Cara Root Redmi 6 Pro (Sakura) MIUI 9 / 10 / 11 via Magisk

Posted on

Root Redmi 6 Pro – Untuk mendapatkan akses root di Redmi 6 Pro ini sebenarnya tidaklah sulit kalau sudah terpasang TWRP. Kamu bisa memasang Magisk melalui TWRP, jadi bisa dibilang metode ini tidaklah membuuthkan PC. Untuk kamu yang masih merasa awam dengan root via Magisk, disini saya akan memberikan tutorialnya.

Pastinya kamu sering sekali mendengar tentang root ini. Rooting bisa di artikan proses yang memungkinkan pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menggunakan OS Android untuk mengontrol secara absolut dalam subsistem program Linux Android.

Untuk mendapatkan akses root ini ada berbagai yang bisa kita tempuh. Dengan menggunakan Kingroot, Kingo Root, 360Root, SuperSU dan Magisk. Tapi khusus di Redmi 6 Pro aka Sakura ini hanya bisa dengan menggunakan Magisk.

Magisk systemless root tool dikembangkan oleh seorang developer dari XDA, topjhonwu. Dimana saat ini root tool ini yang paling populer dan rekomended untuk digunakan di Android Lollipop keatas.

Magisk bekerja secara systemless dalam artian tool ini tidak bekerja dengan mengubah system Android, sehingga memungkinkan kita menyembunyikan status root dari aplikasi yang menerapkan SafetyNet.

Cara Root Xiaomi Redmi 6 Pro (Sakura)

Cara Root Redmi 6 Pro
Nah, disini saya akan memberikan tutorial bagaimana mendapatkan akses root dengan hanya menggunakan Magisk di Redmi 6 PRO baik itu di MIUI 9, MIUI 10 dan MIUI 11 yang berbasis Android 8.1 Oreo serta 9.0 Pie.

Tapi sebelum mengikuti panduan ini, Redmi 6 PRO kamu harus sudah terpasang TWRP. Lihat disini untuk tutorial pasang TWRP Redmi 6 PRO

Bahan Magisk Root

Proses Root Redmi 6 PRO Dengan Menggunakan Magisk

  1. Pindahkan filenya Magisk ke Internal Storage.
  2. Matikan Redmi 6 PRO, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  3. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install.
  4. Cari dan pilih file Magisk-v19.3.zip.
  5. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System.

Sekarang Magisk sudah berhasil terinstall dan sudah berhasil di root, biasanya di homescreen akan nampak aplikasi Magisk Manager, tapi apabila Magisk Manager belum tampak juga, coba kamu install MagiskManager-v7.5.1.apk secara manual.

Untuk lebih memastikan apakah root berhasil atau tidak bisa kamu gunakan aplikasi Root Checker yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store.

Cara Unroot Magisk Redmi 6 Pro

Seandainya kamu ingin melakukan Unroot atau menghapus root dari Magisk ini bisa ikuti panduan di bawah ini.

  1. Simpan file Magisk Uninstaller di Internal Storage atau Memory Card.
  2. Selanjutnya masuk ke TWRP Redmi 6 PRO.
  3. Kemudian pilih Install.
  4. Cari dan pilih file Magisk-uninstaller-20190604.zip.
  5. Selanjutnya Swipe to Confirm Flash.
  6. Dan terakhir Reboot to System.

Demikianlah tutorial bagaimana cara root dan unroot Xiaomi Redmi 6 Pro aka Sakura ini baik itu di MIUI 10 ataupun MIUI 11 dengan menggunakan Magisk yang berbasis Android Oreo serta Pie.

Bagikan tutorial ini ke sesama pengguna Redmi 6 Pro agar lebih memaksimalkan Hp mereka dengan mudah seperti memasang google Camera, menggunakan kernel Auditur, install lucky patcher dan sebagainya.

Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.