Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 7A “Pine” Tanpa Menunggu SMS

Cara Unlock Bootloader Redmi 7A – Pada akhir bulan juni 2019, Xiaomi kembali menghadirkan seri Redmi 7 terbaru yakni Redmi 7A codename Pine, Smartphone ini dihadirkan oleh Xiaomi untuk melengkapi seri Redmi 7 yang telah mereka rilis terlebih dahulu.

Redmi 7A dibekali oleh Xiaomi dengan layar seluas 5,45 inci dengan resolusi 720 x 1440 pixels. Xiaomi juga menanamkan prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 439 yang didukung dengan kartu grafis Andreno 505. Kartu grafis Itu melengkapi performa prosesornya yang berkecepatan hingga 2.0GHz.

Samrtphone yang memiliki ketebalan 9,55mm itu menggunakan slot kartu 2 + 1, yang artinya memuat dua kartu SIM dan satu kartu penyimpanan eksternal. Sokongan baterai berkapasitas 4.000mAh yang diklain bisa bertahan dua hari ini membuat kita tidak ragu lagi untuk diajak berpergian selain itu dukungan pengisian daya 10W yang mengurangi waktu pengisian signifikan.

Redmi 7A dilengkapi dengan Face UnLock yang mampu menganalisa wajah secara instan dan membuka kunci layar dengan mudah setelah mengenali wajah penggunanya. Sementara body hp ini sudah dilapisi nano-coating membuat Redmi 7A tidak rentan terhadap korosi yang disebabkan oleh cairan umum, seperti keringat, minyak, dan minuman.

Xiaomi menghadirkan dalam dua pilihan, yakni dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB, serta 2GB RAM dan 32GB, yang bisa ditingkatkan dengan penyimpanan eksternal hingga 256GB.

Selain itu juga Redmi 7A memiliki bootloader yang terkunci, jadi bagi yang suka oprek Android, tidak ada jalan lain selain membuka kunci bootloader atau istilah Unlock Bootloader.

Untuk Unlock Bootloader di Redmi 7A aka Pine ini tidaklah sulit, dan saat ini juga kita tidak perlu menunggu SMS persetujuan dari Xiaomi lagi, kamu bisa langsung eksekusi, kalau beruntung langsung berhasil tapi kalau lagi apes paling disuruh menunggu selama 3 atau 15 hari.

Untuk proses lengkapnya, kamu bisa mengikuti step by step yang saya jelaskan dibawah ini.

Cara Unlock Bootloader Redmi 7AA (Pine)

  1. Pertama kalian harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Untuk caranya Ketuk Tentang Ponsel dan temukan ‘Versi MIUI‘. Kalian ketuk pada opsi ini sebanyak 7 kali, yang akan membuka kunci Pengaturan Pengembang dan kalau sukses akan terlihat pesan yang mengatakan ‘Anda sekarang adalah pengembang!
  2. Kamu kembali lagi ke menu utama Pengaturan, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu klik tulisan Opsi Pengembang.
  3. Di sini kita akan menemukan opsi, ‘OEM unlocking‘. Ketuk untuk mengaktifkannya, setelah itu akan muncul peringatan tentang potensi bahaya unlocking bootloader. Pilih Aktifkan.
  4. Masih dalam menu yang sama, pergi ke ‘Mi Unlock Status‘ dan ketuk di atasnya. Anda akan dimintai izin untuk melihat ID perangkat, nomor IMEI, dll. Dalam dialog pop-up. Ketuk Setuju di atasnya.
  5. Kamu tidak akan dapat meneruskan tanpa kartu SIM di perangkat Redmi 7A, jadi pastikan kartu SIM sudah terpasang. Kemudian ketuk ‘Tambah akun dan perangkat‘ dan masuk dengan akun MI Anda. Apabila belum memiliki Akun Mi, Anda dapat mendaftar melalui menu Akun.
  6. Setelah mengikuti semua langkah di atas, kitakan melangkah ke tutorial berikuntya. Sekarang hidupkan PC/Laptop. Kemudian Unduh File Unlock Tool Redmi 7A menggunakan tautan ini dan setelah itu ekstrak file ZIP.
  7. Setelah file Mi Unlock di extract, buka miflash_unlock.exe. Kemudian masuk dengan akun MI yang sudah terhubung dengan Redmi 7A kamu.
  8. Sekarang matikan smartphone Xiaomi Redmi 7A kamu dan masuk ke mode fastboot, caranya tekan dan tahan tombol Volume bawah + Power. Jika sudah masuk ke mode fastboot ditandai dengan logo ini, maka segera lepaskan tombol tadi dan hubungkan Xiaomi Redmi 7A ke PC.
  9. Langkah berikutnya, Mi Unlock Tool akan menampilkan perangkat yang terhubung. Setelah itu, klik Aktifkan dan kalian akan diperingatkan dua kali tentang potensi bahaya membuka kunci bootloader seperti perlindungan yang lebih rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap malware. Klik ‘Unlock‘.
  10. Silahkan duduk manis saat tool ini mencoba membuka kunci bootloader Redmi 7A kamu. Apabila mencobanya untuk pertama kalinya, kemungkinan akan melihat kesalahan yang meminta kamu untuk mencoba lagi setelah 360 jam (15 hari). Apabila beruntung, bootloader Redmi 7A kamu akan langsung sukses terbuka kunci bootloadernya.
  11. Apabila memang mengalami kegagalan, silahkan mencoba lagi setelah periode 360 jam berakhir, untuk waktu menunggu proses UBL lagi ada juga yang cuma 72 jam (3 hari) biasanya setelah proses kedua kali ini langsung berhasil.
  12. Untuk memeriksa status bootloader, dapat dilihat dengan membuka SetelanSetelan tambahanOpsi pengembang – Mi Unlock Status dan Anda akan melihat pesan yang mengatakan bootloader tidak terkunci alias unlocked.

Nah, sekarang kamu proses Unlock Bootloader sudah selesai dilakukan, kamu sudah bisa memasang custom recovery TWRP dan mendapakan akses root dengan menggunakan Magisk atau SuperSU.

Metode UBL yang saya jelaskan dapat kamu pratekan di Xiaomi 7A baik itu MIUI 10 Android PIE.

Demikianlah tutorial yang bisa saya jelaskan, semoga apa yang saya tulis ini bisa berguna buat kalian semua pengguna Redmi 7A aka Pine ini.

Cara Cek Status Bootloader Redmi 7A

Apabila kamu merasa belum yakin telah sukses UBL, kamu bisa mengecek sendiri. Untuk mengecek status bootloader Redmi 7A ada 2 metode yang bisa kamu gunakan.

1. Jika pada saat booting, ada ikon gembok terbuka dengan tulisan Unlocked itu artinya Xiaomi kamu telah unlock bootloader secara resmi (Official).

2. Cara lain untuk mengetahuinya dengan masuk ke Setting » Additional settings » Developer options, Pilih Mi Unlock Status. Jika tampilannya gambar gembok terkunci, artinya bootloader Xiaomi kamu masih terkunci (locked bootloader), dan sebaliknya.

Demikianlah cara UBL semua varian Redmi 7A yang dapat saya bagikan. Kalau kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses UBL, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.