Kelebihan dan Kekurangan Cara Root Xiaomi Mi A1 Dengan Magisk & SuperSU

Ketika kamu merasa bahwa Xiaomi Mi A1 sangat terbatas dalam pengoperasianya, berarti sudah sampai pada tahap pemakaian dimana anda membutuhkan akses root sebagai sarana mengembangkan pemakaian android. Xiaomi Mi A1 yang banyak digemari orang tentunya akan memiliki fitur yang lebih hebat jika root dilakukan dalam HP ini. kamu bisa mendapat aplikasi lebih banyak dan memainkan berbagai aplikasi terlarang pula. Sekarang, mari kita pelajari cara mudah yang bisa anda tempuh untuk melakukan rooting.

Perkembangan pasar smartphone Xiaomi sepertinya semakin meningkat saja. Di Indonesia sendiri produsen Xiaomi berhasil memasarkan smartphonenya sesuai dengan target bahkan melebihi target yang ditentukan. Produsen smartphone asal China ini kembali memproduksi smartphone dengan teknologi yang berbeda dari perangkat android sebelumnya.

Apabila pada perangkat android sebelumnya Xiaomi menggunakan sistem operasi Android MIUI sebagai firmwarenya, maka pada Produknya kali ini, Xiaomi menggunakan Android dari Google sebagai sistem operasi utamanya.

Perangkat Android terbaru dari Xiaomi kali ini diberi nama Xiaomi MI A1. Xiaomi Mi A1 diproduksi dengan berbagai spesifikasi yang unggul dengan sasaran pasar masyarakat kelas mid-high. Xiaomi MI A1 ini merupakan smartphone yang diberi label Android one. Perangkat Android ini adalah smartphone pertama hasil kerjasama antara Xiaomi dengan perusahaan raksasa Google.

Xiaomi MI A1 ini mengusung teknologi yang canggih dan memiliki keistimewaan di setiap sisinya. Selain teknologi yang diusung adalah teknologi yang unggulan dari segi penampilan luar Xiaomi MI A1 juga memiliki tampilan yang elegan. Pada bagian luarnya dibungkus dengan material yang terbuat dari logam sehingga nampak lebih elegan dan terkesan lebih premium.

Kelebihan dan kekurangan Root Xiaomi MI A1 secara detail akan dibahas pada bagian tutorial Xiaomi MI A1 di bawah ini.

Pengertian Root Android

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android yang ada di Xiaomi Mi A1. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mi A1

Kelebihan

  • Dapat Meningkatkan Performance – Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah saya buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda.
  • Dapat memindahkan Aplikasi ke SDCARD – Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi failed. Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD atau FolderMount.
  • Lebih Mengatahui Seluk-Beluk Android – Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh Android itu sendiri.

Kekurangan

  • Menghilangkan Garansi Android Anda – Android yang sudah di Root memang menyenangkan, tapi sebagai konsekuensinya garansi pada Android kita harus musnah. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan Root, kita sudah tidak menggunakan pengaturan bawaan pabrik yang sudah dibuat sedemikian rupa. Jadi coba pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root.
  • Masalah Keamanan Pada Android – Melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast dan AVG yang bisa kita gunakan untuk menambal keamanan yang sempat hilang.

Untuk mendapatkan akses root saat ini hanya Magisk dan SuperSU yang bisa melakukannya, tapi untuk menginstall kedua root tool tersebut kita membutuhkan yang namanya TWRP. BAgi yang belum menginstall TWRP silahkan ikuti panduan kami beberapa waktu yang lalu.

Cara Root Xiaomi Mi A1 Dengan Magisk

Magisk adalah sebuah tool untuk mendapatkan akses root di perangkat Android, yang pertama kali dikembangkan oleh topjohnwu di tahun 2016. Saat ini Magisk menjadi alternatif SuperSU, tidak hanya sekedar alat root, Magisk juga memiliki banyak fitur lain.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage .
  3. Matikan Xiaomi Mi A1 kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Flash Xiaomi Mi A1
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Cara Root Xiaomi Mi A1 Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Mi A1 kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara membuka akses root sistem Xiaomi Mi A1 yang dapat saya bagikan. Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Posting terkait: