Cara Root Coolpad Cool Dual Tanpa Ribet 100% Berhasil

Seperti kebanyakan pengguna android, tentu setiap pengguna dari setiap jenis android akan membutuhkan akses root. Baik itu untuk sekedar mendapatkan akses root ataupun untuk berbagai hal khusus yang diperlukan, tentu akses root sangatlah dibutuhkan.

Salah satu vendor teranyar yang beberapa waktu ini sangat rajin di market tanah air. Meskipun promosinya tak setenar Oppo maupun Vivo namun di perkirakan Coolpad juga akan mendapatkan hati di kalangan pecinta perangkat gadget. Hal ini berdasarkan kualitas komponen lini pacu serta desain yang di tawarkan oleh pihak vendor.

Spesifikasi Coolpad Cool Dual dari sisi mesin akan mengandalkan chipset miliki salah satu perusahaan semi konduktor terkemuka Qualcomm. Perangkat Android ini relatif murah bila dibandingkan dengan Coolpad Cool S1, Smartphone yang bersaing di kelas menengah memiliki bekalan RAM berkapasitas 3/4GB. Kualitas ukuran yang sangat longgar ketika digunakan mengelola data aplikasi yang terdapat pada smartphone.

Desain kece nan premium menjadi salah satu tampilan yang hadir bagian casing. Material metal dengan 3 pilihan warna Hitam, Putih, Gold, merupakan tampilan premium yang kece serta kokoh yang berfungsi melindungi jeroan dari benturan tak diinginkan ketika beraktifitas. Body (casing) tersebut terselip sebuah alat dula kamera yang ada pada bagian belakang dan depan smartphone. Lensa resolusi 13MP &8MP merupakan ukuran yang ada untuk kamera belakang dan selfie.

Meskipun dibanderol di kisaran nominal melebihi 3 jutaan kinerja yang dihasilkan smartphone saat beraktifitas menjamin kepuasan bagi yang menggunakan nya. Beberapa fitur pelengkap serta sensor – sensor canggih akan menjadi variasi yang bermanfaat dengan fungsinya masing-masing. Semisal adanya Fingerprint yang merupakan komponen perangkat keamanan data serta aplikasi pribadi. Nah untuk lebih mengetahui detail tutorial ini silahkan membaca cara root Coolpad Cool Dual berikut ini!

Pengertian Root Android

Fungsi ROOT pada android yaitu untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan ROOT, pengguna dapat memodifikasi software/file apapun yang ada pada Coolpad Cool Dual. Apabila kondisi Coolpad Cool Dual belum di ROOT maka kita tidak akan bisa memodifikasi sistem ataupun file administrator yang berada di dalam Android tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Root Di Coolpad Cool Dual

Kelebihan

  • Mempercepat Kinerja Smartphone – Kelebihan pertama yang juga paling banyak diketahui oleh banyak orang adalah proses Root ini bisa mempercepat kinerja dari smartphone Adroid yang digunakan . Pengoptimalan prosesor, RAM, dan berbagai hardware lainnya bisa dilakukan dengan adanya akses Root.
  • Mampu Menghapus Aplikasi Bawaan – Kelebihan kedua dari adanya akses Root pada smartphone Android adalah bisa menghapus berbagai aplikasi bawaan yang sebelumnya tidak bisa dihapus apabila tidak melakukan rooting.
  • Bisa Blokir iklan – Seringkali, ketika mengakses sebuah layanan, kalian bakal melihat adanya iklan yang muncul, bukan? Nah, dengan melakukan Root, maka kalian bisa meng-install beragam aplikasi yang bisa memblokir iklan yang mengganggu pada smartphone.
  • Mengubah Tampilan Android Lebih Keren dan Menarik – Root dapat memberikan keleluasaan terhadap penggunanya untuk melakukan modifikasi tampilan (User Interface) android. Misalnya menambahkan menu baru yang tidak disediakan oleh vendor, mengubah tampilannya menjadi lebih keren dan menarik, mengganti versi / nomor model perangkat (hanya gaya saja) dan sebagainya.

Kekurangan

  • Garansi Perangkat Hilang – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa setiap produsen smartphone berbasis android, melarang setiap penggunanya untuk melakukan root. Jika hal itu terjadi, maka kita tidak diperkenankan untuk melakukan klaim garansi.
  • Aplikasi dan Hardware akan Mengalami Error -Untuk beberapa aplikasi pada smartphone yang telah dilakukan Root, terkadang akan mengalami not responding ataupun crash ketika akan dibuka. Selain itu, proses Root juga bisa mengakibatkan beberapa hardware yang mengalami eror.
  • Rentan Terserang Virus – Root Android akan membuka akses kepada virus yang kapan saja bisa masuk kedalam sistem operasi Android.

Cara Root Coolpad Cool Dual Dengan Kingroot

  1. Download aplikasinya melalui link berikut ini.
  2. Klik Install untuk mulai melakukan instalasi.
  3. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Details kemudian klik Install anyway (unsafe).
  4. Jika anda mendapatkan notifikasi yang kurang lebih seperti gambar dibawah, klik KEEP APP (UNSAFE).
  5. Jendela awal KingRoot terbuka. Klik tanda V kemudian pilih Try It.
  6. Kemudian klik Try Root untuk mulai melakukan rooting pada HP android anda.
  7. Pastikan koneksi internet anda lancar karena membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  8. Tunggu hingga mencapai 100% dan mendapatkan notifikasi bahwa Coolpad Cool Dual berhasil diroot.
  9. Buka kembali aplikasi KingRoot yang ada di Coolpad Cool Dual. Kemudian klik Menu (garis tiga) yang berada di samping kiri atas. Pada jendela KingRoot Labs, akan terlihat tulisan Root successfully yang berarti Coolpad Cool Dual sudah berhasil diroot.

Cara Root Coolpad Cool Dual Dengan Kingo root

  1. Download Aplikasi Kingo Root disini
  2. Klik file APK dan instal aplikasi Kingo root di Coolpad Cool Dual.
  3. Jika instalasi selesai, buka aplikasi Kingo ROOT dan klik One Click Root untuk memulai rooting.
  4. Pastikan jaringan internet stabil pada saat melakukan rooting dengan KingoRoot.
  5. Tunggu beberapa saat hasilnya akan muncul di layar Coolpad Cool Dual tulisan “ROOT SUCCEED“.

Pertanyaan Dan Jawaban Mengenai Root Di Coolpad Cool Dual

  • Kok Aplikasi Tidak Terpasang? – Pastikan Unknown Source/Sumber Tidak dikenal sudah di aktifkan. Menunya ada di Settings/Pengaturan – Security/Keamanan. Kalau masih tidak bisa juga coba di nonaktifkan dulu internet di HP kalian. Kalau Kingroot atau Kingo Root telah terpasang segera aktifkan kembali internetnya.
  • Tidak bisa di install, muncul Installation Blocked? – Apabila muncul Installation Blocked pilih More Detail kemudian pilih Install Anyway (unsafe)
  • Kenapa ada notifikasi aplikasi berbahaya? – Semua aplikasi root akan di anggap sebagai aplikasi berbahaya, karena root akan mematikan keamanan HP COOLPAD kita.
  • Berapa lama proses rootnya – Tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan dan seberapa sibuk server kedua aplikasi tersebut menghandle request root dari seluruh dunia.

Demikianlah cara membuka akses root sistem Coolpad Cool Dual yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.