Cara Root Xiaomi Redmi Note Prime “dior” Dengan Magisk Dan SuperSU

Pada postingan kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara root Xiaomi Redmi Note Prime tanpa ribet dan berbelit belit. Seperti yang kita ketahui melakukan rooting terhadap smartphone android sangatlah penting. Banyak sekali hal-hal keren yang dapat kita lakukan jika mendapatkan hak akses root tersebut.

Satu lagi phablet Android andalan yang di keluarkan oleh Xiaomi, karena belum lama ini mereka merilisnya secara eksklusif untuk pasar smartphone India dengan nama Redmi Note Prime. Sejatinya smartphone ini merupakan versi upgrade dari Redmi Note 4G yang telah di optimalkan spesifikasinya dengan membawa sistem operasi Android terbaru, dan peningkatan teknologi dapur pacu dengan memakai processor 64-Bit. Selain itu, kapasitas memorinya juga sudah di perbesar 2 kali lipat agar kebutuhan memori tetap tercukupi saat digunakan untuk menyimpan file dalam jumlah yang banyak.

Kemampuan smartphone ini sebenarnya tidak berbeda jauh dari Redmi 2 Prime, hanya saja ukuran layarnya lebih besar. Karena Xiaomi Redmi Note Prime tetap memakai layar berbentang 5.5 inchi sebagai ciri khas series Redmi Note. Namun sayangnya kamu harus puas dengan resolusi HD 720p, yang memiliki kerapatan layar lebih rendah dibandingkan layar Redmi Note 2 ataupun Redmi Note 3 yang telah di tingkatkan menjadi Full HD 1080p.

Redmi Note Prime yang dibanderol tidak jauh berbeda dari Redmi 2 Prime membuat kedua smartphone ini memiliki kesamaan pada segi hardware. Namun sayangnya pada segi software, kamu harus puas memakai sistem operasi Android Kitkat v4.4.4. Akan tetapi kamu tak perlu kuatir mengenai fitur-fitur yang ada di dalam smartphone ini, karena Xiaomi tetap memberikan antarmuka MIUI 7 dengan berbagai fitur menarik seperti, MI Cloud, fitur security.

Meskipun harga Xiaomi Redmi Note Prime terbilang murah, namun smartphone ini tetap memiliki kualitas yang tak murahan. Terbukti dengan hadirnya kamera belakang beresolusi 13MP yang di maksimalkan oleh Aperture f/2.2, autofocus, serta memiliki led flash. Nah untuk lebih jelasnya lagi, mari simak tutorial selengkapnya mengenai cara root Xiaomi Redmi Note Prime yang telah kami rangkum seperti berikut ini.

Pengertian Root Android

Fungsi ROOT pada android yaitu untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan ROOT, pengguna dapat memodifikasi software/file apapun yang ada pada Xiaomi Redmi Note Prime. Apabila kondisi Xiaomi Redmi Note Prime belum di ROOT maka kita tidak akan bisa memodifikasi sistem ataupun file administrator yang berada di dalam Android tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Root Redmi Note Prime

Kelebihan

  • Mempercepat Kinerja Smartphone – Kelebihan pertama yang juga paling banyak diketahui oleh banyak orang adalah proses Root ini bisa mempercepat kinerja dari smartphone Adroid yang digunakan . Pengoptimalan prosesor, RAM, dan berbagai hardware lainnya bisa dilakukan dengan adanya akses Root.
  • Mampu Menghapus Aplikasi Bawaan – Kelebihan kedua dari adanya akses Root pada smartphone Android adalah bisa menghapus berbagai aplikasi bawaan yang sebelumnya tidak bisa dihapus apabila tidak melakukan rooting.
  • Bisa Blokir iklan – Seringkali, ketika mengakses sebuah layanan, kalian bakal melihat adanya iklan yang muncul, bukan? Nah, dengan melakukan Root, maka kalian bisa meng-install beragam aplikasi yang bisa memblokir iklan yang mengganggu pada smartphone.
  • Mengubah Tampilan Android Lebih Keren dan Menarik – Root dapat memberikan keleluasaan terhadap penggunanya untuk melakukan modifikasi tampilan (User Interface) android. Misalnya menambahkan menu baru yang tidak disediakan oleh vendor, mengubah tampilannya menjadi lebih keren dan menarik, mengganti versi / nomor model perangkat (hanya gaya saja) dan sebagainya.

Kekurangan

  • Garansi Perangkat Hilang – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa setiap produsen smartphone berbasis android, melarang setiap penggunanya untuk melakukan root. Jika hal itu terjadi, maka kita tidak diperkenankan untuk melakukan klaim garansi.
  • Aplikasi dan Hardware akan Mengalami Error -Untuk beberapa aplikasi pada smartphone yang telah dilakukan Root, terkadang akan mengalami not responding ataupun crash ketika akan dibuka. Selain itu, proses Root juga bisa mengakibatkan beberapa hardware yang mengalami eror.
  • Rentan Terserang Virus – Root Android akan membuka akses kepada virus yang kapan saja bisa masuk kedalam sistem operasi Android.

Metode 1: Root Xiaomi Redmi Note Prime Dengan Magisk

Magisk merupakan root tool yang dikembangkan oleh Topjohnwu yang memiliki fungsi gabungan antara SuperSU dan Xposed Framework. Magisk ini akan dikelola menggunakan aplikasi Magisk Manager yang merupakan sebuah aplikasi pendukung menjalankan Magisk.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage .
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note Prime sobat, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Flash Xiaomi Redmi Note Prime
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Redmi Note Prime Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note Prime kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara root Xiaomi Redmi Note Prime yang dapat saya bagikan. Kalau kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.