Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4 Pro Tanpa SMS MIUI 9 / 10

Cara Unlock Bootloader Redmi 4 Pro – Xiaomi menghadirkan Redmi 4 series dengan beberapa varian ada Redmi 4A, Redmi 4, Redmi 4X dan Redmi 4 Pro. Kesemua varian tersebut memiliki spesifikasi yang cukup berbeda dan varaian Redmi 4 Pro yang paling terbaik dalam hal performanya.

Performa tangguh Redmi 4 Pro ini mengadalkan dukungan prosessor Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, CPU Octa-Core 2.0 GHz Corte-A53 dan GPU Adreno 506 yang berkolaborasi dengan kapasitas RAM 3 GB. Perpaduan ini membuat Xiaomi 4 Pro tak dapat diragukan lagi performanya.

Xiaomi juga membekali Redmi 4 Pro dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dan saat ini sudah bisa diupdate ke Android Nougat serta adanya antamuka MIUI 9 dan MIUI 10 yang membuat tampilan smartphone ini semakin menarik. Samrtphone ini didukung oleh memori penyimpanan internal yang cukup besar yaitu 32 GB. Selain itu dapat bisa menambahkan memory card berkapasitas penyimpanan hingga 256 GB.

Dalam hal fotografi sudah dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kamera ini juga didukung dengan fitur seperti Autofocus, Continuous shooting, Digital zoom dan masih banyak lagi. Smartphone ini menggunakan baterai jenis non-removable Li-Ion dengan kapasitas 4100 mAh. Kapasitas baterai tersebut dapat mendukung semua performa yang ditawarkan oleh Xiaomi 4 Pro.

Performa yang handal, bukan jaminan bagi setiap orang untuk merasa puas, ada banyak pembatasan-pmbatasan yang seakan mengekang kita untuk melakukan berbagai aktifitas seperti menambah tweak, menginstall aplikasi, mengganti custom rom dan berbagai hal lainnya.

Untuk melakukan aktifitas seperti itu, hal yang pertama harus dilakukan adalah membuka kunci akses bootloader atau dikenal dengan istilah Unlock Bootloader (UBL). Saat ini locked bootloader adalah proteksi keamanan paling tinggi yang diberikan Xiaomi.

Meski begitu Xiaomi masih memberi kita izin untuk melakukan Unlock Bootloader, tentunya dengan beberapa persyaratan yang harus kita lakukan. Untuk Unlock Bootloader kamu membutuhkan komputer atau laptop, jadi sebelum mengikuti step by step yang saya jelaskan dibawah ini, pastikan kamu sudah didepan monitor PC.

Cara Unlock Bootloader Redmi 4 Pro

Untuk cara unlock bootloader sebenarnya prosesnya sama semua di smartphone Xiaomi seperti yang pernah saya tulis tentang unlock bootloader di Redmi 4X “Santoni”. Tapi kalau memang kamu masih baru menggunakan Xioami atau memang baru kali ini berkeinginan melakukan UBL, bisa lihat dibawah ini.

1. Pertama kalian harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Untuk caranya Ketuk Tentang Ponsel dan temukan ‘Versi MIUI‘. Kalian ketuk pada opsi ini sebanyak 7 kali, yang akan membuka kunci Pengaturan Pengembang dan kalau sukses akan terlihat pesan yang mengatakan ‘Anda sekarang adalah pengembang!

3. Sekarang kembali lagi ke menu utama Pengaturan, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu klik tulisan Opsi Pengembang.

4. Di sini kita akan menemukan opsi, ‘OEM unlocking‘. Ketuk untuk mengaktifkannya, setelah itu akan muncul peringatan tentang potensi bahaya unlocking bootloader. Pilih Aktifkan.

5. Masih dalam menu yang sama, pergi ke ‘Mi Unlock Status‘ dan ketuk di atasnya. Anda akan dimintai izin untuk melihat ID perangkat, nomor IMEI, dll. Dalam dialog pop-up. Ketuk Setuju di atasnya.

6. Kamu tidak akan dapat meneruskan tanpa kartu SIM di perangkat Redmi 4 Pro, jadi pastikan kartu SIM sudah terpasang. Kemudian ketuk ‘Tambah akun dan perangkat‘ dan masuk dengan akun MI Anda. Apabila belum memiliki Akun Mi, Anda dapat mendaftar melalui menu Akun.

7. Sekarang setelah mengikuti semua langkah di atas, kitakan melangkah ke tutorial berikuntya. Sekarang gunakan PC/Laptop. Kemudian Unduh File UBL Redmi 4 Pro (Markw) menggunakan tautan ini dan setelah itu ekstrak file ZIP.

8. Setelah file Mi Unlock di extract, buka miflash_unlock.exe. Kemudian masuk dengan akun MI yang sudah terhubung dengan Xiaomi 4 Pro kamu.

9. Sekarang hubungkan Redmi Redmi 5 melalui kabel USB dan masuk ke dalam mode Fastboot. Untuk boot dalam mode Fastboot, matikan HP dan tahan tombol Volume Turun. Saat terus memegang tombol ini, tekan tombol Power dan jangan lepaskan tombol volume turun sampai terlihat tulisan Fastboot dalam teks hijau yang ditampilkan di layar.
fastboot xiaomi

10. Langkah berikutnya, Mi Unlock Tool akan menampilkan perangkat yang terhubung. Setelah itu, klik Aktifkan dan kalian akan diperingatkan dua kali tentang potensi bahaya membuka kunci bootloader seperti perlindungan yang lebih rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap malware. Klik ‘Buka kunci‘.

11. Sekarang, silahkan duduk manis saat tool ini mencoba membuka kunci bootloader Redmi 4 Pro kamu. Apabila mencobanya untuk pertama kalinya, kemungkinan akan melihat kesalahan yang meminta kamu untuk mencoba lagi setelah 72 jam (3 hari). Apabila beruntung, bootloader Redmi 4 Pro akan langsung sukses terbuka kuncinya.
ubl 720 jam

12. Apabila memang mengalami kegagalan, silahkan mencoba lagi setelah periode 72 jam berakhir, untuk waktu menunggu proses UBL lagi ada juga yang 360 jam (15 hari) biasanya setelah proses kedua kali ini langsung berhasil.

13. Untuk memeriksa status bootloader, dapat dilihat dengan membuka SetelanSetelan tambahanOpsi pengembang – Mi Unlock Status dan Anda akan melihat pesan yang mengatakan bootloader tidak terkunci alias unlocked.
status unlocked bootloader

Sekarang kamu sudah berhasil melakukan UBL pada Markw, kamu sudah bisa memasang custom recovery TWRP dan flashing Magisk untuk mendapatkan akses root.

Dan tak kalah pentingnya dari kegunaan Unlock Bootloader Redmi 4 Pro ini adalah memungkinkan kita untuk melakukan flashing ulang dengan Mi Flash Tool tanpa harus melakukan test point. Flashing dengan metode test point pastinya akan sulit bagi orang awam karena harus membokar body dari Redmi 4 Pro ini terlebih dahulu.

Demikianlah tutorial tentang bagaimana cara sukses membuka kunci bootloader Xiaomi Redmi 4 Pro, semoga tutorialnya ini berhasil kamu pratekan.

Posting terkait: