Cara Mudah Install TWRP Xiaomi Redmi 6A (Cactus) MIUI 10 via Fastboot

Cara Install TWRP Redmi 6A – Salah satu tool yang wajib terinstall di Redmi 6A adalah custom recovery TWRP. Dengan tool ini memungkinkan kamu untuk menginstall berbagai ROM yang dikembangkan oleh pengembang pihak ke-3. Untuk kamu yang belum tahu caranya simak tutorial cara install TWRP Redmi 6A.

Xiaomi selaku vendor smartphone dari China, tidak pernah bosan dalam menghadirkan perangkat Android murah yang memiliki spesifikasi tangguh ke pasaran. Sebelumnya mereka sudah resmi menghadirkan Redmi Note 5A dan kali ini mereka kembali merilis smartphone Redmi 6A.

Redmi 6A memiliki keistimewaan yang terletak pada banderol harga murahnya, spesifikasi Xiaomi Redmi 6A yang digunakan juga tergolong cukup gahar untuk kelas entry level.

Xiaomi mendesain Redmi 6A ini dengan konsep unibody yang mewah mirip dengan metal, padahal bahan yang digunakan adalah plastik. Menariknya lagi spesifikasi Redmi 6A juga menyediakan slot microSD terpisah sehingga bisa memakai memori eksternal sekaligus tetap tetap memakai dual SIM card di dalamnya.

Apabila saat ini kamu sudah menggunakan smartphone ini dan berniat ingin memasang custom rom ataupun menginstall Magisk untuk mendapatkan akses root. Hal yang pertama yang emsti dilakukan adalah Unlock Bootloader dan menginstall TWRP.

Proses instalasi TWRP sangatlah mudah asalkan kalian memiliki komputer atau laptop. Untuk cara lengkapnya silahkan ikuti langkah demi langkah yang saya sampaikan di bawah ini.

Apa itu TWRP?

Team Win Recovery Project atau biasa disingkat TWRP adalah sebuah tool yang berguna untuk melakukan flashing ROM, install flashable zip, backup dan restore ROM dan lain sebagainya. TWRP ini adalah pengembangan lanjutan dari Stock Recovery yang memiliki kemampuan terbatas.

Sekedar informasi TWRP ini sangat berguna apabia kamu ingin memasang TWRP dan mendapatkan akses root, karena saat ini metode root Redmi 6A ini tidak bisa kita lakukan dengan hanya menggunakan aplikasi saja.

Apa Saja Syarat Pasang TWRP di Redmi 6A

  1. Kamu sudah sudah sukses unlock bootloadernya terlebih dahulu. Lihat disini proses UBL Redmi 6A tanpa sms
  2. Memiliki perangkat PC atau laptop dengan OS Windows 7 / 8 / 10
  3. Isi daya terlebih dahulu minimal 50%

Bahan TWRP Redmi 6A

  1. TWRP Redmi 6A (Cactus)
  2. Install Minimal ADB Fastboot di PC atau Laptop kalian.
  3. Lazyflasher Noverity

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi 6A

  1. Ganti nama file twrp-3.2.3-2-cactus.img menjadi recovery.img
  2. Pindahkan file recovery.img ke folder Minimal ADB Fastboot.
  3. Buka folder Minimal ADB Fastboot yang ada di C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot\, kalau kalian menggunakan Windows 32-bit lokasinya ada di C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot\.
  4. Masuk ke Fastboot mode dengan cara matikan Redmi 6A kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power.
  5. Sekarang hubungkan Xiaomi kamu ke PC dengan Kabel USB.
  6. Klik file py_cmd.exe, sekarang window command prompt telah terbuka. kalian ketik perintah seperti di bawah ini.
  7. fastboot flash recovery recovery.img

  8. Klik ENTER
  9. Lanjutkan dengan mengetik perintah di bawah ini :
  10. fastboot boot recovery.img

  11. Dan tap ENTER
  12. Dalam beberapa saat TWRP Official Redmi 6A sudah terpasang di Cactus kamu
  13. Setelah berada di TWRP kalian pilih Install dan cari file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip lalu Swipe ke kanan pada Swipe to Confirm Flash.
  14. Reboot System

Sekarang TWRP sudah sukses terinstall di Redmi 6A dan kamu sudah bisa memasang berbagai custom rom atau me-root Redmi 6A via Magisk melalui TWRP.

Demikianlah cara memasang TWRP pada Xiaomi Redmi 6A yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses instalasi, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.