Cara Root Xiaomi Redmi 6A “Cactus” MIUI 11 / 10 / 9 via Magisk

Buat kamu yang sedang mencari cara root Redmi 6A tanpa PC, silahkan simak tutorial lengkapnya dibawah ini ya. Disini kita akan root Xiaomi Redmi 6A menggunakan Magisk yang diinstal melalui TWRP Redmi 6A.

Seperti kita ketahui Redmi 6A ini dibekali oleh Xiaomi dengan MIUI 9 dan MIUI 10 yang berjalan di OS Android 8.1 Oreo. Dan sampai saat ini Android Oreo belum bisa di root dengan menggunakan aplikasi, jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan Magisk.

Magisk adalah root tool yang dikembangkan oleh topjhonwu dari XDA-developers, dan saat ini Magisk sudah menjadi root tool yang paling populer karena kemampuannya dalam membuka akses root dari berbagai smartphone maupun tablet Android termasuk Redmi 6A.

Sama seperti dengan SuperSU untuk cara memasang Magisk ini kita diharuskan menggunakan TWRP. Untuk kamu pengguna Redmi 6A yang ingin di root dengan Magisk ini, terlebih dahulu harus sudah Unlock Bootloader dan terisntall TWRP Redmi 6A.

Kalau kedua persyaratan telah kamu penuhi, sudah bisa mengikuti langkah-langkah cara root Redmi 6a dengan Magisk seperti dibawah ini.

Download Magisk Redmi 6A

  1. Download file Magisk Universal Systemless Interface
  2. Magisk Uninstaller

Cara Root Xiaomi Redmi 6A Dengan Magisk

  1. Pindahkan filenya Magisk ke Internal Storage.
  2. Matikan Redmi 6A, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  3. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install.
  4. Cari dan pilih file Magisk-v19.3.zip.
  5. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash.
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System.

Sekarang Magisk sudah berhasil terinstall dan Redmi 6A sudah berhasil di root, biasanya di homescreen akan nampak aplikasi Magisk Manager, tapi apabila Magisk Manager belum tampak juga, coba kamu install Magisk Manager apk ini.

Untuk lebih memastikan apakah root berhasil atau tidak bisa kamu gunakan aplikasi Root Checker yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store.

Cara Unroot Magisk / Menghapus Magisk Root

Seandainya kamu ingin melakukan Unroot atau menghapus root dari Magisk ini bisa ikuti panduan di bawah ini.

  1. Simpan file Magisk Uninstaller di Internal Storage atau Memory Card.
  2. Selanjutnya masuk ke TWRP Redmi 6A
  3. Kemudian pilih Install
  4. Cari dan pilih file Magisk-uninstaller-20190604.zip. Selanjutnya Swipe to Confirm Flash.
  5. Dan terakhir Reboot to System.

Sekarang Redmi 6A otomatis Magisk sudah terhapus dan HP kamu sudah tidak ter-root lagi.

Penutup

Sekarang, kamu sudah cara root maupun unroot Xiaomi 6A di MIUI 9, MIUI 10 dan MIUI 11. Semoga dengan adanya artikel dapat memudahkan kamu untuk menggunakan Magisk.

Silahkan bagikan tutorial ini ke teman-teman sesama pengguna Xiaomi 6A agar mereka juga dapat melakukan banyak hal seperti memindahkan data game ke SDcard, menghapus aplikasi yang tidak bermanfaat, memasang aplikasi yang butuh akses root dan lain sebagainya.

Apabila kamu ingin selalu mendapatkan update versi terbaru dari Magisk ini, maka saya akan menyarankan kamu untuk bookmark situs ini dan tidak pernah ketinggalan pembaruan aplikasi tersebut.

Demikianlah proses root dan unroot xiaomi redmi 6a “cactus” baik itu di MIUI 9 maupun MIUI 10 Oreo maupun Pie. Semoga tutorial ini bermanfaat.