Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5 / Mi 5 Pro “Gemini” MIUI 8 / 9 / 10

Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5 dan MI 5 Pro – Membuka kunci bootloader atau biasa dikenal dengan Unlock Bootloader di Xiaomi tidaklah berbeda dengan ponsel Xiaomi yang lain. Kamu dapat UBL Mi 5 ini dengan mengikuti tutorial dibawah ini.

Mi 5 oleh Xiaomi sudah dibekali dengan layar berteknologi IPS LCD Capacitive yang sangat responsif ketika digunakan oleh jari tangan kita. Layar 5.15 inci berkualitas Full Hd mencapai ukuran resolusi hingga 1080 x 1920 pixels. Ukuran yang sangat pas dengan genggaman tangan kita dan memanjakan ketika dipakai untuk bermain game kualitas 3D.

Untuk keamanan layarnya menggunakan teknologi Corning Gorilla Glass 5 yang memberikan rasa aman terhadap layar dari kemungkinan layar tergores saat kita sedang beraktifitas. Sementara bodi berbalut bahan metal kokoh tipe allumiunium metal. Tipe logam yang memang sering digunakan untuk smartphonesi smartphone saat ini. Terdapat 3 buah pilihan warna yang di tawarkan dari pihak brand yakni Gold, Black, White. Ponsel yang memiliki ukuran dimensi berukuran 144.6 x 69.2 x 7.3 mm yang sangat tipis nan premium sehingga menunjang penampilan kamu ponsel.

Mi 5 dan Mi 5 Pro ini menggunakan sistem operasi Android Android 6.0 Marshmallow yang di percantik dengan tampilan user interface MIUI 8 dengan puluhan fitur canggih yang di kembangkan secara khusus. Kemudian untuk hardware, sudah disediakan Chipset Snapdragon 820 yang ditenagai CPU Dual-core 1.8 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo.

Selain itu ada pula pengolah grafis tipe GPU Adreno 530, yang semakin membuat ringan nan smooth ketika dipakai untuk menjalankan aplikasi smartphone yang sedang berjalan. Smartphone ini memiliki RAM sebesar 4 GB, sehingga mampu mengoptimalkan performa dan kinerja dapur pacu Xiaomi Mi 5 Pro menjadi lebih cepat.

Untuk lebih mengoptimalkan lagi, kamu membutuhkan TWRP dan root akses, tapi sayang untuk kedua hal tersebut tidak bisa dilakukan kalau Xiaomi kamu belum di Unlock Bootloader.

Nah, disini saya akan coba menjelaskan secara rinci proses UBL di Mi 5 yang dikenal juga dengan nama “Gemini“.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi 5 (Gemini)

  1. Pertama kalian harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Untuk caranya Ketuk Tentang Ponsel dan temukan ‘Versi MIUI‘. Kalian ketuk pada opsi ini sebanyak 7 kali, yang akan membuka kunci Pengaturan Pengembang dan kalau sukses akan terlihat pesan yang mengatakan ‘Anda sekarang adalah pengembang!
  2. Kamu kembali lagi ke menu utama Pengaturan, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu klik tulisan Opsi Pengembang.
  3. Di sini kita akan menemukan opsi, ‘OEM unlocking‘. Ketuk untuk mengaktifkannya, setelah itu akan muncul peringatan tentang potensi bahaya unlocking bootloader. Pilih Aktifkan.
  4. Masih dalam menu yang sama, pergi ke ‘Mi Unlock Status‘ dan ketuk di atasnya. Anda akan dimintai izin untuk melihat ID perangkat, nomor IMEI, dll. Dalam dialog pop-up. Ketuk Setuju di atasnya.
  5. Kamu tidak akan dapat meneruskan tanpa kartu SIM di perangkat Xiaomi Mi 5, jadi pastikan kartu SIM sudah terpasang. Kemudian ketuk ‘Tambah akun dan perangkat‘ dan masuk dengan akun MI Anda. Apabila belum memiliki Akun Mi, Anda dapat mendaftar melalui menu Akun.
  6. Setelah mengikuti semua langkah di atas, kitakan melangkah ke tutorial berikuntya. Sekarang hidupkan PC/Laptop. Kemudian Unduh File Unlock Tool Xiaomi Mi 5 / Pro menggunakan tautan ini dan setelah itu ekstrak file ZIP.
  7. Setelah file Mi Unlock di extract, buka miflash_unlock.exe. Kemudian masuk dengan akun MI yang sudah terhubung dengan Mi 5 sobat.
  8. Sekarang matikan smartphone Xiaomi Mi 5 kamu dan masuk ke mode fastboot, caranya tekan dan tahan tombol Volume bawah + Power. Jika sudah masuk ke mode fastboot ditandai dengan logo ini, maka segera lepaskan tombol tadi dan hubungkan Xiaomi Xiaomi Mi 5 ke PC.
  9. fastboot xiaomi

  10. Langkah berikutnya, Mi Unlock Tool akan menampilkan perangkat yang terhubung. Setelah itu, klik Aktifkan dan kalian akan diperingatkan dua kali tentang potensi bahaya membuka kunci bootloader seperti perlindungan yang lebih rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap malware. Klik ‘Unlock‘.
  11. Silahkan duduk manis saat tool ini mencoba membuka kunci bootloader Xiaomi Mi 5 kamu. Apabila mencobanya untuk pertama kalinya, kemungkinan akan melihat kesalahan yang meminta kamu untuk mencoba lagi setelah 360 jam (15 hari). Apabila beruntung, bootloader Xiaomi Mi 5 sobat akan langsung sukses terbuka kunci bootloadernya.
    ubl 720 jam
  12. Apabila memang mengalami kegagalan, silahkan mencoba lagi setelah periode 360 jam berakhir, untuk waktu menunggu proses UBL lagi ada juga yang cuma 72 jam (3 hari) biasanya setelah proses kedua kali ini langsung berhasil.
  13. Untuk memeriksa status bootloader, dapat dilihat dengan membuka SetelanSetelan tambahanOpsi pengembang – Mi Unlock Status dan Anda akan melihat pesan yang mengatakan bootloader tidak terkunci alias unlocked.
    status unlocked bootloader

Sekarang smartphone kamu sudah berhasil di Unlock, kamu sudah bisa mengikuti step berikutnya mengenai cara pemasangan TWRP dan melakukan root.