Kelebihan dan Kekurangan Root Lenovo K6 Android Marshmallow

Kali ini saya akan coba membahas tutorial cara root Lenovo K6 tanpa ribet dan 100% berhasil. Seperti yang kalian ketahui, beberapa smartphone keluaran terbaru dari LENOVO saat ini memang lebih diperketat dalam masalah keamanan.

Lenovo merilis series smartphone Lenovo K6 ini dengan tiga varian. Diantaranya Lenovo K6 lalu Lenovo K6 Power dan yang terakhir adalah Lenovo K6 Note. Ketiganya mengisi segmen kelas menengah atau middle end.

Spesifikasi Lenovo K6 ini dibekali dengan body berbahan metal yang lekat dengan image smartphone premium. Pada bagian belakangnya sudah disematkan Fingerprint. Salah satu fitur yang paling populer saat ini. Sistem operasinya menggunakan Android Marshmallow yang dicustom dengan antarmuka khas Lenovo yakni Vibe UI.

Sisi hardwarenya dibekali dengan Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 degan CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 505. Ditambah juga RAM sebesar 2GB RAM yang mendukung kinerja tangguh untuk urusan multitasking. Ponsel keren Lenovo ini juga sudah dibekali dengan kamera berukuran 13MP dan 8MP.

Lebih lanjut mari kita simak ulasan lengkap tentang cara root Lenovo K6 dibawah ini.

Pengertian Root Android

Rooting merupakan cara mendapatkan akses sistem Android agar kalian dapat mengelola Lenovo K6 dengan sepenuhnya. Dengan melakukan proses ini, pengguna perangkat Android dapat menggunakan secara penuh perangkat, seperti untuk memberikan kinerja yang lebih atau mengkostumisasi perangkat dengan semaunya.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Lenovo K6

Kelebihan

  • Dapat Mengakses File Root – Kalian dapat mengakses file terdalam, seperti file sistem maupun file berkas sistem. Sehingga kalian dapat sesuka hati mengakses maupun memodifikasi filenya, tetapi juga ada resiko seperti bootlop ya.
  • Dapat menghapus Aplikasi Bawaan – Setiap Android dilengkapi dengan banyak aplikasi langsung dari pabriknya. Beberapa di antaranya berguna untuk digunakan , tetapi kebanyakan tidak berguna. Namun, setelah melakukan root pada android kalian, semua aplikasi tersebut dapat dihapus sehingga melonggarkan penyimpanan internal dari HP kalian.
  • Overclock CPU – Android root dapat memperlambat ataupun mempercepat kinerja CPU sehingga dapat memperoleh kinerja CPU yang maksimal.
  • Dapat Memasang Tweak – Tweak adalah script yang berguna memodifikasi file-file sistem sehingga bekerja sesuai yang kita inginkan. Seperti memodifikasi kecepatan, mengatasi lag, maupun memodifkasi kernel.

Kekurangan

  • Hilangnya Garansi – Bagi kalian yang Lenovo K6 masih ada garansinya, usahakan jangan root HP kalian karena dapat menghilangkan garansi. Sehingga kalian tidak dapat klaim garansi karena android kalian sudah diroot.
  • Tidak Menerima Pembaruan – Perangkat lunak sistem android kalian tidak dapat diperbarui karena sudah dimodifikasi. Ketika sudah download dan ingin install pembaruan pasti akan menerima notifikasi perangkat tidak dapat menginstal pembaruan karena sudah dimodifikasi.

Cara Root Lenovo K6 Dengan Kingroot

  1. Download aplikasinya melalui link berikut ini.
  2. Klik Install untuk mulai melakukan instalasi.
  3. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Details kemudian klik Install anyway (unsafe).
  4. Jika anda mendapatkan notifikasi yang kurang lebih seperti gambar dibawah, klik KEEP APP (UNSAFE).
  5. Jendela awal KingRoot terbuka. Klik tanda V kemudian pilih Try It.
  6. Kemudian klik Try Root untuk mulai melakukan rooting pada HP android anda.
  7. Pastikan koneksi internet anda lancar karena membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  8. Tunggu hingga mencapai 100% dan mendapatkan notifikasi bahwa Lenovo K6 berhasil diroot.
  9. Buka kembali aplikasi KingRoot yang ada di Lenovo K6. Kemudian klik Menu (garis tiga) yang berada di samping kiri atas. Pada jendela KingRoot Labs, akan terlihat tulisan Root successfully yang berarti Lenovo K6 sudah berhasil diroot.

Cara Root Lenovo K6 Dengan Kingo root

  1. Download Aplikasi Kingo Root disini
  2. Klik file APK dan instal aplikasi Kingo root di Lenovo K6.
  3. Jika instalasi selesai, buka aplikasi Kingo ROOT dan klik One Click Root untuk memulai rooting.
  4. Pastikan jaringan internet stabil pada saat melakukan rooting dengan KingoRoot.
  5. Tunggu beberapa saat hasilnya akan muncul di layar Lenovo K6 tulisan “ROOT SUCCEED“.

Pertanyaan Dan Jawaban Mengenai Root Di Lenovo K6

  • Kok Aplikasi Tidak Terpasang? – Pastikan Unknown Source/Sumber Tidak dikenal sudah di aktifkan. Menunya ada di Settings/Pengaturan – Security/Keamanan. Kalau masih tidak bisa juga coba di nonaktifkan dulu internet di HP kalian. Kalau Kingroot atau Kingo Root telah terpasang segera aktifkan kembali internetnya.
  • Tidak bisa di install, muncul Installation Blocked? – Apabila muncul Installation Blocked pilih More Detail kemudian pilih Install Anyway (unsafe)
  • Kenapa ada notifikasi aplikasi berbahaya? – Semua aplikasi root akan di anggap sebagai aplikasi berbahaya, karena root akan mematikan keamanan HP LENOVO kita.
  • Berapa lama proses rootnya – Tergantung kecepatan internet yang kamu gunakan dan seberapa sibuk server kedua aplikasi tersebut menghandle request root dari seluruh dunia.

Demikianlah cara mendapatkan akses root Lenovo K6 yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.