Cara Unlock Bootloader Redmi 4 Prime “Markw” Distributor / TAM

Cara Unlock Bootloader Redmi 4 Prime – Salah satu smartphone Xiaomi yang sukses dipasaran adalah Redmi 4 series, saking suksesnya membuat Xiaomi mengeluarkan beberapa varian ada Redmi 4 biasa, Redmi 4A, Redmi 4X dan Redmi 4 Prime.

Xiaomi selaku vendor Redmi 4 Prime mendatangkan dengan layar berdimensi 5 inci yang dipadu dengan teknologi IPS LCD. Xiaomi juga memberi perlindungan layar Redmi 4 Prime dengan kaca 2.5D anti gores Corning Gorilla Glass. Untuk bermain game atau menjalankan multimedia, kualitas layar cukup bisa diandalkan karena memiliki resolusi Full HD.

Redmi 4 Prime diotaki oleh prosesor Octa-core berkcepatan 2.0 GHz dari chipset Qualcomm Snapdragon 625 dan RAM 3GB. Sementara untuk menghandle sektor grafis akan diberikan pada GPU dari Adreno 506. Smartphone ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan seperti pada series Redmi 4 yang lain dengan storage 32GB. Selain itu kita sebagai pengguna dapat memanfaatkan slot untuk Memory card yang bisa diupgrade hingga 256GB.

Selain itu pada kamera juga tidak bisa dianggap remeh, di bagian belakang dibekali dengan lensa 13MP dengan dukungan Dual-LED dual-tone flash juga fitur HDR dan panorama. Sedangkan pada kamera selfie beresolusi 5MP dengan aperture f/2.2. Kamera tersebut juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi Full HD.

Sama halnya dengan Redmi 4 yang lain, versi Prime juga dibekali oleh Xiaomi dengan Locked Bootloader, dimana kita sebagai pengguna tidak bisa sembarangan melakukan modifikasi selama belum diizinkan untuk Unlock Bootloader.

Untuk melakukan Unlock Bootloader ada beberapa tahapan proses yang harus kita lakukan, kamu bisa mengikuti tahapan Unlock Bootloader (UBL) dibawah ini. Tapi untuk mengikuti proses UBL membutuhkan PC atau Laptop, karena sampai saat ini belum ada satupun metode untuk UBL tanpa PC yang bisa kita lakukan.

Cara Unlock Bootloader Redmi 4 Prime

1. Pertama kalian harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Untuk caranya Ketuk Tentang Ponsel dan temukan ‘Versi MIUI‘. Kalian ketuk pada opsi ini sebanyak 7 kali, yang akan membuka kunci Pengaturan Pengembang dan kalau sukses akan terlihat pesan yang mengatakan ‘Anda sekarang adalah pengembang!

3. Sekarang kembali lagi ke menu utama Pengaturan, pilih menu Pengaturan Tambahan, lalu klik tulisan Opsi Pengembang.

4. Di sini kita akan menemukan opsi, ‘OEM unlocking‘. Ketuk untuk mengaktifkannya, setelah itu akan muncul peringatan tentang potensi bahaya unlocking bootloader. Pilih Aktifkan.

5. Masih dalam menu yang sama, pergi ke ‘Mi Unlock Status‘ dan ketuk di atasnya. Nanti akan dimintai izin untuk melihat ID perangkat, nomor IMEI, dll. Dalam dialog pop-up. Ketuk Setuju di atasnya.

6. Kamu tidak akan dapat meneruskan tanpa kartu SIM di perangkat Xiaomi 4 Prime, jadi pastikan kartu SIM sudah terpasang. Kemudian ketuk ‘Tambah akun dan perangkat‘ dan masuk dengan akun MI Anda. Apabila belum memiliki Akun Mi, silahkan daftar dulu melalui menu Akun.

7. Sekarang setelah mengikuti semua langkah di atas, kitakan melangkah ke tutorial berikuntya. Sekarang gunakan PC/Laptop. Kemudian Unduh Mi Unlock Tool menggunakan tautan ini dan setelah itu ekstrak file ZIP.

8. Setelah file Mi Unlock di extract, buka miflash_unlock.exe. Kemudian masuk dengan akun MI yang sudah terhubung dengan HP Xiaomi kamu.

9. Sekarang hubungkan Redmi 4 Prime kamu melalui kabel USB dan masuk ke dalam mode Fastboot. Untuk boot dalam mode Fastboot, matikan HP dan tahan tombol Volume Turun. Saat terus memegang tombol ini, tekan tombol Power dan jangan lepaskan tombol volume turun sampai terlihat tulisan Fastboot dalam teks hijau yang ditampilkan di layar.
fastboot xiaomi

10. Langkah berikutnya, Mi Unlock Tool akan menampilkan perangkat yang terhubung. Setelah itu, klik Aktifkan dan kalian akan diperingatkan dua kali tentang potensi bahaya membuka kunci bootloader seperti perlindungan yang lebih rendah dan kerentanan yang lebih besar terhadap malware. Klik ‘Buka kunci‘.

11. Sekarang, silahkan duduk manis saat tool ini mencoba membuka kunci bootloader Redmi 4 Prime kamu. Apabila mencobanya untuk pertama kalinya, kemungkinan akan melihat kesalahan yang meminta kamu untuk mencoba lagi setelah 72 jam atau 3 hari. Tapi kalau beruntung, bootloader Redmi 4 Prime kamu akan langsung sukses terbuka kunci bootloadernya.
ubl 720 jam

12. Apabila memang mengalami kegagalan, silahkan mencoba lagi setelah periode 72 jam berakhir, untuk waktu menunggu proses UBL lagi ada juga yang cuma 320 jam (15 hari) biasanya setelah proses kedua kali ini langsung berhasil.

13. Untuk memeriksa status bootloader, dapat dilihat dengan membuka SetelanSetelan tambahanOpsi pengembang – Mi Unlock Status dan Anda akan melihat pesan yang mengatakan bootloader tidak terkunci alias unlocked.
status unlocked bootloader

Nah, sekarang kamu proses Unlock Bootloader sudah selesai dilakukan, kamu sudah bisa memasang custom recovery TWRP dan mendapakan akses root dengan menggunakan Magisk atau SuperSU.

Metode UBL yang saya jelaskan dapat kamu pratekan di Redmi 4 Prime baik itu MIUI 8, MIUI 9 ataupun MIUI 10 bahkan di Android Nougat sekalipun.

Meskipun kamu ingin melakukan bypass UBL tetap harus menggunakan PC, lagian juga bypass memiliki resiko yang cukup berat dimana rata-rata akan mengalami error pada sensor apabila melakukan bypass. Jadi sebaiknya ikuti tahapan Unock Bootloader secara resmi seperti yang saya jabarkan dibawah ini.

Demikianlah tutorial yang bisa saya jelaskan, semoga apa yang saya tulis ini bisa berguna buat kalian semua pengguna Redmi 4 Prime aka Markw ini.