Cara Pasang TWRP Redmi 4X (Santoni) Nougat MIUI 9 / 10 Via ADB Fastboot

Cara Pasang TWRP Redmi 4X – Xiaomi selaku vendor dari Redmi 4X membekali smartphone ini dengan spesifikasi yang handal dan berbagai fitur terbaru yang berkolaborasi dengan Antarmuka MIUI. Redmi 4X ini bagi sebagian orang akan lebih optimal lagi kalau terpasang custom recovery TWRP. Untuk kalian yang belum tahu cara installnya bisa ikuti panduanya dibawah ini.

Redmi 4X oleh Xiaomi dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 435 dengan dukungan RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB. Selain itu ada kamera belakang dengan sensor 13 MP dan 5 MP untuk kamera depan. Xiaomi merancang desain Redmi 4X dengan balutan material metal dengan ketebalan hanya 8,65 mm dan bobot 150 gram. Demikian juga dengan baterai yang berkapasitas besar 4.100mAh.

Xiaomi membekali Redmi 4X dengan dukungan layar sentuh berukuran 5 inci resolusi HD dengan panel IPS dan masih mengusung aspek rasio lawas 16:9. Layar Santoni ini mampu memancarkan warna cemerlang dan tajam. Tak hanya itu, layar smartphone ini dilindungi proteksi anti-gores dari Corning Gorilla Glass.

Smartphone ini saat pertama kali rilis menggunakan antarmuka MIUI 9 berbasis sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Ponsel ini kemudian mendapat upgrade MIUI 10 OS ke Android 7.1.2 Nougat dan menerima update MIUI secara reguler.

Kalian yang suka dengan berbagai Custom ROM tentunya wajib memasang custom recovery terlebih dahulu, karena dengan adanya custom recovery TWRP ini kalian bisa melakukan banyak hal seperti pasang ROM, Install Magisk dan flashing berbagai file flashable zip lainya.

Disini saya akan pandu kalian agar berhasil memasang custom recovery TWRP ini di Redmi 4 X yang sudah terupdate ke Android Nougat.

Apa itu TWRP?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project. Dimana custom recovery ini akan mempermudah para pengguna melakukan perbaikan maupun instalasi OS. TWRP memiliki tampilan atau antarmuka yang dapat dioperasikan dengan cara disentuh (touchscreen) tanpa menggunakan tombol volume dan power.

TWRP mempunyai fitur yang sudah mendukung untuk instalasi costum ROM, Kernel, Add-Ons,(GAPPS), dan Mods-mods lainnya, serta mendukung Backup, restore, system, boot, user data, cache, dalvik cache, dan penyimpanan internal serta dapat mentansfer file melalui MTP, file manager, dan terminal emulator serta masih banyak lagi kegunaan yang lainnya.

Apa Saja Syarat Pasang TWRP di Redmi 4X

  1. Pastikan sudah sukses unlock bootloader terlebih dahulu. Lihat disini Cara UBL Redmi 4X Pasti Berhasil
  2. Memiliki perangkat PC atau laptop dengan OS Windows 7 / 8 / 10
  3. Pastikan baterai masih tersisa minimal 60%

Bahan TWRP Redmi 4X

  1. TWRP Redmi 4X (Santoni)
  2. Install Minimal ADB Fastboot di PC atau Laptop kalian.
  3. Lazyflasher Noverity

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi 4X

  1. Ganti nama file twrp-3.2.3-1-santoni.img menjadi recovery.img
  2. Pindahkan file recovery.img ke folder Minimal ADB Fastboot.
  3. Buka folder Minimal ADB Fastboot yang ada di C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot\, kalau kalian menggunakan Windows 32-bit lokasinya ada di C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot\.
  4. Masuk ke Fastboot mode dengan cara matikan Redmi 4X kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power.
  5. Sekarang hubungkan Xiaomi kamu ke PC dengan Kabel USB.
  6. Klik file py_cmd.exe, sekarang window command prompt telah terbuka. kalian ketik perintah seperti di bawah ini.
  7. fastboot flash recovery recovery.img
  8. Klik ENTER
  9. Lanjutkan dengan mengetik perintah di bawah ini :
  10. fastboot boot recovery.img
  11. Dan tap ENTER
  12. Dalam beberapa saat TWRP Official Redmi 4X sudah terpasang di Santoni kamu
  13. Setelah berada di TWRP kalian pilih Install dan cari file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip lalu Swipe ke kanan pada Swipe to Confirm Flash.
  14. Reboot System

Sekarang TWRP sudah terinstall, kamu sudah bisa install custom rom atau mendapatkan akses root Redmi 4X via Magisk atau SuperSU melalui TWRP.

Demikianlah proses instalasi TWRP pada Xiaomi 4X yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses instalasi, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

FAQ

Kenapa TWRP tidak bisa terinstall?

Langkah pertama coba pindah ke port USB yang lain dan juga coba ganti Kabel USB nya. Apabila masih tidak berhasil, lakukan instalasi USB Driver secara manual.

Bagaimana Cara Update TWRP?

Untuk melakukan update TWRP ke versi terbaru, kamu bisa menggunakan aplikasi TWRP ataupun dengan melakukan update manual.