Cara Pasang Custom Recovery TWRP Redmi 5A (Riva) via ADB Fastboot

Cara Pasang TWRP Redmi 5A – Untuk mendukung hobi kita memodifikasi Redmi 5A, kamu membutuhkan custom recovery TWRP. Nah, disini saya akan mencoba memberikan tutorial lengkap mengenai proses pemasangan TWRP di Redmi 5A (Riva) yang menggunakan MIUI 9 dan MIUI 10.

Xiaomi membenamkan chip berkualitas yang berpadu dengan CPU berkecepatan sangat tinggi pada Redmi 5A sehingga bisa memberikan jaminan performa smartphone yang sangat powerful dan atraktif.

Xiaomi menggunakan prosessor dengan chip Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 sama seperti Redmi Note 5A yang notabene punya harga lebih mahal. Chipset pada spesifikasi Xiaomi Redmi 5A tersebut akan ditemani CPU Quad core tipe Cortex-A53 dengan cepat 1.4 GHz.

Ditambah lagi, smartphone Xiaomi Redmi 5A juga telah memakai OS Android terbaru versi 7.1.2 (Nougat) dengan custom MIUI 9.0 teranyar serta memakai pengolah grafis Adreno 308.

Untuk lebih meningkatkan performa Redmi 5A, banyak hal yang bisa kita lakukan seperti memasang custom rom, menggunakan aplikasi root user dan sebagainya.

Untuk melakukan hal tersebut, Redmi 5A kamu harus sudah terpasang TWRP. Nah, disini saya akan menjelaskan secara detail pemasangan TWRP Redmi 5A.

Apa itu TWRP?

Team Win Recovery Project atau biasa disingkat TWRP adalah sebuah tool yang berguna untuk melakukan flashing ROM, install flashable zip, backup dan restore ROM dan lain sebagainya. TWRP ini adalah pengembangan lanjutan dari Stock Recovery yang memiliki kemampuan terbatas.

Sekedar informasi TWRP ini sangat berguna apabia kamu ingin memasang TWRP dan mendapatkan akses root, karena saat ini metode root Redmi 5A ini tidak bisa kita lakukan dengan hanya menggunakan aplikasi saja.

Apa Saja Syarat Pasang TWRP di Redmi 5A

  1. Kamu sudah sudah sukses unlock bootloadernya terlebih dahulu. Lihat disini proses UBL Redmi 5A
  2. Memiliki perangkat PC atau laptop dengan OS Windows 7 / 8 / 10
  3. Isi daya terlebih dahulu minimal 50%

Bahan TWRP Redmi 5A

  1. TWRP Redmi 5A Nougat

Cara Pasang TWRP Xiaomi Redmi 5A

  1. Kemudian Extract file TWRP Redmi 5A komputer atau laptop
  2. Hasil extract ada file bernama noverity.zip, pindahkan file noverity ke Redmi 5A (rekomendasi taruh di Sdcard)
  3. Masuk ke Fastboot Mode, caranya tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode
  4. Hubungkan ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  5. Double klik file Flash-TWRP.bat yang ada di folder TWRP Redmi 5A
  6. Nanti setelah muncul tulisan “press any key to continue” klik ENTER (atau tombol apa saja yang ada di keyboard)
  7. Kalau berhasil terinstall otomatis akan langsung masuk ke TWRP
  8. Setelah berada di TWRP. tap menu Install kemudian pilih file noverity.zip setelah itu Swipe to confirm flash.
  9. Jika sudah selesai pilih Reboot System

Sekarang TWRP sudah terpasang kamu sudah bisa install custom rom atau me-root Redmi 5A via Magisk melalui TWRP.

Demikianlah cara memasang TWRP pada Xiaomi Redmi 5A yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses instalasi, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Posting terkait: