Cara Reset Ulang Oppo A83 Tanpa PC

Cara Reset Oppo A83 – Merek Oppo sudah terkenal di tanah air berkat smartphone rakitannya yang memiliki spesifikasi hardware menarik dengan harga yang terjangkau, salah satunya Hp Oppo A83 ini.

Oppo A83 memiliki desain bodi terlihat slim. Pada bagian layar, Ponsel ini termasuk handal. Oleh karena, Oppo A83 ini mempunyai bentang layar seluas 5.7 inci lengkap dengan panel LCD IPS. Ponsel ini menggunakan resolusi HD+ 720 x 1440 pixels dengan kerapatan 282 ppi sehingga objek yang terlihat jernih.

Sedangkan untuk sektor dapur pacu, Smartphone ini tersemat chipset Helio P23 (MT6763T) Octa-Core 2.5 GHz yang akan berkolaborasi dengan RAM 3GB, GPU ARM Mali-G71 MP2 dan penyimpanan internal 32GB. Sementara untuk operasi sistem, Oppo menggunakan antarmuka ColorOS 3.2 based Android 7.1.1 Nougat.

Meskipun Oppo A83 memiliki hardware canggih, namun terkadang ponsel ini mengalami hang atau error ketika load aplikasi atau game. Ataupun masalah lainya yang bisa saja menimpa ponsel Oppo kamu seperti aplikasi tidak terpasang, sangat lemot, terkunci pola lockscreen, hang di logo Oppo dan lain sebagainya.

Melakukan reset adalah cara terbaik untuk membuat Oppo A83 seperti baru kembali. Tidak akan ada lag, lambat serta berbagai masalah lainya.

Cara Mereset Oppo A83 via Pengaturan Pabrik

  1. Buka menu Pengaturan Oppo A83, selanjutnya cari dan klik menu Pengaturan Tambahan.
    pengaturan tambahan Oppo A83
  2. Langkah selanjutnya pilih menu Buat Cadangan dan Reset yang letaknya ada dibawah.
    buat cadangan Oppo A73
  3. Nah, kamu akan melihat opsi mencadangkan data dan kembali ke pengaturan pabrik. Disarankan, kamu mencadangkan/backup aja dahulu dengan klik menu Cadangan & Pulihkan.
    cadangan dan pulihkan Oppo A73
  4. Step selanjutnya klik menu Buat Cadangan Baru. Disini, kamu akan menemukan berbagai pilihan kamu pilih pesan, kontak dan riwayat panggilan saja.
    pilihan buat cadangan Oppo A73
  5. Setelah membuat cadangan selesai, tap menu Reset data pabrik. Dari beberapa pilihan kamu pilih Hapus Data Apli & Apli Laik Hapus.
    hapus data aplikasi Oppo A83
  6. Nantinya, Oppo A83 ini akan restart. Kamu tunggu dalam beberapa menit sampai selesai.

Cara Hard Reset Oppo A83 Via Recovery

  1. Untuk masuk ke Recovery, Matikan Oppo A83 kamu dulu, setelah itu pencet tombol Volume Bawah dan Power bersamaan, tahan sejenak sampai terasa mau hidup baru lepaskan. Kalau sukses, akan masuk ke recovery, kamu pilih English.
    coloros recovery Oppo A83
  2. Setelah itu pilih menu Wipe Data .
    wipe data Oppo A83
  3. Lanjut dengan memilih opsi Wipe data (Keep SMS, Contacts and Photos), kamu tap opsi tersebut. Setelah itu kamu kalau sudah yakin klik tombol OK.
    wipe data Oppo A83
  4. Setelah muncul Wiped Successfully klik tombol OK dan kamu sudah bisa memilih opsi Reboot.
  5. Setelah itu, Oppo A83 akan mengalami restart dan kamu tinggal menunggu sekitar 5 sampai 10 menit.

Kedua cara reset ini sudah saya coba dan berhasil di Oppo A83 ColorOS 3.2 yang menggunakan Android 7.1.1 Nougat.