Cara Pasang Custom Recovery TWRP Xiaomi Redmi 4A (Rolex) via Fastboot

Cara Install TWRP Redmi 4A – Setiap orang pasti berbeda-beda untuk menggunakan smartphone, ada yang hanya untuk bersosial media, ada hanya untuk dokumentasi bahkan ada yang suka dengan gonta-ganti OS (custom ROM). Bagi yang suka dengan memasang ROM Modifikasi hal penting yang harus terpasang di Redmi 4A adalah Custom Recovery TWRP.

Disini saya akan coba memandu kalian untuk memasang TWRP di Redmi 4A dan juga berbagai informasi mengenai Custom Recovery ini.

Custom Recovery ada banyak jenisnya ada yang bernama ClockWorkMod, Philz Recovery dan TWRP. Untuk saat ini hanya TWRP yang masih terus dikembangkan oleh para developer dan hampir semua perangkat Xiaomi di support oleh pengembang resmi TWRP tidak terkecuali Redmi 4A dengan code name Rolex.

Kalau kamu pengguna Redmi 4A yang saat ini sudah sukses Unlock Bootloader Redmi 4A, kamu bisa ikuti panduan dari saya di bawah ini. Untuk mengikuti tutorial ini kamu harus menggunakan perangkat PC atau Laptop, karena disini kita akan memasang TWRP dengan menggunakan metode Fastboot.

Apa itu TWRP?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project. Dimana custom recovery ini akan mempermudah para pengguna melakukan perbaikan maupun instalasi OS. TWRP memiliki tampilan atau antarmuka yang dapat dioperasikan dengan cara disentuh (touchscreen) tanpa menggunakan tombol volume dan power.

Apa Saja Kelebihan Custom Recovery TWRP ini

  1. Dapat digunakan untuk flashing Custom ROM. Karena kita tahu Rolex ini memiliki banyak sekali Custom ROM baik itu berbasis Android 6.0 sampai 9.0 Pie bisa kamu temukan di berbagai Group maupun di komunitas XDA.
  2. Dapat digunakan untuk Me-Root. Seperti kita ketahui sejak Android 6.0 Marshmallow di gulirkan, untuk mendapatkan akses root sudah tidak mudah lagi, berbagai aplikasi tool seperti Kingroot maupun Kingo Root sudah tidak mampu lagi melakukannya. Jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan SuperSU dan Magisk yang di install melalui TWRP.
  3. Dapat digunakan untuk melakukan Backup ROM,DATA dan Modem (IMEI). Salah satu fitur unggulan dari TWRP adalah memungkinkan kita melakukan Backup baik itu sistem, database maupun Modem.

Apa Saja Syarat Pasang TWRP di Redmi 4A

  1. Pastikan sudah sukses unlock bootloader terlebih dahulu. Lihat disini Cara UBL Redmi 4A Pasti Berhasil
  2. Memiliki perangkat PC atau laptop dengan OS Windows 7 / 8 / 10
  3. Pastikan baterai masih tersisa minimal 60%

Bahan TWRP Redmi 4A

  1. TWRP Redmi 4A (Rolex)
  2. Install Minimal ADB Fastboot di PC atau Laptop kalian.
  3. Lazyflasher Noverity

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi 4A

  1. Ganti nama file twrp-3.3.0-0-rolex.img menjadi recovery.img
  2. Pindahkan file recovery.img ke folder Minimal ADB Fastboot.
  3. Buka folder Minimal ADB Fastboot yang ada di C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot\, kalau kalian menggunakan Windows 32-bit lokasinya ada di C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot\.
  4. Masuk ke Fastboot mode dengan cara matikan Redmi 4A kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power.
  5. Sekarang hubungkan Xiaomi kamu ke PC dengan Kabel USB.
  6. Klik file py_cmd.exe, sekarang window command prompt telah terbuka. kalian ketik perintah seperti di bawah ini.
  7. fastboot flash recovery recovery.img
  8. Klik ENTER
  9. Lanjutkan dengan mengetik perintah di bawah ini :
  10. fastboot boot recovery.img
  11. Dan tap ENTER
  12. Dalam beberapa saat TWRP Official Redmi 4A sudah terpasang di Rolex kamu
  13. Setelah berada di TWRP kalian pilih Install dan cari file lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip lalu Swipe ke kanan pada Swipe to Confirm Flash.
  14. Reboot System

Sekarang TWRP sudah terinstall, kamu sudah bisa install custom rom atau mendapatkan akses root Redmi 4A via Magisk atau SuperSU melalui TWRP.

Loading...