Cara Menghapus SuperSU / Unroot Permanen Lewat TWRP

Cara Unroot SuperSU – Terkadang tidak selamanya kita membutuhkan akses root, untuk itu kamu harus melakukan unroot atau menghapus root dari SuperSU yang pernah di install di Android kesayangan kita. Nah disini saya share alternatif menghilangkan root dari SuperSU lewat TWRP.

SuperSU adalah salah satu root tool yang terkenal, dimana oleh pengembangnya telah dibekali juga dengan aplikasi SuperUser yang befungsi untuk mengontrol akses root di Android kita. SuperUser ini juga dilengkapi dengan fitur Full Unroot yang memungkinkan kita untuk menghapus root dari SuperSU ini.

Proses unroot tidak selalu berjalan mulus, saat kita mencoba melakukan full unroot melalui aplikasi Superuser ada saja masalah yang terjadi seperti yang biasanya umum terjadi dimana proses unroot hanya terhenti di waiting saja.

Proses unroot melalui aplikasi Superuser memang merupakan cara paling mudah karena tanpa perlu custom recovery untuk melakukannya. Tapi banyak pengguna yang mengeluh karena sering mengalami kegagalan saat melalukan unroot.

Untuk itu disini saya buatkan file unroot yang flashable zip, dimana file ini bisa menjadi solusi terbaik dan terampuh dalam menghapus SuperSU / Unroot secara permanen.

Untuk caranya menggunakan file unroot ini kamu membutuhkan custom recovery seperti TWRP. Di bawah ini berisi panduan untuk unroot atau hapus supersu via TWRP.

Download UnSU atau Uninstaller SuperSU

Update-SuperSU-Uninstaller.zip (5 KB)

Cara Unroot SuperSU via TWRP

  1. Pertama kamu masuk ke TWRP dengan menggunakan kombinasi tombol atau bisa juga dengan aplikasi seperti Quick Reboot
  2. Setelah berada di menu TWRP, pilih Install yang ada dihalaman depan.
  3. Selanjutnya kamu cari dan pilih file Update-SuperSU-Uninstaller.zip yang sudah di download tadi. Lanjut dengan Swipe To Confirm Flash.
  4. Setelah selesai silahkan pilih Reboot system

Nah sekarang Android kalian sudah bersih dari file-file root dari SuperSU secara permanen. Dan sudah bisa memasang aplikasi yang sebelumnya tidak bisa terinstall karena ketahuan sudah di root.

Gimana sangat mudah bukan? Apabila file unroot ini berguna, silahkan share ke teman-teman kalian yang membutuhkannya.