Cara Root Oppo Neo 3 Tanpa Ribet 100% Berhasil

Kali ini saya akan coba membahas tutorial cara root Oppo Neo 3 tanpa ribet dan 100% berhasil. Seperti yang kalian ketahui, beberapa smartphone keluaran terbaru dari OPPO saat ini memang lebih diperketat dalam masalah keamanan.

Pada bulan Agustus 2014 lalu, pihak Oppo telah merilis beberapa smartphone Smartphne guna ikut bersaing dalam persaingan pasar. Smartphone dengan nama Oppo Neo 3 ini bisa dibilang cukup suksek, karena tak hanya menyedot banyak perhatian publik, akan tetapi smartphone yang satu ini juga banyak diburu oleh para pengguna Smartphone. Oppo Neo 3 sendiri diperuntukan bagi kalangan menengah kebawah yang menginginkan Smartphone berkualitas.

Kemungkinan Smartphone ini lumayan diburu adalah dari sisi harganya. Oppo Neo 3 ini memang memiliki harga bandrol yang lebih murah dibandingkan dengan Smartphone besutan Oppo yang lainnya. Smartphone dengan luas layar mencapai 4.5 inci ini memang memiliki daya pikat yang cukup ampuh. Desain yang diusung oleh Smartphone ini cukup elegan, dengan ukurannya yang cukup ideal.

Selain memiliki desain yang cukup menarik, Smartphone yang satu ini telah berbekal fitur yang luamyan lengkap. Selain itu bagian jeroannya juga lumayan sangat tangguh. Dari sisi dapur pacunya, pihak Oppo Smartphone membenamkan prosesor dengan kekuatan dua inti otak / Dual Core. Hal tersebut sudah cukup bgus, karena performa yang dihasilkan cukup kuat serta ringan. Selain itu bagian RAM sudah 1 GB sehingga membuat multitasking smartphonenya cukup lancar.

Selain tangguh bagi para pengguna Smartphone yang hobi selfie cocok jika menggunakan Smartphone ini, karena pada bagian depannya ada kamera sebesar 2 MP. Kalian bisa bebas berekspresi sesuka kalian. Namun satu hal yang cukup mengganggu pikiran bahwa spesifikasi Smartphone ini cukup jauh tertinggal jika dibanding dengan Smartphone lainnya.

Pengertian Root Android

Rooting memberikan akses khusus aplikasi untuk akses root, yang memungkinkan mereka melakukan hampir seluruh hal pada sistem Android yang ada di Oppo Neo 3. Contohnya, sebuah aplikasi dengan akses root bisa uninstal sistem aplikasi, menginstal sistem binari tingkat rendah, mencabut izin aplikasi yang dibutuhkan instal, dan melakukan hal-hal lainnya.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Oppo Neo 3

Kelebihan

  • Dapat Mengakses File Root – Kalian dapat mengakses file terdalam, seperti file sistem maupun file berkas sistem. Sehingga kalian dapat sesuka hati mengakses maupun memodifikasi filenya, tetapi juga ada resiko seperti bootlop ya.
  • Dapat menghapus Aplikasi Bawaan – Setiap Android dilengkapi dengan banyak aplikasi langsung dari pabriknya. Beberapa di antaranya berguna untuk digunakan , tetapi kebanyakan tidak berguna. Namun, setelah melakukan root pada android kalian, semua aplikasi tersebut dapat dihapus sehingga melonggarkan penyimpanan internal dari HP kalian.
  • Overclock CPU – Android root dapat memperlambat ataupun mempercepat kinerja CPU sehingga dapat memperoleh kinerja CPU yang maksimal.
  • Dapat Memasang Tweak – Tweak adalah script yang berguna memodifikasi file-file sistem sehingga bekerja sesuai yang kita inginkan. Seperti memodifikasi kecepatan, mengatasi lag, maupun memodifkasi kernel.

Kekurangan

  • Hilangnya Garansi – Bagi kalian yang Oppo Neo 3 masih ada garansinya, usahakan jangan root HP kalian karena dapat menghilangkan garansi. Sehingga kalian tidak dapat klaim garansi karena android kalian sudah diroot.
  • Tidak Menerima Pembaruan – Perangkat lunak sistem android kalian tidak dapat diperbarui karena sudah dimodifikasi. Ketika sudah download dan ingin install pembaruan pasti akan menerima notifikasi perangkat tidak dapat menginstal pembaruan karena sudah dimodifikasi.

Cara Root Oppo Neo 3 Dengan Kingroot

  1. Download aplikasinya melalui link berikut ini.
  2. Klik Install untuk mulai melakukan instalasi.
  3. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Details kemudian klik Install anyway (unsafe).
  4. Jika anda mendapatkan notifikasi yang kurang lebih seperti gambar dibawah, klik KEEP APP (UNSAFE).
  5. Jendela awal KingRoot terbuka. Klik tanda V kemudian pilih Try It.
  6. Kemudian klik Try Root untuk mulai melakukan rooting pada HP android anda.
  7. Pastikan koneksi internet anda lancar karena membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  8. Tunggu hingga mencapai 100% dan mendapatkan notifikasi bahwa Oppo Neo 3 berhasil diroot.
  9. Buka kembali aplikasi KingRoot yang ada di Oppo Neo 3. Kemudian klik Menu (garis tiga) yang berada di samping kiri atas. Pada jendela KingRoot Labs, akan terlihat tulisan Root successfully yang berarti Oppo Neo 3 sudah berhasil diroot.

Cara Root Oppo Neo 3 Dengan Kingo root

  1. Download Aplikasi Kingo Root disini
  2. Klik file APK dan instal aplikasi Kingo root di Oppo Neo 3.
  3. Jika instalasi selesai, buka aplikasi Kingo ROOT dan klik One Click Root untuk memulai rooting.
  4. Pastikan jaringan internet stabil pada saat melakukan rooting dengan KingoRoot.
  5. Tunggu beberapa saat hasilnya akan muncul di layar Oppo Neo 3 tulisan “ROOT SUCCEED“.

Pertanyaan Dan Jawaban Mengenai Root Di Oppo Neo 3

  • Kok Aplikasi Tidak Terpasang? – Pastikan Unknown Source/Sumber Tidak dikenal sudah di aktifkan. Menunya ada di Settings/Pengaturan – Security/Keamanan. Kalau masih tidak bisa juga coba di nonaktifkan dulu internet di HP kalian. Kalau Kingroot atau Kingo Root telah terpasang segera aktifkan kembali internetnya.
  • Tidak bisa di install, muncul Installation Blocked? – Apabila muncul Installation Blocked pilih More Detail kemudian pilih Install Anyway (unsafe)
  • Kenapa ada notifikasi aplikasi berbahaya? – Semua aplikasi root akan di anggap sebagai aplikasi berbahaya, karena root akan mematikan keamanan HP OPPO kita.
  • Berapa lama proses rootnya – Tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan dan seberapa sibuk server kedua aplikasi tersebut menghandle request root dari seluruh dunia.

Demikianlah cara membuka akses root sistem Oppo Neo 3 yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.