Cara Root Lenovo A2010

Posted on

Panduan Terkait

Cara Root Lenovo A2010 Tanpa PC – Seperti kebanyakan pengguna android, tentu setiap pengguna dari setiap jenis android akan membutuhkan akses root. Baik itu untuk sekedar mendapatkan akses root ataupun untuk berbagai hal khusus yang diperlukan, tentu akses root sangatlah dibutuhkan.

Perangkat Android asal China ini memang terkenal sebagai salah satu vendor yang peduli terhadap smartphone murah namun berkualitas. Setelah sebelumnya yang sukses merilis Lenovo A1000, kali ini kita kedatangan satu smartphone terbaru lagi dari perusahaan asal Tiongkok tersebut. Smartphone terbarunya bernama Lenovo A2010 yang merupakan smartphone kelas entry-level. Seperti halnya smartphone lainnya buatan Lenovo, ciri khas smartphone murah namun berkualitas tetap tertanam pada Lenovo A2010 ini.

Spesifikasi Lenovo A2010 memiliki Fitur kelebihan utama karena smartphone ini dilengkapi dengan teknologi jaringan 4G yang menjamin kebutuhan internet dan komunikasi penggunanya akan tercukupi. Seperti biasa, Lenovo masih mengandalkan material berbahan plastik yang membalut layar berukuran 4.5 inchi. Sesuai Lenovo A2010 yang smartphone entry-level tentu wajar apabila kualitas layarnya masih dibawah Lenovo A6000 maupun Lenovo A5000. Namun untuk segi performa, kami rasa smartphone ini sudah cukup memuaskan, berkat pemakaian hardware RAM 1GB dan CPU Quad Core.

Serta dilengkapi kualitas kamera yang berukuran cukup besar yakni kamera belakang 5MP (2592 x 1944) pixels, serta penggunaan baterai yang cukup memadai dengan kapasitas baterai berjenis Li-Po berdaya 2000 mAh. Nah bagi kalian yang penasaran dengan spesifikasi dan berapa sebenarnya harga Lenovo A2010 tersebut, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Spesifikasi pada layar, tidak heran jika Lenovo A2010 dibanderol dibawah 1 jutaan. Karena ini sebanding dengan layar yang digunakan hanya berukuran 4.5 Inchi itupun tanpa adanya teknologi panel IPS LCD. Sementara untuk resolusi layarnya, memiliki resolusi 480 x 854 pixels dengan kerapatan layar mencapai -218 ppi. Walaupun tak sebaik Lenovo A6000 yang dibekali layar HD 720p, namun smartphone ini tetap optimal digunakan menikmati beragam konten multimedia seperti film dan video game.

Kemudian untuk tampilan luarnya, smartphone ini dibalut material plastik dengan ketebalan 9.9 mm dan bobot sekitar 137 gram. Sayangnya juga, spesifikasi Lenovo A2010 di bagian fisik dan layarnya ini belum dibekali dengan sistem proteksi layar kelas wahid sehingga kalian sebaiknya memasang sendiri pelindung layar tambahan untuk menghindarinya dari goresan.

Seperti kita ketahui, dengan root kita dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja smartphone ini. Kita dapat melakukan overclock, supaya processor dapat kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kinerja A2010 ini.

Selain itu, dengan root juga kita dapat menghapus aplikasi bawaan atau bloatware. Kita dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori telepon. Namun, jika Anda berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja handphone menjadi tidak sempurna.

Tapi perlu juga diketahui, root dapat menghilangkan garansinya. Sangat besar kemungkinan klaim garansi akan ditolak dengan alasan bahwa HP rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.

Cara Root Lenovo A2010 Dengan Kingroot

  1. Download aplikasinya melalui link berikut ini.
  2. Klik Install untuk mulai melakukan instalasi. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Details kemudian klik Install anyway (unsafe).
  3. Jika anda mendapatkan notifikasi yang kurang lebih seperti gambar dibawah, klik KEEP APP (UNSAFE).
  4. Jendela awal KingRoot terbuka. Klik tanda V kemudian pilih Try it.
  5. Kemudian klik Coba Root untuk mulai melakukan rooting pada HP android anda. Pastikan koneksi internet anda lancar karena membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  6. Tunggu hingga mencapai 100% dan mendapatkan notifikasi bahwa Lenovo A2010 berhasil diroot. Buka kembali aplikasi KingRoot yang ada di Lenovo A2010. Kemudian klik Menu (garis tiga) yang berada di samping kiri atas. Pada jendela KingRoot Labs, akan terlihat tulisan Root successfully yang berarti Lenovo A2010 sudah berhasil diroot.

Cara Root Lenovo A2010 Dengan Kingo root

  1. Download Aplikasi Kingo Root disini
  2. Klik file APK dan instal aplikasi Kingo root di Lenovo A2010.
  3. Jika instalasi selesai, buka aplikasi Kingo ROOT dan klik One Click Root untuk memulai rooting.
  4. Pastikan jaringan internet stabil pada saat melakukan rooting dengan KingoRoot.
  5. Tunggu beberapa saat hasilnya akan muncul di layar Lenovo A2010 tulisan “ROOT SUCCEED“.

Pertanyaan Dan Jawaban Mengenai Root Di Lenovo A2010

  • Kok Aplikasi Tidak Terpasang? – Pastikan Unknown Source/Sumber Tidak dikenal sudah di aktifkan. Menunya ada di Settings/Pengaturan – Security/Keamanan. Kalau masih tidak bisa juga coba di nonaktifkan dulu internet di HP kalian. Kalau Kingroot atau Kingo Root telah terpasang segera aktifkan kembali internetnya.
  • Tidak bisa di install, muncul Installation Blocked? – Apabila muncul Installation Blocked pilih More Detail kemudian pilih Install Anyway (unsafe)
  • Kenapa ada notifikasi aplikasi berbahaya? – Semua aplikasi root akan di anggap sebagai aplikasi berbahaya, karena root akan mematikan keamanan HP LENOVO kita.
  • Berapa lama proses rootnya – Tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan dan seberapa sibuk server kedua aplikasi tersebut menghandle request root dari seluruh dunia.

Demikianlah cara root Lenovo A2010 yang dapat saya bagikan. Kalau kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.