Kelebihan serta Kekurangan Root Xiaomi Redmi Note 3 Pro Dengan Magisk Dan SuperSU

Bagi kalian pengguna Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang ingin oprek android, ngecheat game, install xposed berarti HP kamu harus di root terlebih dulu. Nah kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian cara root Xiaomi Redmi Note 3 Pro harus menggunakan pc.

Setelah beberapa waktu yang lalu merilis Xiaomi Redmi 3, kali ini Xiaomi kembali merilis varian terbaru dari phablet andalannya ini, yaitu Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Phablet ini membawa spesifikasi jauh lebih canggih dibandingkan pendahulunya, dan tentunya performanya akan jauh lebih cepat. Karena Xiaomi kembali mengandalkan chipset buatan Qualcomm, untuk menggantikan chipset Mediatek Helio X10 yang sebelumnya digunakan Redmi Note 3 versi pertama.

Selain itu, smartphone ini juga mengusung dual kamera yang memiliki resolusi lebih tinggi, yang mana untuk kamera belakang dibekali lensa berkekuatan 16MP dan kamera depan berkekuatan 5MP. Bahkan untuk akses internetnya akan terasa lebih cepat, karena Xiaomi telah membekalinya dengan jaringan 4G di Cat7 yang memiliki kemampuan akses super cepat, sehingga kalian bisa berseluncur kedunia maya dengan lancar.

Sedangkan untuk software-nya, smartphone ini sudah berjalan pada sistem operasi Android Lollipop v5.0.2 dengan tampilan antarmuka MIUI 7. Beragam fitur pada MIUI 7 akan memanjakan pengguna Redmi Note 3 Pro dengan tampilan user interface atraktif dan berbagai fitur menarik lainnya. Namun yang paling hebat dari smartphone ini adalah memiliki processor Hexa Core yang nantinya dipadukan oleh 2 pilihan memori Ram, yakni RAM 2 GB dan RAM 3 GB.

Jadi tergantung kamu nantinya, mau pilih memori RAM berkapasitas 2 GB atau malah memilih RAM 3 GB. Tentu dengan perbedaan harga jual yang mempengaruhinya.

Nah untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak tutorial selengkapnya mengenai cara root Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang telah kami rangkum seperti berikut ini.

Pengertian Root Android

Kata Root dalam dunia Operasi System Linux berati “Master Administrator“, sama seperti di Windows. Oleh karena Android berasal dari Linux maka kata Root sering kita gunakan. Seperti di Linux dengan mendapatkan akses root kita memiliki hak akses sampai ke system OS tersebut.

Apabila kamu nge-Root bearti kamu sedang mencoba untuk mendapatkan akses lebih dalam lagi ke system smartphone kalian yaitu Android, apabila akses root berhasil kalian dapat dengan leluasa melakukan modifikasi file-file system yang terdapat di smartphone agan seperti meningkatkan kinerja prosessornya dengan melakukan Overclocking ataupun melakukan kustomisasi sehingga tampilannya berubah seperti yang kalian inginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Root Redmi Note 3 Pro

Kelebihan

  • Mempercepat Kinerja Smartphone – Kelebihan pertama yang juga paling banyak diketahui oleh banyak orang adalah proses Root ini bisa mempercepat kinerja dari smartphone Adroid yang digunakan . Pengoptimalan prosesor, RAM, dan berbagai hardware lainnya bisa dilakukan dengan adanya akses Root.
  • Mampu Menghapus Aplikasi Bawaan – Kelebihan kedua dari adanya akses Root pada smartphone Android adalah bisa menghapus berbagai aplikasi bawaan yang sebelumnya tidak bisa dihapus apabila tidak melakukan rooting.
  • Bisa Blokir iklan – Seringkali, ketika mengakses sebuah layanan, kalian bakal melihat adanya iklan yang muncul, bukan? Nah, dengan melakukan Root, maka kalian bisa meng-install beragam aplikasi yang bisa memblokir iklan yang mengganggu pada smartphone.
  • Mengubah Tampilan Android Lebih Keren dan Menarik – Root dapat memberikan keleluasaan terhadap penggunanya untuk melakukan modifikasi tampilan (User Interface) android. Misalnya menambahkan menu baru yang tidak disediakan oleh vendor, mengubah tampilannya menjadi lebih keren dan menarik, mengganti versi / nomor model perangkat (hanya gaya saja) dan sebagainya.

Kekurangan

  • Garansi Perangkat Hilang – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa setiap produsen smartphone berbasis android, melarang setiap penggunanya untuk melakukan root. Jika hal itu terjadi, maka kita tidak diperkenankan untuk melakukan klaim garansi.
  • Aplikasi dan Hardware akan Mengalami Error -Untuk beberapa aplikasi pada smartphone yang telah dilakukan Root, terkadang akan mengalami not responding ataupun crash ketika akan dibuka. Selain itu, proses Root juga bisa mengakibatkan beberapa hardware yang mengalami eror.
  • Rentan Terserang Virus – Root Android akan membuka akses kepada virus yang kapan saja bisa masuk kedalam sistem operasi Android.

Metode 1: Root Xiaomi Redmi Note 3 Pro Dengan Magisk

Magisk merupakan root tool yang dikembangkan oleh Topjohnwu yang memiliki fungsi gabungan antara SuperSU dan Xposed Framework. Magisk ini akan dikelola menggunakan aplikasi Magisk Manager yang merupakan sebuah aplikasi pendukung menjalankan Magisk.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage .
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note 3 Pro kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Flash Xiaomi Redmi Note 3 Pro
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Redmi Note 3 Pro Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note 3 Pro kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara membuka akses root sistem Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Posting terkait: