – 15 menit.

Demikianlah cara reset yang bisa kamu gunakan pada Hp Xiaomi dan metode reset diatas sudah di coba pada Xiaomi Mi A2 / A2 Lite yang menggunakan Android One berbasis Android Oreo ataupun Pie.