Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 6 (Sagit) / Mi 6X (Wayne)

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 6 Dan Mi 6X – Kedua ponsel Xiaomi ini, meski satu keluarga tapi keduanya berbeda generasi, dimana Mi 6X merupakan smartphone terakhir dari seri Mi 6 yang tentunya memiliki spesifikasi lebih tangguh. Namun dalam hal Unlock Bootloader, caranya tidaklah berbeda sama seperti pada Xiaomi Mi 5, mengikuti standar dari Xiaomi.

Mi 6 dirilis dengan menggunakan layar 5,15 inci yang beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan dukungan intenral storage 32, 64, atau 128 GB berteknologi UFS2.0, kamera utama 19 MP bersensor Sony IMX400, kamera depan 8 MP Ultrapixel, baterai berkapasitas 3.200 mAh, dan MIUI 8 berbasis Android 6.0 Marshmallow.

Sedangkan Xiaomi Mi 6X dibekali dengan Mulai dari layar FHD+ 18:9, dual real camera AI superior dengan kamera selfie 20MP, body yang begitu tipis, hingga menggunakan prosesor Snapdragon 660 yang 30 persen lebih baik dari yang dimiliki Mi 6.

Untuk membuka akses bootloader di kedua smartphone Xiaomi ini, tidaklah sulit karena memang Xiaomi mengizinkan kita untuk melakukannya. Xiaomi sendiri membuatkan kita tool untuk UBL yang dinamakan Mi FlashUnlock, yang bisa kita gunakan di PC untuk membuka akses bootloader di semua smartphone Xiaomi.

Jadi, kalau kamu ingin Unlock Bootloader wajib memiliki perangkat PC atau Laptop dan juga memiliki akses internet. Untuk prosedur lengkapnya bisa kamu ikuti dibawah ini.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 6

  1. Pertama kalian harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Untuk caranya Ketuk Tentang Ponsel dan temukan ‘Versi MIUI‘. Kalian ketuk pada opsi ini sebanyak 7 kali, yang akan membuka kunci Pengaturan Pengembang dan kalau sukses akan terlihat pesan yang mengatakan ‘Anda sekarang adalah pengembang!
  2. Sekarang kembali lagi ke menu utama Pengaturan, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu klik tulisan Opsi Pengembang.
  3. Di sini kita akan menemukan opsi, ‘OEM unlocking‘. Ketuk untuk mengaktifkannya, setelah itu akan muncul peringatan tentang potensi bahaya unlocking bootloader. Pilih Aktifkan.
  4. Masih dalam menu yang sama, pergi ke ‘Mi Unlock Status‘ dan ketuk di atasnya. Anda akan dimintai izin untuk melihat ID perangkat, nomor IMEI, dll. Dalam dialog pop-up. Ketuk Setuju di atasnya.
  5. Kamu tidak akan dapat meneruskan tanpa kartu SIM di perangkat Xiaomi Mi 6, jadi pastikan kartu SIM sudah terpasang. Kemudian ketuk ‘Tambah akun dan perangkat‘ dan masuk dengan akun MI Anda. Apabila belum memiliki Akun Mi, Anda dapat mendaftar melalui menu Akun.
  6. Sekarang setelah mengikuti semua langkah di atas, kitakan melangkah ke tutorial berikuntya. Sekarang gunakan PC/Laptop. Kemudian Unduh Mi Unlock Tool menggunakan tautan ini dan setelah itu ekstrak file ZIP.
  7. Setelah file Mi Unlock di extract, buka miflash_unlock.exe. Kemudian masuk dengan akun MI yang sudah terhubung dengan Xiaomi Mi 6 kamu.
  8. Sekarang hubungkan Xiaomi Mi 6 kamu melalui kabel USB dan masuk ke dalam mode Fastboot. Untuk boot dalam mode Fastboot, matikan HP dan tahan tombol Volume Turun. Saat terus memegang tombol ini, tekan tombol Power dan jangan lepaskan tombol volume turun sampai terlihat tulisan Fastboot dalam teks hijau yang ditampilkan di layar.
  9. Langkah berikutnya, Mi Unlock Tool akan menampilkan perangkat yang terhubung. Setelah itu, klik Aktifkan dan kalian akan diperingatkan dua kali tentang potensi bahaya membuka kunci bootloader seperti perlindungan yang lebih rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap malware. Klik ‘Buka kunci‘.
  10. Sekarang, silahkan duduk manis saat tool ini mencoba membuka kunci bootloader Xiaomi Mi 6 kamu. Apabila mencobanya untuk pertama kalinya, kemungkinan akan melihat kesalahan yang meminta kamu untuk mencoba lagi setelah 720 jam (30 hari). Apabila beruntung, bootloader Xiaomi Mi 6 kamu akan langsung sukses terbuka kunci bootloadernya.
  11. Apabila memang mengalami kegagalan, silahkan mencoba lagi setelah periode 720 jam berakhir, untuk waktu menunggu proses UBL lagi ada juga yang cuma 320 jam (15 hari) biasanya setelah proses kedua kali ini langsung berhasil.
  12. Untuk memeriksa status bootloader, dapat dilihat dengan membuka SetelanSetelan tambahanOpsi pengembang – Mi Unlock Status dan Anda akan melihat pesan yang mengatakan bootloader tidak terkunci alias unlocked.

Tapi perlu kamu ketahui, tidak selalu langsung berhasil, terkadang kita disuruh menunggu selama beberapa hari. Kalau muncul notifikasi seperti “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” itu bearti harus tunggu selama 72 jam atau 3 hari, baru bisa mencoba lagi.

Demikianlah proses lengkap tentang cara melakukan unlock bootloader di hp Xiaomi Mi 6 dan Mi 6x baik itu di MIUI 8 / 9 / 10 dengan Android Marshmallow sampai Android Pie. Semoga dengan tutorial ini, kamu bisa sukses membuka kunci bootlaoder di kedua smartphone Xiaomi ini.